Tips Atau Cara Merawat Burung Cucak Ijo Untuk Pemula

Cherewed.com – Masih membahas mengenai burung cucak ijo, pada artikel sebelumnya admin sudah membahas informasi mengenai Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor, dan pada kesempatan kali ini admin juga akan memberikan informasi seputar Cara Merawat Burung Cucak Ijo Untuk Pemula. Sebagai seorang hoby memelihara burung pastinya tahu dengan burung yang satu ini.

Burung Cucak Ijo merupakan salah satu jenis burung yang populer dikalangan para pecinta burung kicau di indonesia, Tidaklah heran, karena memang burung yang satu ini memiliki suara yang merdu dan juga memiliki suara yang bervariasi, juga dapat meniru suara burung kicau jenis lainnya.

Burung cucak ijo tidak hanya diminati oleh para kicau mania yang sudah terjun kedunia perkicauan, namun saat ini para pemulapun yang baru terjun terpikat dengan biring yang satu ini. dan ditahun ini banyak para pemula yang ingin memelihara burung tersebut. namun tidak sedikit para pemula yang mengeluh atau mengaku kesulitan dalam merawat burung cucak ijo sampai rajin burbunyi (gacor). karena memang burung tersebut karakternya selalu berubah-ubah.

Maka dari itulah disini admin akan memberikan tips atau merawat burung cucak ijo yang dapat diterapkan para pemula supaya burung peliharaannya lebih aktif dan rajin berbunyi. untuk tahapan-tahapannya bisa anda simak dibawah ini :

1. Memilih Sangkar dan Penempatannya

Untuk kenyamanan burung cucak ijo, pilihlah sangkar berukuran cukup luas. Dengan begitu, burung tersebut akan menjadi lebih aktif dan lincah sehingga terpancing untuk makin rajin berbunyi. Tenggeran bisa diberikan dua unit, yang dipasang sejajar atau menyilang. Penggunaan dua tenggeran ini dikarenakan cucak ijo termasuk burung yang sangat aktif alias banyak bergerak. Perhatikan pula penempatan sangkarnya. Jika burung masih bakalan, jangan menggantang sangkarnya dekat dengan burung piaraan lain yang gacor atau bersuara kencang seperti murai batu

BACA JUGA :  Fakta Burung Bangau Mahkota Merah, Kini Sudah Sangat Langka

2. Selalu Menjaga Ketersediaan Pakan

Cucak ijo merupakan burung pemakan buah-buahan dan serangga. Buah yang biasanya diberikan salah satunya adalah pisang kepok putih. Sedangkan serangga bisa berupa jangkrik atau ulat hongkong. Banyak orang-orang lebih senang merawat cucak ijo tanpa diberi voer alias full extra fooding. Alasannya bervariasi, mulai dari mencegah kegemukan hingga menjaga kualitas suaranya. Bagi pemula, hal ini bisa menimbulkan kesulitan tersendiri, khususnya kalian yang sibuk dengan aktivitas hariannya. dan solusinya adalah dengan memberikan pisang kepok putih sebagai pakan utamanya. Adapun pakan serangga bisa diberikan dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, carilah setelan jangkrik yang pas, sampai pada kondisi di mana burung mulai rajin bunyi.

3. Perawatan mandi dan jemur

Mandi dan jemur merupakan salah satu bentuk perawatan rutin yang wajib dilakuan tiap hari untuk menjaga kondisi burung tersebut. Mandi bisa dilakukan menggunakan karamba. Namun jika burung menolak mandi di karamba, Anda dapat memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya. Apabila mandinya sudah selesai, cucak ijo diangin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya. Setelah itu baru dijemur, dengan durasi tidak lebih dari 1,5 jam.

4. Pemasteran

Pemasteran adalah aktivitas penting penting dalam perawatan burung cucak ijo agar bica berkicau secara bervariasi. Pemasteran yang dilakukan secara rutin dapat menjadikan burung lebih cepat menguasai suara masterannya.

Demikianlah Tips Atau Cara Merawat Burung Cucak Ijo Untuk Pemula yang dapat admin sampaikan, bagi para pemula, pabila belum tahu cara merawat burung cucak ijo, bisa ikuti langkah-langkah yang sudah admin berikan diatas. salam kicaumania