Cara Setting Pakan Untuk Mendongkrak Stamina Burung Cucak Ijo

Cherewed.com – Para penghoby burung cucak ijo yang selalu mengikut sertakan burung cucak ijonya pada lomba selalu memberikan jangkrik ketimbang kroto, alasannya karena pemberian kroto pada burung tersebut dapat membuat bulu burung cepat rontok. Padahal, manfaat kroto tidak terlalu jauh berbeda dari jangkrik. Bahkan kalau diberikan dengan takaran dan pola perawatan yang tepat dapat memaksimalkan penampilannya pada saat lomba ataupun harian.

Banyak yang mengatakan bahwa burung cucak ijo sering dianggap mudah berubah karakternya pada saat mengalami perubahan perawatan mapun ketika diberi pakan secara berlebihan. karena alasan tersebutlah banyak para penggemar cucak ijo yang memberikan pakan tambahan berupa buah pisang dan jangkrik setiap harinya. Kombinasi pakan ini bisa membuat burung menjadi lebih rajin bunyi, serta dapat mengontrol birahinya.

Namun pabila asupan pakan untuk burung tersebut kurang bervariasi, maka burung tersebut akan mudah loyo. maka dari itu pakan tambahan harus diberikan secara bervariasi. Selain dapat membantu menjaga kondisi, juga bisa meningkatkan stamina burung sepanjang hari.

Salah satu pakan tambahan alternatif yang baik adalah kroto, yang selama ini justru kerap dihindari para penghoby cucak ijo, karena dianggap sebagai penyebab bulu rontok dan over birahi. Padahal jika diberikan dalam takaran pas, disertai dengan pola rawatan yang tepat, kombinasi kroto dan jangkrik setiap hari mampu mendongkrak stamina burung cucak ijo. Dan hasilnya burung tersebut akan menjadi lebih aktif dan semakin rajin untuk berbunyi.

Cara Setting Pakan Untuk Mendongkrak Stamina Burung Cucak Ijo

Nah berikut ini adalah setelan pakan harian burung cucak ijo, berupa kombinasi jangkrik, kroto, dan pisang kepok putih :

  • Setiap pagi, pukul 05.30, burung dikeluarkan dari dalam rumah dengan kondisi tanpa kerodong. Jika cucak ijo sudah terbiasa diembunkan, maka keluarkan lebih pagi lagi (misalnya, sehabis adzan subuh).
  • Setelah matahari terbit, atau sekitar pukul 06.45 – 07.00, burung dimandikan dengan menggunakan karamba mandi. Boleh juga menggunakan cepuk mandi dalam sangkarnya.
  • Saat burung mandi, Anda bisa membersihkan sangkar serta perlengkapannya.
  • Usai mandi, burung dianginkan sebentar sambil diberikan pisang kepok dan satu cepuk kroto.
  • Setelah itu, burung dijemur dengan durasi 30-60 menit saja. Penjemuran untuk cucak ijo yang mengkonsumsi kroto secara rutin memang tidak boleh terlalu lama, karena bisa membuat bulu cepat rontok.
  • Saat burung dijemur, berikan 3 ekor jangkrik. Pemberian jangkrik kembali dilakukan pada waktu siang dan sore hari, masing-masing sebanyak 3 ekor.
  • Menjelang siang, burung dipindahkan ke tempat teduh, lalu sangkarnya dikerodong full. Jika dibutuhkan, Anda bisa memasternya dengan burung hidup maupun menggunakan audio masteran.
  • Sore hari, pukul 15.00-16.00, kedorong dibuka. Burung bisa dimandikan lagi, jika memang terbiasa mandi dua kali sehari.
  • Setelah itu, burung dianginkan sebentar, lalu kembali dikerodong untuk beristirahat atau dimaster lagi.
  • Menjelang malam, burung dimasukkan ke dalam rumah dan dibiarkan beristirahat sampai esok harinya.
BACA JUGA :  Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Kurang Ngotot di Lapangan

Itulah Cara Setting Pakan Untuk Mendongkrak Stamina Burung Cucak Ijo yang dapat anda terapkan kepada burung cucak ijo peliharaan anda. dan kami ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke situs cherewed.com. jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kicau mania lainnya. salam kicau mania.