Cara Merawat Burung Branjangan Supaya Rajin Bunyi dan Cepat Ngeplong

Cherewed.com – Setelah kemarin admin sudah memberikan tips dan cara memandikan burung branjangan dikesempatan kali ini admin juga akan memberikan informasi mengenai Cara Merawat Burung Branjangan Supaya Rajin Bunyi dan Cepat Ngeplong. banyak para kicau mania yang mengaku kesulitan untuk merawat burung branjangan ini hingga rajin berkicau dan juga bersuara ngeplong. pada umumnya permasalahan ini dialami oleh para pemula yang baru terjun untuk memelihara burung tersebut. maka tidaklah heran mereka belum paham bagaimana cara merawat burung tersebut secara benar.

Burung branjangan merupakan salah satu spesies anggota keluarga Alaudidae. Jenis Burung ini memiliki suara kicauan yang nyaring dan bervariasi. Meski begitu, tidak sedikit para kicau mania yang kesulitan dalam perawatan burung branjangan. apalagi menjadikannya rajin bunyi dengan suara kicauan yang lantang.

Ada beberapa faktor penyebab burung branjangan malas berbunyi. Dan Penyebab paling dominan adalah pola perawaan yang tidak sesuai, termasuk pemberian pakan. Dan Berikut ini beberapa penyebab burung branjangan Malas Untuk bunyi :

  • Burung masih muda.
  • Burung bakalan / baru ditangkap dari hutan, sehingga masih memiliki tingkat stres cukup tinggi.
  • Burung sedang tidak fit atau sakit.
  • Burung terinfeksi oleh kutu.
  • Burung tidak mendapat pakan yang sesuai.
  • Burung jarang dimandikan maupun dijemur.

Bagaimana cara merawat burung branjangan agar rajin bunyi dan cepat ngeplong? Sebenarnya cukup mudah. Tetapi sebelum menerapkan pola perawatan secara tepat, ada baiknya Anda penuhi dulu beberapa persyaratan berikut ini :

  • Burung dalam kondisi sehat dan tidak memiliki cacat tubuh.
  • Burung sudah beradaptasi sepenuhnya dengan sangkar dan lingkungan barunya.
  • Burung sudah dalam kondisi jinak dan tidak takut lagi terhadap manusia.
  • Burung mau makan secara rakus.
  • Burung sudah rajin mengeluarkan suara panggilan.
BACA JUGA :  Ciri Ciri Fisik Dan Mengenal Dekat Jenis Burung Gelatik Putih Paling Lengkap

Jika syarat-syarat tersebut dijumpai pada branjangan milik Anda, maka tahap selanjutnya adalah merawatnya secara tepat agar burung makin rajin berbunyi dan cepat bersuara ngeplong.

Pola Perawatan Yang Bisa Diterapkan :

Berikan pakan bijian secara bervariasi

Hal pertama yang mesti diperhatikan mengenai cara merawat burung branjangan agar rajin bunyi dan cepat ngeplong adalah memberikan beberapa jenis pakan bervariasi setiap harinya. Jenis pakan yang bisa diberikan :

  • Menggantung seikat padi merah dalam sangkarnya. Jika sulit mendapatkan padi merah, bisa juga menggunakan padi biasa atau padi putih.
  • Memberikan racikan pakan bijian dengan komposisi sebagai berikut: milet putih, beras merah, jewawut, ketan hitam, godem, dan gabah. Campuran bijian tersebut dipercaya mampu membuat branjangan makin aktif dan rajin berbunyi.

Jenis serangga yang bagus untuk branjangan

Selain pakan utama biji-bijian, burung branjangan juga perlu mendapatkan pakan tambahan dari jenis serangga. Hal ini bisa memancing burung agar lebih rajin bunyi. Berikut ini beberapa jenis serangga yang bagus untuk branjangan :

1. Jangkrik
2. Kroto
3. Anai-anai / laron
3. Belalang hijau
4. Semut madu
5. Ulat kandang / ulat hongkong

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Merawat Burung Branjangan Supaya Rajin Bunyi dan Cepat Ngeplong, semoga situs xherewed.com selalu memberikan manfaat untuk para penghoby burung di indonesia.