Cara Merawat Burung Anis Kembang Saat Musim Hujan

Cherewed.com – Masih membahas informasi mengenai burung anis kembang, dan informasi kali ini akan membahas mengenai cara merawat burung anis kembang pada saat musim hujan. banyak para kicau mania yang memelihara burung anis kembang mengeluh sulitnya merawat burung ini pada saat musim hujan. karena cuaca tersebut terkadang berdampak negatif yaitu banyak burung anis kembang peliharaan malas untuk berkicau. hal ini diakibatkan karena perubahan cuaca menjadi lebih dingin.

Dan disinilah admin akan memberikan solusi yang bisa diterapkan untuk perawatan burung anis kembang anda dirumah. Kunci utama dalam perawatan burung anis kembang pada musim hujan, ataupun untuk daerah-daerah berhawa sejuk seperti bogor misalnya, terletak pada pemberian pakan tambahan atau extra fooding. Karena dari sinilah burung anis kembang akan memperoleh rasa hangat pada tubuhnya.

Dalam hal ini, perubahan dalam porsi pemberian EF bisa diberlakukan, tanpa harus mengubah setelan harian lainnya yang biasa diterapkan pada anis kembang. dan bagi anda yang masih bingung untuk melakukan perawatan burung anis kembang pada musim hujan, berikut ini tips yang bisa anda gunakan untuk merawat burung peliharaan anda :

  • Porsi jangkrik setiap pagi 3 ekor, dan sore juga 3 ekor.
  • Porsi cacing juga 3/3. Sebelum diberikan, cacing dicuci dalam air bersih, untuk menghilangkan lendirnya.
  • Berikan kroto segar sebanyak 1 sendok teh, hanya pada pagi hari.
  • Berikan ulat hongkong yang berwarna putih, sebanyak 2-3 ekor, setiap malam.
  • Pemberian buah-buahan segar tetap diberikan setiap hari.

Beberapa pemilik anis kembang yang tinggal di daerah dingin biasanya membuat perlakuan khusus terhadap beberapa pakan serangga sebelum diberikan kepada burungnya. Berikut ini rangkuman perlakuan mereka :

  • Jangkrik yang diberikan kepada anis kembang sebelumnya diberi pakan berupa wortel, jahe, dan kunyit.
  • Ulat hongkong yang diberikan harus berwarna putih atau sedang berganti kulit.
BACA JUGA :  Jenis Mineral Tambahan Dan Vitamin Burung Lovebird Yang Sesuai

Tips Perawatan yang sudah admin sampaikan diatas bisa diterapkan pada musim hujan ataupun di daerah yang memiliki udara sejuk. khusus burung anis kembang yang dirawat di daerah yang memiliki udara sejuk dan dingin, biasaynya diperlukan perawatan tambahan pada malam hari.udara yang sangat dingin pasti akan membuat burung tidak nyaman, bahkan dapat memicu mabung yang lebih cepat daripada siklus normalnya.

Perawatan tambahan pada malam hari yang perlu dilakukan adalah memasang lampu bohlam 10 Watt di atas sangkar burung yang digantung. Selain bohlam, Anda juga bisa menggunakan lampu UV untuk menghangatkan tubuh burung pada malam hari. Pemasangan lampu tersebut juga bisa diterapkan di daerah mana pun ketika hujan turun sejak sore hingga malam. dan apabila besok paginya cucaca cerah jemurlah brurung tersebut supata mendapatkan kehangatan.

Itulah yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Merawat Burung Anis Kembang Saat Musim Hujan. semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda semuanya. salam kicau mania.