Tips Perawatan Burung Sanger Supaya Cepat Ngerol dan Bersuara Lantang

Cherewed.com – Pada artikel sebelumnya admin sudah membahas tips mengenai cara Merawat Burung Mozambik Agar Makin Gacor, dan dikesempatan kali ini admin juga akan memberikan informasi seputar Perawatan Burung Sanger Supaya Cepat Ngerol dan Bersuara Lantang,  tahukah anda dengan burung yang satu ini? burung sanger merupakan salah satu jenis burung kicau yang pada saat ini semakin banyak peminatnya. dan banyak para penghoby burung yang mencari burung tersebut.

Burung Sanger yang memiliki nama latin serinus Leucopygius ini merupakan suatu burung yang berasal dari daerah afrika. Pada saat ini populasinya sedang terancam punah karena habitat asli dari burung Sanger ini sudah rusak. burung ini memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan blackthroat. Meski posturnya lebih kecil daripada blackthroat, kicauannya sangat lantang dan ngerol sehingga digemari para penghobby burung di indonesia.

Di mancanegara, burung sanger juga memiliki nama popular: white-rumped seedeater. Wilayah persebarannya sama seperti blackthroat, yakni di Afrika. Bahkan kalau dilihat sepintas, penampilan keduanya memiliki kemiripan.

Pada umumnya pola perawatan yang diterapkan pada burung sanger tidak jauh berbeda dengan perawatan yang biasa diterapkan kepada burung kenari. Namun untuk mendapatkan burung yang aktif dan rajin berbunyi, perlu penanganan yang sangat tepat. terutama pemberian pakan dan perawatan pendukung lainnya. dan berikut ini

Dan berikut ini akan admin sampaikan mengenai tips perawatan burung sanger agar cepat ngerol dan bersuara lantang. simak berikut ini :

1. Jaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya

Perawatan yang sangat penting adalah menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Kalau dilakukan teratur, burung pun akan selalu sehat sehingga makin aktif dan rajin berbunyi. Sangkar yang bersih juga merupakan tindakan pencegahan yang efektif dari serangan parasit yang bisa mengganggu penampilannya.

BACA JUGA :  Pilih Kacer Dada Putih atau Kacer Dada Hitam yang Bagus untuk Lomba

2. Rutin menjemur burung

Penjemuran secara rutin dapat memancing sanger untuk rajin berbunyi. Penjemuran bisa dilakukan setelah burung dimandikan dengan durasi sewajarnya, atau selama 3-4 jam, yang dimulai pada pagi hari. Meski asal-usulnya dari Afrika yang bersuhu panas, sebagian besar sanger yang dijual di pasar burung berasal dari hasil penangkaran lokal, sehingga sudah beradaptasi dengan iklim tropis. Karena itu, durasi penjemuran pun harus disesuaikan.

3. Jauhkan dari burung sejenis

Sanger merupakan burung yang bersifat teritorial. Sifatnya bisa berubah menjadi sangat agresif ketika melihat ada burung sejenis tak jauh dari sangkarnya. Karena itu, jika Anda memiliki lebih dari seekor sanger, sebaiknya sangkar keduanya digantang dalam posisi berjauhan dan tidak saling melihat.

4. Berikan pakan yang tepat

Sebagaimana kenari dan blackthroat, sanger merupakan burung pemakan bijian. Untuk memancing burung supaya rajin bunyi, pemberian pakan harus benar-benar diperhatikan. Pakan bijian diberikan secukupnya saja agar burung tidak menjadi kegemukan dan malas bunyi. Selain pakan bijian, jangan lupakan pakan tambahan seperti telur puyuh rebus, egg food, serta beberapa jenis sayuran.

5. Jangan lupakan multivitamin

Memenuhi kebutuhan burung tidak cukup hanya dengan memberikan pakan saja, tapi juga perlu dilengkapi dengan multivitamin seperti BirdVit. Hal ini penting untuk menjaga kondisinya agar selalu fit, yang akan membuat burung selalu aktif dan terpancing untuk lebih rajin berbunyi.

6. Pemasteran

Memutarkan suara-suara burung berkarakter ngerol seperti pleci, kenari, blackthroat, dan burung-madu (kolibri) juga dapat membuat burung sanger terpancing untuk mengeluarkan suaranya yang lantang.

7. Kerodong pada malam hari

Pengerodongan sangat penting, agar burung selalu terjaga kondisinya. Tutup seluruh sangkarnya dengan kerodong ketika burung akan beristirahat di malam hari. Selain menjaga dari embusan angin malam serta serangan nyamuk, pengerodongan juga mempercepat pemulihan stamina burung.

BACA JUGA :  Cara Mengetahui Umur Burung Lovebird Dari Ciri Ciri Fisiknya

Demikianlah informasi mengenai Tips Perawatan Burung Sanger Supaya Cepat Ngerol dan Bersuara Lantang yang dapat admin sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi para penghoby burung sanger di indonesia.