Tips Mengatasi Burung Cendet Yang Gemar Melantai

Cherewed.com – Memiliki burung cendet yang rajin berbunyi/gacor sambil nagen tentunya hal tersebut yang paling diinginkan oleh para penghoby burung cendet. apalagi jika burung tersebut bisa tampil maksimal dilapangan tantu hal tersebut dapat memberi nilai tambahan pada saat dilombakan. namun harus kita ketahui bahwa tidak semua burung cendet bisa tampil dengan gaya nagen. Beberapa di antaranya malah hanya mau bersuara di dasar sangkar alias melantai.

Melantai adalah istilah di kalangan kicaumania untuk menyebut perilaku burung yang gemar beraktivitas di dasar sangkar, termasuk saat berkicau. Sebagian kicaumania menganggap burung yang gemar melantai akan membuat penampilannya tidak maksimal.Selain itu, suara kicauannya pun cenderung kurang power, tidak seperti burung yang berkicau sambil berdiri tegak di tenggeran alias nagen.

Burung Cendet merupakan jenis burung yang memiliki karakter nagen. Gaya berkicaunya dilakukan sambil berdiri tegak di atas tenggeran, terkadang disertai dengan ekor yang menyatu maupun dikembangkan. namun tidak semua burung cendet tampil dengan gaya nagen. jika perawatannya tidak tepat dapat mempengaruhi gaya burung cendet ketika berkicau.

Melantai biasanya dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan cendet tersebut. Hal ini sering dijumpai pada cendet muda, atau karena terlalu manja. Perilaku tersebut juga bisa disebabkan kondisi burung kurang fit. Akibatnya, ketika bertemu lawan tandingnya, burung tidak memiliki stamina yang cukup, sehingga lebih sering berada di dasar sangkar.

Dan ada salah satu faktor lainnya kebiasa orang-orang yang selalu menggunakan krodong untuk menutupi sangkarnya, namun melupakan fungsi resleting. Kadang sangkar sudah ditutupi kain kerodong, tapi resleting dibiarkan terbuka. Akibatnya, cendet akan sering turun tenggeran untuk mengintip keluar dari dasar sangkar. Hal ini akan menjadi kebiasaan buruk yang terbawa sampai di arena lomba.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Akurat Merawat Anis Kembang Muda Hutan Agar Cepat Gacor

Cara Mengatasi Burung cendet yang gemar melantai

Mengatasi burung cendet yang gemar melantai dapat dilakukan melalui beberapa pola perawatan, simak dibawah ini :

  • Jika perilaku tersebut muncul akibat pemberian pakan tambahan / EF yang berlebihan, sehingga burung over birahi, maka solusi terbaik adalah mengurangi EF terutama jangkrik. Anda juga harus mulai merutinkan terapi mandi malam dan pengembunan.
  • Jika masalah tersebut disebabkan burung kurang fit, maka berikan EF yang lebih bervariasi, khususnya serangga seperti jangkrik, ulat bambu, belalang, dan sejenisnya. Selain itu, berikan multivitamin seperti BirdVit yang dapat membantu mempercepat proses pemulihannya.
  • Jika kebiasaan melantai ini akibat burung terlalu manja, tentu membutuhkan penanganan ekstra. Selain itu juga dibutuhkan pengamatan untuk mengetahui perkembangan dari perilakunya.
  • Cobalah memberikan EF dalam jumlah lebih banyak secara bertahap. Setelah itu amati perilakunya. Jika terdapat perbaikan penampilan, maka setelan itulah yang digunakan.
  • Lakukan hal yang sama pada waktu burung akan dilatih dengan cendet lain. Pengamatan ini juga dibutuhkan, terutama untuk menyiapkannya ke arena lomba.

Selain mengatur ulang setelan pakannya, perawatan seperti mandi dan jemur harus mendapat perhatian. Dan Sebisa mungkin burung cendet menjalani terapi mandi malam, meski hanya 1-2 kali seminggu. Terapi pengembunan bisa dilakukan agar burung memiliki stamina lebih baik.

Cara melatih burung cendet agar mau nagen

  • Membuat ranjau atau halangan di dasar sangkar, yang membuat burung enggan turun ke bawah. Ada beberapa jenis ranjau / halangan yang umum digunakan. Info lebih lengkap, silakan lihat artikel Empat jenis ranjau yang umum digunakan agar burung nancep di tangkringan
  • Tenggeran dengan ukuran tepat dapat membuat burung merasa nyaman, sehingga mengurangi kebiasaannya turun di dasar sangkar. Tenggeran dengan tekstur kasar dan nyaman saat dicengkeram akan membuat cendet lebih nagen saat ngoceh. Anda bisa melakukan ujicoba beberapa tenggeran untuk mencari ukuran yang sesuai.
  • Terkadang ada cendet yang terlalu aktif saat berkicau, sehingga sering turun ke dasar sangkar. Ini dapat disiasati dengan memberikan beberapa tenggeran di dalam sangkar. Dengan begitu, cendet tak tertarik lagi untuk turun ke dasar sangkar ketika berbunyi.
BACA JUGA :  Ciri Fisik Burung Kacer Betina Yang Paling Mudah Dan Akurat

Nah itulah Tips Mengatasi Burung Cendet Yang Gemar Melantai dan cara melatih burung cendet supaya mau nagen. semoga informasi yang admin sampaikan ini bermanfaat bagi para kicau mania yang memelihara burung cendet.