Tips dan Trik Memaster Burung Cendet Dengan Suara Belalang

Cherewed.com – Kita ketahui bahwa burung Cendet memiliki suara yang lantang dan bervariasi. Karakter kicauannya pun dipenuhi suara tembakan yang cenderung kasar. Suara belalang yang tajam dan rapat bakal memberi nilai tambah pada burung cendet yang bisa merekam suara tersebut. Karena alasan itulah, suara belalang menjadi masteran favorit bagi para kicau mania yang memeliahara burung cendet  di Indonesia.

Namun banyak para kicau mania di indonesia yang menganggap bahwa masteran burung cendet dengan suara belalang itu gampang-gampang susah. Namun jika sudah mengetahui trik pemasterannya, proses tersebut akan berlangsung lebih mudah, dan burung cendet pun cepat menguasai suara masteran yang unik tersebut.

Untuk mendapatkan hasil lebih memuaskan, berikut ini beberapa tips pemasteran cendet dengan suara belalang :

  • Pilih jenis belalang yang mampu mengeluarkan bunyi-bunyian yang tajam dan rapat. Beberapa jenis belalang yang dimaksud antara lain belalang daun, belalang emas, dan belalang kerek. Silakan pilih salah satunya, atau bisa juga menggunakan semua jenis belalang tersebut.
  • Jaga jarak antara kandang penyimpanan belalang dan sangkar yang berisi cendet. Jarak ideal yang disarankan adalah 3 – 4 meteran. Jika jaraknya terlalu dekat, suara belalang yang penuh getaran tinggi bisa mengacaukan konsentrasi burung cendet, sehingga tidak fokus mendengarkan suara masterannya.
  • Kandang penyimpanan belalang sebaiknya jangan diletakkan di lantai atau permukaan tanah. Untuk hasil yang lebih efektif, kandang digantung pada ketinggian yang sama dengan sangkar cendet.
  • Setelah dimaster selama seminggu, coba amati apakah cendet sudah mampu menguasai suara belalang. Kalau belum, lakukan pemasteran lebih rutin dalam waktu 3 – 4 minggu.
  • Namun jika cendet tetap belum menguasai suara masterannya, Anda perlu mengganti belalang dengan jenis belalang lainnya yang mempunyai suara lebih rendah / tidak terlalu nyaring di kuping.
  • Salah satu hal terpenting dalam pemasteran burung cendet adalah memenuhi semua kebutuhannya, terutama pakan tambahan / extra fooding (EF). Jika perut kenyang, burung cendet lebih mudah merekam suara-suara masterannya.
  • Lakukan pemasteran dengan belalang secara rutin, setiap hari. Untuk memancing agar belalang tersebut mau berbunyi sepanjang hari, Anda bisa menutupi kandangnya dengan kain kerodong yang berwarna hitam.
BACA JUGA :  Kisaran Harga Terbaru Dan Berbagai Jenis Obat/Vitamin Untuk Mengatasi Masalah Pada Burung Anis Merah Paling Lengkap

Itulah Tips dan Trik Memaster Burung Cendet Dengan Suara Belalang yang bisa anda terapkan pada burung peliharaan kesayangan anda. namun apabila anda ingin burung cendet peliharaan anda sehat dan rajin berkicau jangan pernah melupakan perawatannya yang tepat. karena burung kicau jenis apapun kalau pemeliharaannya kurang baik dan tidak tepat, tidak mungkin burung tersebut memiliki kualitas yang bagus. demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat bagi para kicau mania di indonesia.