Cara Merawat dan Melatih Anakan Burung Jalak

Cherewed.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Cara Merawat dan Melatih Anakan Burung Jalak, pada artikel sebelumnya admin sudah membahas mengenai pakan burung jalak supaya rajin berbunyi atau gacor. burung jalak dari keluarga sturnidae memiliki kemampuan meniru beragam suara burung kicau dengan sangat persis. dan juga apabila burung yang satu ini dilatih dari anakan,burung nantinya bisa menirukan suara manusia dengan pasih.

Keluarga burung jalak merupakan sekelompok burung kicau dari keluarga sturnidae. pada umumnya spesies burung ini dari keluarga yang memiliki postur tubuh sedang dengan panjang tubuh sekitar 20-25 cm. burung jalak memiliki beberapa ciri khusus, antara lain paruh yang kuat dan kedua kakinya panjang.

Untuk mendapatkan burung jalak yang memiliki suara kicauan bervariasi dan rajin berbunyi kita harus bisa memberikan perawatan dengan baik dan tepat. dan program latihan harus dimulai dari burung masih anakan. pemberian pakan yang tepat dan memberikannya pelatihan akan menjadikan burung tersebut memiliki suara-suara kicau yang bervariasi dan merdu.

Dan bagi anda yang ingin burung peliharaanya memiliki suara bervariasi dan rajin berbunyi, silahkan simak Cara Merawat dan Melatih Anakan Burung Jalak yang akan admin paparkan di artikel ini.

Cara Merawat dan Melatih Anakan Burung Jalak

1. Cara menyimpan anakan burung jalak

Burung jalak yang sudah berumur lebih dari 1 bulan dapat disimpan dalam sangkar hariannya. Untuk mencegah kaki-kakinya tersangkut pada jeruji sangkar, dianjurkan untuk menggunakan alas karpet di bagian bawah sangkarnya. Untuk menjaga kondisinya terutama ketika suhu terasa dingin, Anda bisa memasang lampu bohlam di atas sangkarnya.

2. Berikan pakan yang sesuai

BACA JUGA :  4 Cara Tepat Merawat Burung Sikatan Jawa Agar Selalu Gacor Setiap Hari

Kebutuhan pakan untuk anakan jalak tentu berbeda dari burung dewasa. Anakan jalak membutuhkan pakan yang masih lembut, serta mengandung protein tinggi untuk mendukung masa tumbuh-kembangnya. Pakan khusus anakan jalak hingga kini masih jarang dijumpai di pasar. Para pedagang biasanya menganjurkan pemberian voer yang dicampur air sebagai bahan lolohan.

Beberapa orang membuat sendiri pakan racikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anakan jalak. Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut :

  • 1 buah pisang yang telah dikupas kulitnya.
  • 1 sachet bubur bayi.
  • 1 buah biskuit untuk bayi.
  • 1 sendok teh madu.

Cara membuatnya cukup mudah. Semua bahan dicampurkan dalam satu wadah, kemudian diaduk hingga merata. Tambahkan sedikit air hingga terbentuk adonan yang mudah dicerna anakan jalak. Kini pakan siap diberikan kepada anakan jalak. Untuk menambah asupan protein hewaninya, berikan potongan tubuh jangkrik setiap kali memberi makan mereka. Nantinya, setelah anakan jalak sudah bisa makan sendiri, Anda bisa menawarkan voer halus / kasar sebagai pengganti pakan racikan tersebut.

3. Melatih dengan suara-suara masteran

Bagian terpenting dalam perawatan anakan jalak adalah melatihnya dengan suara-suara masterannya. Dari latihan rutin tersebut, Anda bisa mengarahkan burung pada karakter suara yang diinginkan, misalnya anakan jalak kerbau dilatih agar memiliki karakter suara seperti jalak suren, atau didesain agar bisa meniru suara manusia.

Demikianlah artikel mengenai Cara Merawat dan Melatih Anakan Burung Jalak yang dapat admin sampaikan. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi para kicau yang belumtahu cara cara tersebut.