Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi Setelah Ganti Bulu Dewasa

Cherewed.com – Pada artikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai Cara Meracik Makanan Burung Cendet Supaya Cepat Gacor, dan pada kesempatan ini admin juga akan membahas informasi mengenai Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi Setelah Ganti Bulu Dewasa. anda tentunya tahu dengan jenis burung yang satu ini, burung cendet merupakansalah satu jenis burung kicau yang paling populer di kalangan para kicau mania di indonesia.

Burung cendet ini memiliki suara yang merdu maka tidaklah heran banyak yang memelihara burung tersebut. Burung cendet yang dipelihara sejak trotolan harus selalu dilatih dengan suara masterannya agar setelah dewasa bisa memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi. Namun tidak sedikit para kicau mania yang mengeluh penampilan burung peliharaanya mogok bunyi setelah berganti bulu dewasa.

Burung Cendet trotolan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga mudah tertarik dengan suara-suara yang didengarnya. Karena itu, burung perlu mendapat pemasteran, agar nantinya punya suara kicauan yang unik, lantang, dan bervariasi. Pemasteran burung cendet trotolan umumnya dilakukan dengan menggunakan suara-suara yang berasal dari burung masteran, pemutar mp3 dan lain sebagainya.

Apabila burung cendet ini rajin dimaster sejak usia dini, maka burung tersebut akan mengeluarkan suara ngeriwiknya, dan sesekali ngeplong. Namun, setelah berganti bulu dewasa, terkadang cendet tersebut jarang lagi mau berbunyi, bahkan macet bunyi.

Dan berikut ini akan admin sampaikan cara Mengatasi cendet macet bunyi setelah berganti bulu dewasa,

Cendet yang macet bunyi setelah berganti bulu dewasa biasanya disebabkan beberapa hal, misalnya stres dan kurang kondisi. Solusinya, lakukan beberapa aktivitas sebagai berikut :

  • Lakukan pengembunan secara rutin setiap pagi.
  • Setelah tertbit matahari, berikan 2-3 ekor jangkrik.
  • Tidak lama kemudian, mandikan burung dengan cara disemprot, atau menggunakan karamba mandi.
  • Ketika burung sedang dianginkan untuk pengeringan bulu-bulunya, berikan voer halus yang berkualitas, lantas campurkan dengan 1 sendok makan kroto (bersih-segar). Setelah itu diaduk-aduk hingga merata.
  • Tambahkan multivitamin BirdVit ke dalam cepuk air minumnya. BirdVit mengandung zat yang bisa membantu menenangkan burung stres dan kurang kondisi. sehingga cepat pulih dan rajin berbunyi.
  • Setelah itu, lakukan penjemuran sekitar 2 jam, tapi jangan melebihi pukul 10.00.
  • Selama penjemuran, cepuk air minum yang sudah dicampur multivitamin bisa diganti dengan cepuk lain yang berisi air putih biasa. Hal ini untuk menjaga agar multivitamin tidak mudah rusak ketika terkena sinar matahari.
  • Siang hingga sore harinya, burung disimpan di tempat teduh, lalu berikan pakan tambahan berupa jangkrik (3-4 ekor) dan ulat hongkong (5 ekor).
  • Jangan lupa memasukkan kembali cepuk air minum yang sudah diberikan BirdVit.
  • Sore harinya, cendet dipancing bunyi dengan memutarkan suara terapi yang bisa didapatkan di sini.
  • Jika diperlukan, pada malam harinya, burung diberi terapi mandi malam.
BACA JUGA :  12 Tips Dan Cara Akurat Membedakan Ciri Fisik Burung Anis Merah Jantan Dan Betina Paling Lengkap

Nah itulah tips atau cara Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi Setelah Ganti Bulu Dewasa, semoga informasi yang admin sampaikan diatas bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah yang sama seperti diatas.