Ramuan Mengkudu Untuk Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer

Cherewed.com – Masih membahas informasi mengenai burung kacaer, Pada artikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Kurang Ngotot di Lapangan, dan dikesempatan kali ini admin juga akan membahas mengenai Ramuan Mengkudu Untuk Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer. burung kacer memang selalu menjadi incaran para kicau mania, apalagi apabila burung kacer tersebut sudah bermental bagus dan pernah menjuarai lomba.

Namun bagi anda yang memliki burung kacer yang selalu di ikut sertakan dalam lomba, tentunya hal yang paling dihindari adalah kegemukan pada burung tersebut. karena apabila burung peliharaan anda mengalami kegemukan pastinya akan membuat burung tersebut kurang aktif. malas bunyi, dan cendrung mbagong.  ada beberapa cara untuk mengatasi kegemukan pada burung kacer, yaitu dengan ramuan dari bahan buah mengkudu.

Buah mengkudu tidak hanya bermanfaat bagi manuasia saja, ternyata buah mengkudu juga memiliki banyak manfaat untuk burung peliharaan, khususnya burung kacer. daun mengkudu yang lebar bisa digunakan untuk menjaga stamina dan meningkatkan daya tahan. dan buahnya tentunya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kegemukan pada burung kacer.

Ramuan buah mengkudu memang sudah terbukti mampu mengatasi kegemukan pada burung kacer, dan buahnya juga mampu meningkatkan sekresi empedu dan zat NO (nitrit oxide) yang dapat memacu ekskresi kolesterol melalui kotoran. Jika banyak dibuang melalui kotoran, maka kolesterol yang terdapat dalam darah dan jaringan tubuh pun ikut berkurang.

Buah mengkudu juga mengandung zat aktif yang disebut xenonine (Salleh, 2002). Zat ini mampu menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh unggas. maka dari itulah, ramuan mengkudu juga bisa mengatasi kegemukan pada burung kacer.

BACA JUGA :  6 Cara Praktis Mengatasi Cucak Ijo Stres Yang Sudah Terbukti

Ada beberapa cara penyajian buah mengkudu untuk mengatasi kegemukan pada burung kacer, Diantaranya adalah :

1. Diolah menjadi jus mengkudu

Buah mengkudu yang sudah matang direbus dan diambil sarinya.

2. Buah mengkudu dicampur gula merah

Buah dan daun mengkudu direbus bersama potongan gula merah. Jika air rebusan berubah warna, segera diangkat dan tiriskan. Setelah dingin, air rebusan dicampur dengan 1 sendok madu. Saring dan berikan kepada kacer yang kegemukan. Ramuan mengkudu yang dicampur gula merah ini juga kerap diterapkan untuk menggacorkan burung trucukan.

3. Diolah menjadi air perasan buah mengkudu

Buah mengkudu yang sudah matang dan berwarna hijau diperas airnya. Untuk mengurangi aroma kurang sedap, air perasan dicampur dengan 1 sendok teh madu (bisa juga lemon / jeruk). Selain ramuan mengkudu, ada produk spesial yang terbukti efektif mengatasi kegemukan pada berbagai jenis burung kicauan, yakni BirdSlim. Cara ini jelas lebih praktis, khususnya bagi Anda yang tak mau repot atau tidak punya banyak waktu membuat ramuan mengkudu.

Demikianlah Informasi mengenai Ramuan Mengkudu Untuk Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer, anda juga dapat membaca artikel lainnya yang berhubungan dengan burung peliharaan di situs cherewed.com. dan jangan lupa juga untuk share artikel ini kepada teman-teman kalian.