Tips Perawatan Cucak Hijau Yang Mengalami Nyulam Terus Menerus

Cherewed.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Tips Perawatan Cucak Hijau Yang Mengalami Nyulam Terus Menerus, Apa tu nyulam?untuk para pemula harus tahu apa arti dari kata nyulam pada burung.

Nyulam pada burung adalah proses dimana mabungnya tidak tuntas. Kondisi burung nyulam tersebut akan sangat berpengaruh terutama pada hormonalnya. maka dari itu sangat perlu diperhatikan dalam hal merawat burung. Jika terjadi kesalahan dalam merawat burung nyulam. Maka akan mengakibatkan si burung mengalami ketidak tuntasan dalam proses nyulamnya. Akibatnya proses nyulam pada burung ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan dapat berpengaruh pada suara.

Masa nyulam pada burung cucak hijau berlangsung selama 2 – 3 bulan. Pada saat itulah, bulu-bulu tua yang rontok akan segera diganti bulu baru. Namun, ada juga cucak hijau yang mengalami nyulam terus-menerus. Hal ini tentu akan mengganggu penampilannya, sekaligus menyusahkan pemiliknya.

Mabung nyulam merupakan hal alami yang biasa terjadi pada sebagian besar burung cucak hijau. Proses nyulam itu bisa berlangsung cukup singkat, namun bisa juga terjadi dalam waktu cukup lama, karena hal tersebut sangat bergantung pada perawatan yang diterapkan.

Banyak permasalahan yang bisa terjadi pada saat burung cucak hijau menjalani mabung nyulam, di antaranya nyulam secara terus-menerus dan gagal bulu atau pertumbuhan bulu baru tidak normal. Kondisi tersebut tentu tidak hanya mengganggu penampilannya saja, tapi juga dapat membuat burung malas untuk berkicau atau macet berbunyi.

Nah untuk mengatasi burung cucak hijau yang mengalami nyulam terus menerus, diperlukan pola perawatan yang tepat. termasuk melengkapi pakan harian yang bervariasi. dan berikut ini akan admin sampikan beberpa tips untuk mengatasi nyulam yang terus menerus pada burung cucak hijau peliharaan anda.

BACA JUGA :  Harga Kaos Burung Lovebird Terbaru Saat Ini Dan Paling Lengkap

Tips Perawatan Cucak Hijau Yang Mengalami Nyulam Terus Menerus

1. Rutin melakukan penjemuran

Burung cucak hijau yang mengalami mabung nyulam sebaiknya lebih sering dijemur selama kurang lebih 15 menit setiap hari. Waktu penjemuran yang tepat adalah pagi hari sebelum pukul 09.00. Setelah itu burung dianginkan di tempat sejuk, kemudian dimandikan.

2. Berikan buah-buahan secara bervariasi

Selama mengalami mabung nyulam, berikan pakan buah-buahan secara lebih bervariasi. Misalnya pepaya dan pisang kepok yang diberikan berselang-seling.

3. Kurangi pakan jangkrik

Untuk sementara waktu, pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti jangkrik dikurangi porsinya atau paling banyak 2 ekor jangkrik diberikan pada pagi dan sore harinya.

4. Berikan ulat bambu

Setiap beberapa hari sekali, cucak hijau diberi ulat bambu untuk membantu pemulihan kondisinya.

5. Tambahkan suplemen tertentu

Untuk membantu mengatasi masalah mabung nyulam yang seolah tiada henti itu, pemberian suplemen tertentu sangat diperlukan. Misalnya BirdMolt-Pre yang dapat diberikan untuk membantu agar proses nyulam berjalan sempurna dan tanpa hambatan. Pada saat pertumbuhan bulu baru, pemberian suplemen bisa dilanjutkan dengan menggunakan BIrdMolt-Post untuk membantu mempercepat pertumbuhan bulu baru, sehingga burung bisa kembali tampil maksimal.

Itulah Tips Perawatan Cucak Hijau Yang Mengalami Nyulam Terus Menerus uang bisa anda terapkan kepada burung cucak hijau peliharaan anda. kami ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke situs cherewed.com, anda juga dapat membaca informasi lainnya mengenai berbagai macam jenis burung peliharaan di situs tersebut. salam