Cara Perawatan Burung Anis Kembang Anakan Hingga Dewasa

Cherewed.com – Masih membahas mengenai burung anis kembang, pada artikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai Tips Memaksimalkan Kicauan Burung Anis Kembang, dan kali ini admin juga akan memberikan tips atau cara perawatan burung anis kembang anakan hingga dewasa.

Memelihara burung anis kembang pada saat masih kecil atau anakan bisa memberikan kebanggan tersendiri ketika burung tersebut dewasa dan bisa tampil maksimal dilapangan. maka dari itulah tidak heran banyak sekali yang memelihara burung anis kembang pada saat masih anakan.

Nah banyak para pemula yang ingin memelihara burung anis anakan, namun tidak sedikit para pemula yang memang benar-benar belum tahu bagaimana cara memelihara burung tersebut yang baik. supaya di kemudian burung tersebut bisa tampil maksimal dilapangan.

Dan bagi anda yang ingin memelihara atau merawat burung anis kembang dari mulai anakan, sebaiknya simak tips yang akan admin sampaikan berikut ini :

Perawatan anis kembang umur kurang dari 3 bulan

  • Perawatan anakan anis kembang yang berumur kurang dari 3 bulan harus dilakukan penuh perhatian, karena kondisi burung masih lemah.
  • Sejak menetas dan dipanen dari induknya, anakan burung sebaiknya tetap ditempatkan dalam sarangnya atau menggunakan mangkuk plastik yang dilengkapi bahan sarang dan kertas tisu.
  • Pemberian pakan dilakukan dengan cara diloloh. Berikan voer yang sudah dibasahi air, lalu dicampur beberapa potongan tubuh jangkrik atau cacing tanah. Pelolohan bisa dilakukan setiap 20 – 30 menit sekali.
  • Pada malam hari, anakan burung ditempatkan dalam sangkar harian atau menggunakan kotak kardus, yang dilengkapi dengan lampu penghangat.
  • Setelah berusia 2 bulan, anakan burung bisa dimaster dengan satu jenis suara masteran yang diputarkan pada pagi, siang dan sore hari.
BACA JUGA :  Tips Dan Cara Membedakan Burung Manyar Jantan/Betina Paling Akurat

Perawatan anis kembang umur 4 – 6 bulan

  • Pada umur ini, burung sudah mampu mengenali jenis makanannya. Berikan pakan tambahan yang bervariasi untuk membiasakan dengan pakan tersebut, misalnya kroto, cacing tanah, dan jangkrik. Sebab pakan-pakan seperti itulah yang akan dijumpainya setiap hari.
  • Pakan tambahan / extra fooding (EF) sebaiknya diberikan secara teratur setiap hari, untuk mengkondisikan burung agar setelah dewasa bisa dan terbiasa menerima setelan / setingan untuk membuat birahinya stabil atau meningkat.
  • Bentuk perawatan lain mulai bisa diterapkan, misalnya mandi dan jemur. Mandi bisa dilakukan dengan cara memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya, atau mandi semprot menggunakan hand sprayer, setiap pagi dan sore hari.
  • Penjemuran dilakukan secukupnya, dalam waktu tidak lebih dari 30 menit. Membiasakan burung berjemur pada pagi hari sangat baik bagi pertumbuhannya, dan membuat bulu-bulunya menjadi lebih kuat, staminanya juga lebih terjaga.
  • Anis kembang jantan yang berumur lebih dari 4 bulan biasanya mulai berlatih berkicau dengan mengeluarkan berbagai macam suara, termasuk suara ngeriwik, panggilan, bahkan suara crecetan yang keras. Pada tahap ini, pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa suara masteran atau menggunakan burung master yang gacor, yang digantang tidak jauh dari sangkarnya.
  • Setelah berumur 5 – 6 bulan, anis kembang mulai mengalami pergantian bulu atau mabung, yaitu bergantinya bulu trotolan menjadi bulu remaja. Pada saat itu pula, Anda bisa memberi pakan buah-buahan yang bervariasi secara rutin setiap harinya.

Nah itulah Cara Perawatan Burung Anis Kembang Anakan Hingga Dewasa yang dapat anda terapkan pada burung peliharaan kesayangan anda. semoga anda sukses dalam menerapkan perawatan untuk burung anis kembang. salam kicau mania.