Tips Perawatan Burung Cendet Bondol Ekor

Cherewed.com – Masih membahas mengenai burung cendet, burung yang memiliki banyak peminatnya di tahun ini. bagi anda yang memiliki burung cendet pastinya pernah mengalami berbagai macam masalah.tentunya tidak hanya burung cendet saja. dan salah satu masalah yang kerap dialami para pemelihara burung cendet adalah pada saat burung peliharaanya kehilangan semua bulu ekornya.

Kalau masalah ini terjadi pada masa mabung, hal ini tidaklah aneh. Tetapi bondol ekor kerap pula dialami cendet di luar waktu mabung, terutama akibat burung sering mencabuti bulu ekornya, sehingga bulu ekornya rusak. burung cendet ini memiliki bulu ekor yang cendrung tipis namun panjang. Bentuk bulu ekor tersebut menandakan bahwa cendet termasuk jenis burung yang memiliki kemampuan terbang cukup mumpuni, khususnya saat berburu mangsa atau mengejar saingannya di udara.

Sudah tidak aneh lagi apabila burung cendet yang kurang mendapatkan perawatan yang baik dan tepat akan cendrung berprilaku buruk. diantarnya dapat merusak bulu ekornya sendiri. Perilaku tersebut misalnya gemar mencabuti bulu dan selalu turun ke dasar sangkar, terutama jika sangkar terlalu kecil atau tidak sesuai.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan cendet mengalami bondol ekor atau tidak memiliki bulu ekor sama sekali. Selain kurang enak dipandang, performa cendet bondol ekor juga tidak akan maksimal.

Dan berikut ini akan admin sampaikan Tips Perawatan Burung Cendet Bondol Ekor supaya cepat menumbuhkan kembali bulunya

  • Pada waktu cendet mengalami bondol ekor, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengamati kondisinya secara cermat. Hal ini bisa dilakukan dengan menangkap burung, lalu mengamati area kulitnya yang bondol. Jika ditemukan ada patahan bulu akibat bulu yang tercabut tidak sempurna, maka segera lakukan pencabutan dengan menggunakan pinset untuk hasil yang sempurna.
  • Periksa area sekitar kulit yang bondol, dengan tujuan agar proses pertumbuhan bulu ekor nantinnya berjalan lebih sempurna. Jika masih ada sisa-sisa pangkal / patahan bulu yang belum tercabut, tentu bulu baru tidak akan tumbuh sampai masa mabung tiba.
  • Setelah area pangkal ekor bondol sudah bersih, tahap selanjutnya adalah melakukan perawatan yang sesuai agar bulu-bulu barunya dapat tumbuh lebih cepat.
  • Untuk merangsang pertumbuhan bulu, Anda dapat memberikan multimineral dalam perawatan hariannya, misalnya menggunakan BirdMineral. Produk ini mengandung unsur-unsur penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu dan mengatasi beragam masalah seperti cabut bulu, kanibal, dan sebagainya.
  • Gunakanlah sangkar yang sesuai untuk cendet. Meski cendet bondol ekor, penggunaan sangkar yang terlalu luas tetap diperlukan untuk mempercepat proses pertumbuhan bulunya.
  • Sebaiknya cukup menggunakan satu tenggeran saja. Penggunaan satu tenggeran akan membuat cendet lebih aktif, sehingga dapat membakar lemak dan memaksimalkan proses pertumbuhan bulu baru.
BACA JUGA :  Tips Menjodohkan Burung Anis Kembang

Itulah tips yang dapat admin sampaikan mengenai Tips Perawatan Burung Cendet Bondol Ekor, semoga tips tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang mengalami maslah yang sama. salam kicau mania.