Perawatan Burung Cucak Hijau Rumahan Supaya Tampil Maksimal

Cherewed.com – Tidak sedikit para penghobby burung cucak hijau yang mengalami burung peliharaannya tidak mau tampil dengan maksimal. Walaupun mereka sudah merawat dengan konsisten sesuai dengan perawatan hariannya. burung cucak hijau sering mengembangkan bulunya, dan juga jarang ingin bernyannyi dengan lantang. jika anda merupakan salah satu yang memiliki keluhan yang sama, maka simaklah pembahasan yang akan admin berikan disini.

Kita ketahui bahwa burung cucak hijau merupakan jenis burung peniru yang ulung. kemampuan dan kecepatannya dalam meniru suara burung jenis lainnya dianggap paling baik dibandingkan dengan jenis burung kicau lainnya. lantangnya suara burung cucak hijau sangat dipengaruhi oleh masterannya. apabila suara masterannya senakin lantang, maka cucak hijau pun akan semakin lantang dalam mengeluarkan suaranya.

kita sering menjumpai burung cucak hijau yang cenderung bersuara pelan atau ngeriwik saja saat sering digantang bersama burung-burung lain yang mempunyai suara tidak begitu kencang. Namun hal ini juga snagat tergantung kepada karakter dan kondisi cucak hijau tersebut.

Selain pemasteran, kebutuhan pakan yang tak tercukupi terutama kualitas gizinya, bisa menjadi penyebab mengapa burung cucak hijau cenderung bersuara pelan. Penyebab lainnya adalah perawatan yang kurang maksimal, misalnya kurang dijemur atau jarang dimandikan.

Nah disini admin akan memberikan cara perawatan yang bisa membantu burung cucak hijau rumahan bisa tampil maksimal. selengkapnya simak dibawah ini :

Perawatan Burung Cucak Hijau Rumahan Supaya Tampil Maksimal

  • Rajinlah mengembunkan burung. Sebab pengembunan bisa menjadikan burung lebih segar, terutama ketika mendapatkan sinar matahari pagi yang banyak mengandung provitamin D.
  • Saat pagi hari, pemberian kroto yang berupa kapsul (telur kroto) bisa membantu menambah stamina burung. Berikan kapsul kroto setiap pagi hari sebanyak 5 butir.
  • Oleskan madu pada permukaan pisang kepok putih yang menjadi pakan utama cucak hijau.
  • Jangkrik sebagai pakan tambahan diberikan sebanyak 3 – 5 ekor pada pagi dan sore hari, atau tergantung kebiasaannya.
  • Beberapa hari sekali, ganti buah pisang dengan sepotong jeruk manis. Jika burung tak mau makan jeruk, maka pemberiannya bisa dilakukan dengan cara diperas, dan air perasannya disimpan dalam cepuk minumnya.
  • Mandikan burung pada pagi atau sore hari. Cara memandikan cucak hijau bisa dilakukan dengan memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya. Jika sudah terbiasa, bisa juga menggunakan semprotan atau karamba mandi. Sesekali perlu juga diberikan terapi mandi malam, terutama jika kondisi cuaca sangat mendukung.
  • Agar rajin berkicau dengan suara kencang, sebaiknya cucak hijau digantang bersama burung-burung lain yang dominan bersuara lantang dan penuh tembakan, misalnya ciblek ngebren, cucak jenggot, dan sejenisnya.
BACA JUGA :  Gelatik Batu: Ciri, Jenis, Makanan dan Perawatannya

Apabila perawatan yang sudah admin sampaikan dilakukan. Namun belum ada perubahan, maka pemberian BirdVit cair bisa menjadi pilihan bijak. BirdVit sangat membantu pemulihan stamina burung, sehingga membuat burung bisa tampil maksimal dan lebih ngotot.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Perawatan Burung Cucak Hijau Rumahan Supaya Tampil Maksimal, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi para penghobby burung cucak hijau yang mengalami masalah yang sama seperti diatas.