Perawatan Burung Jalak Hongkong Supaya Gacor dan Pandai Bicara

Cherewed.com – diartikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai Tips Perawatan Burung Jalak Nias Bakalan Untuk Pemula, dan pada kesempatan ini juga adim akan memberikan artikel yang membahas tentang Perawatan Burung Jalak Hongkong Supaya Gacor dan Pandai Bicara.

Jalak hongkong memiliki suara yang sangat nyaring dan berisik. Tetapi burung ini juga dikenal cerdas dalam meniru berbagai jenis suara burung, termasuk meniru suara manusia. Jalak hongkong atau sering disebut jalak thailand merupakan burung asli Indonesia. Wilayah persebarannya di Tiongkok, Thailand, Myanmar, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Brunei. Habitanya hutan-hutan tropis, subtropis, dan hutan-hutan kering.

Beberapa spesies dari keluarga jalak-jalakan (Sturnidae) dikenal memiliki kecerdasan dalam meniru suara berbagai suara burung kicau. Namun kecerdasan jalak hongkong melebihi jenis jalak lainnya. Sama seperti jalak suren, burung jalak hongkong mampu meniru berbagai suara kicauan dari jenis burung yang lain. Namun, sebagaimana burung beo, jalak hongkong juga bisa meniru suara manusia.

Kecerdasan dan kemampuan burung ini tergantung pada pola perawatan harian. Jika dirawat secara tepat dan teratur, burung ini pastinya akan semakin rajin berbunyi dan mau meniru suara-suara yang dilatihkannya. Namun jika dirawat asal-asalan, burung cenderung menjadi liar dan hanya mengeluarkan suara lengkingan saja.

Pemberian sangkar dan pakan

Jalak hongkong termasuk burung yang sangat aktif bergerak. Dan ukuran tubuhnya lebih besar daripada jalak suren. Karena itu, sangkarnya harus lebih besar daripada jalak suren. Jika tidak, burung mudah mengalami stres dan malas bunyi.

Supaya burung semakin rajin berkicau, pakan yang diberikan juga harus memiliki kandungan nutrisi lengkap. Berikut ini beberapa jenis pakan yang bisa diberikan kepada jalak hongkong dalam perawatan hariannya.

  • Pakan voer tinggi protein. Bisa juga voer ukuran besar yang biasa diberikan kepada burung beo
  • Buah-buahan yang bervariasi, misalnya pepaya, jeruk. atau pisang yang telah diolesi madu.
  • Pakan serangga seperti jangkrik (2 ekor pagi, 3 ekor sore), ulat hongkong atau belalang ukuran besar yang sebelumnya dipotong kecil-kecil.
  • Jangan lupa multivitamin seperti BirdVit yang sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuhnya.
BACA JUGA :  Solusi Untuk Mengobati Burung Mencret

Perawatan yang tidak kalah pentingnya adalah mandi dan jemur. Burung sebaiknya dimandikan setiap hari menggunakan sprayer atau karamba mandi. penjemuran dilakukan setiap pagi dengan durasi 1 – 2 jam.

Pemasteran dan melatih jalak hongkong bicara

Melatih jalak hongkong agar bisa meniru suara kicauan burung lain bisa dilakukan setiap hari dengan cara digantang berdekatan dengan burung masterannya. Untuk mempercepat proses pemasteran, usahakan agar jalak hongkong tak melihat langsung burung masterannya. Anda bisa memberi pembatas / sekat pada bagian sisi sangkarnya.

Pemasteran juga bisa menggunakan audio rekaman burung dari perangkat audio atau ponsel pintar yang diletakkan tidak jauh dari sangkarnya. Bagaimana melatih jalak hongkong agar bisa bicara atau meniru suara manusia? Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari interaksi langsung, menggantang sangkarnya di tempat ramai, atau memanfaatkan suara masteran khusus burung beo.

Namun proses pelatihan yang dianggap lebih efektif adalah melakukan interaksi langsung, yaitu mengajari burung dengan kalimat-kalimat tertentu sesuai dengan keinginan Anda.

Demikianlah artikel Perawatan Burung Jalak Hongkong Supaya Gacor dan Pandai Bicara yang dapat admin sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi para penghoby burung jenis jalak di indonesia