Tips Mengatur Birahi Burung Kacer Agar Selalu Siap Lomba

Cherewed.com – Diartikel sebelumny admin sudah memberikan informasi mengenai Tips Mencegah Stres Pada Burung Kacer, dan dikesempatan kali ini juga admin akan memberikan informasi seputar Tips Mengatur Birahi Burung Kacer Agar Selalu Siap Lomba. kita ketahui bahwa burung kacer merupakan salah satu burung yang paling banyak diminati untuk dijadikan burung lomba. namun burung kacer tidak terlepas dari masalah over birahi, karena pengaturan birahi menjadi salah satu hal yang paling penting dalam perawatan burung kacer kualitas lomba.

hal tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi dan mentalnya supaya stabil. burung kacer yang terlalu over birahi tentunya tidak akan bisa tampil maksimal dilapangan. dan sebaliknya apabila birahinya kurang. Burung kacer yang memiliki suara kicauan yang nyaring dan lantang dengan gaya bertarungnya ngobra, merupakan salah satu burung yang paling di inginkan oleh para kicau mania di indonesia.

Didalam perlombaan kita pastinya pernah menjumpai burung kacer yang mengalami maslah, entah itu ngeruji, macet bunyi dan lain sebagainya. salah satu supaya burung kacer selalu siap dilombakan adalah menjaga supaya kondisi birahinya stabil. namun hal ini selalu diabaikan oleh sejumlah kicau mania di indonesia. sehingga burung tidak dapat tampil maksimal ketika dilombakan.

Nah berikut ini admin akan memberikan tips mengatur birahi kacer agar selalu siap lomba dan mampu tampil lebih maksimal. selengkapnya silahkan baca tips berikut ini :

  • Kacer untuk lomba sebaiknya mendapat penanganan khusus yang berbeda dari kacer rumahan. Tujuannya agar pemilik atau perawat lebih fokus dalam merawat dan menjaga kondisi burung tersebut.
  • Bagi yang terbiasa memberikan voer untuk kacernya, jangan terlalu sering gonta-ganti merek. Biasanya, kita mudah kepincut terhadap voer merek tertentu, hanya karena pakan tersebut juga dikonsumsi oleh kacer yang kebetulan juara.
  • Terlalu sering gonta-ganti merek voer dapat menurunkan penampilannya, bahkan tak jarang disertai dengan kotoran yang encer dan berbau. Dalam banyak kasus, kacer akan mengalami masa mabung lebih cepat. Kalau ingin mengganti voer dengan merk lain, lakukanlah secara bertahap.
  • Menjaga settingan extra fooding (EF) seperti jangkrik atau kroto. Settingan yang tepat adalah yang digunakan ketika kacer bertambah rajin bunyi setelah diberi pakan serangga / jangkrik dalam jumlah tertentu. Settingan itulah yang digunakan dalam perawatan harian. Hal yang sama juga bisa diterapkan dalam mencari settingan khusus lomba.
  • Banyak kicaumana yang ingin mendengar kicauan kacernya dengan cara memperdengarkan suara masteran burung sejenis dari perangkat mp3. Tujuannya tentu untuk memancingnya agar mau bunyi. Padahal jika hal ini terlalu sering dilakukan akan berdampak pada birahi kacer yang tidak stabil. Akibatnya, saat dilombakan, burung akan lebih banyak diam atau selalu naik-turun tenggeran.
  • Kacer merupakan burung teritorial. Di alam liar, mereka selalu terlihat sendirian, atau bersama pasangannya saja untuk menjaga wilayah kekuasaannya dari kehadiran burung sejenis. Ketika memelihara kacer di rumah, sebaiknya tidak menggantangnya berdekatan dengan burung sejenis, atau burung jenis lain yang mempunyai sifat teritorial lainnya seperti murai batu. Hal ini untuk menjaga mental dan sifat fighternya.
  • Penjemuran pada waktu yang tepat dapat membantu menjaga kestabilan birahi kacer. Penjemuran itu tidak hanya sekadar memanaskan burung saja, tetapi juga bermanfaat mengusir kutu yang menempel pada kulit dan bulunya, juga untuk mengecas panas tubuh yang akan digunakannya ketika suhu dingin atau pada malam hari. Penjemuran yang ideal adalah sejak matahari terbit sampai sebelum panas terik / sekitar pukul 10.00.
  • Seminggu sekali, kacer perlu dilepas dalam kandang umbaran (polier), untuk melatih pernafasannya agar lebih panjang, membentuk dan memperkuat otot sayap dan dada, serta meningkatkan staminanya.
BACA JUGA :  Mengetahui Perbedaan Dari Jenis Burung Perkutut Lokal Dan Bangkok Paling Akurat

Itulah Tips Mengatur Birahi Burung Kacer Agar Selalu Siap Lomba yang dapat admin sampaikan, semoga tips yang sudah admin sampaikan diatas bermanfaat bagi para kicau mania yang memelihara burung kacer yang kerap over birahi.