Penyebab dan Cara Mengatasi Jalak Suren Macet Bunyi

Cherewed.com – Pernahkah anda mengalami burung jalak suren anda yang tadinya rajin bunyi atau gacor tiba-tiba menjadi pendiam dan terlihat malas untuk berkicau? kondisi seperti ini banyak dialami oleh para pemelihara burung jalak suren. dan akibat masalah ini tentunya akan memberikan efek kepada performa pada burung tersebut.

Pada umumnya, burung jalak suren yang malas bunyi disebabkan karena stres dan mentalnya ngedrop. Kondisi tersebut sangat berkaitan dengan pola perawatan hariannya. Beberapa hal yang bisa memicu jalak suren rentan stres dan macet bunyi antara lain :

  • Perawatan tidak teratur dan cenderung asal-asalan.
  • Burung sedang sakit atau kurang stamina.
  • Burung mengkonsumsi pakan yang sudah basi/berjamur.
  • Sangkar tidak dijaga kebersihannya.
  • Burung terinfeksi oleh tungau atau kutu.
  • Sangkar terjatuh, sehingga membuat panik burung di dalamnya.
  • Burung pernah diserang oleh binatang peliharaan lain atau hewan predator.

Jika jalak suren macet bunyi akibat beberapa hal seperti disebutkan di atas, maka cara mengatasinya bisa dilakukan tindakan-tindakan sebagai berikut :

1. Berikan perawatan yang sesuai

Perawatan yang rutin dan teratur setiap harinya bisa menjamin burung tetap bugar, aktif, dan memiliki stamina yang cukup, sehingga bisa membuatnya selalu rajin berbunyi.

Secara umum, perawatan jalak suren tidak jauh berbeda dari pola perawatan jenis burung kicauan lainnya. Hal ini meliputi pemberian pakan, termasuk pakan tambahan yang sesuai, sampai mandi dan jemur secara teratur.

2. Berikan obat-obatan dan vitamin secara tepat

Jalak suren yang kurang fit atau sakit tentu tidak mau mengeluarkan suara kicauannya dengan rajin. Penyakit yang paling sering dialami adalah gangguan pada organ pencernaan, yang biasanya disebabkan sering mengkonsumsi pakan yang tidak cocok atau sudah basi/berjamur.

BACA JUGA :  2 Ciri Ciri Akurat Burung Parkit Holland Yang Di Lihat Dari Segi Fisik

Untuk mengobati gangguan pencernaan akibat bakteri dan jamur, Anda bisa memberikan BirdBlown secara teratur. Selain itu, untuk menjaga stamina dan kondisinya, maka setiap beberapa hari sekali jalak suren perlu diberi multivitamin seperti BirdVit.

3. Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan sangkar

Menjaga kebersihan lingkungan dan sangkar termasuk bagian terpenting dalam perawatan harian burung. Sangkar yang bersih akan membuat burung merasa nyaman, sehingga tetap bugar dan rajin berkicau. Jika sangkar dibiarkan kotor, maka bisa memunculkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, parasit, dan tungau.

4. Membangkitkan kembali mentalnya yang ngedrop

Sebagai burung yang lincah, jalak suren dikenal cerewet dengan kicauannya. Namun begitu, jalak suren bisa menjadi stres dan macet bunyi ketika sangkarnya terjatuh atau diserang hewan predator.

Untuk mengembalikan kondisinya seperti semula, tentu tidak bisa dilakukan secara instan. Semuanya butuh waktu, terapi, dan pola perawatan yang tepat.

Namun dengan melakukan beberapa tips dan trik berikut ini, diharapkan bisa mempercepat proses pemulihan jalak suren yang sedang ngedrop mentalnya sehingga menjadikannya rajin bunyi seperti biasa. Ini dia tips dan triknya :

  • Gantang burung di tempat tenang dan jauh dari keberadaan burung atau hewan peliharaan lainnya. Bisa juga menggantang sangkarnya pada posisi yang lebih tinggi daripada sangkar burung lainnya.
  • Selalu mengerodong burung pada siang dan malam hari.
  • Berikan voer yang tinggi protein (voer lele / ayam) untuk meningkatkan birahi dan staminanya.
  • Berikan pakan tambahan berupa jangkrik dan cacing tanah setiap hari.
  • Rutin mengembunkan burung setiap pagi.
  • Rutin memandikan burung pada pagi hari, lalu menjemurnya selama 2 – 3 jam.
  • Melatihnya dengan suara-suara masteran atau terapi untuk memancingnya berbunyi.
BACA JUGA :  6 Poin Penting Untuk Mencegah Burung Ciblek Macet Bunyi

Demikian artikel yang dapat admin sampaikan kepada anda, bagi anda yang ingin mengetahu penyebab dan cara mengatasi masalah pada burung anda yang macet berbunyi silahkan baca dengan teliti penjelasan diatas. semoga bermanfaat.