Cara Membuat Resep Egg Food Untuk Ternak Burung Goldfinch

Cherewed.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai burung goldfinch, burung ini memiliki kombinasi warna bulu yang menarik dan juga memiliki suara yang sangat merdu. maka tidaklah heran burung goldfinch ini menjadi salah satu burung paling populer di indonesia. bamyak para penggemar burung kicau mania yang ingin menangkar burung tersebut. karena memang prospeknya sangat cerah.

Penampilan burung goldfinch memang sangat menarik perhatian. Tubuhnya dibalut bulu-bulu dengan kombinasi warna cantik seperti putih, cokelat, kuning, merah, dan hitam. karena ke cantikannya, burung goldfinch banyak dipelihara untuk dibudidayakan/ternak, dan juga disilangkan dengan spesies burung finch lainnya. Hasil silangan goldfinch dengan burung finch lainnya itu menghasilkan goldfinch hibrida atau lebih popular dengan istilah mule.

Burung ini memiliki sifat sangat agresif, terutama pada berkembang biak. Maka dari itulah, kalau mau beternak burung goldfinch sebaiknya burung ditempatkan dalam kandang soliter. Jangan menggunakan kandang koloni, apalagi disatukan dengan pasangan jenis finch lainnya. supaya proses ternak burung goldfinch berjalan dengan lancar, kandang sebaiknya diletakan ditempat yang benar-benar tenang dan jauh dari keramaian. Pastikan pasangan burung tersebut bisa mendapatkan semua kebutuhan pakannya, termasuk vitamin.

Kebutuhan pakan yang disediakan adalah bij-bijian, buah, dan sayuran yang umum dikonsumsi burung finch. Adapun multivitamin yang dianjurkan antara lain BirdVit yang telah dilarutkan dalam air minumnya.

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, induk goldfinch perlu diberi pakan tambahan berupa egg food. Egg food adalah pakan olahan atau racikan yang terdiri atas berbagai bahan berkualitas, sehingga bisa mempercepat proses penjodohan, bertelur, dan bagus pula saat induk sedang merawat anak-anaknya.

Bahan baku egg food untuk ternak burung goldfinch

  • 2 – 3 butir telur rebus.
  • 3 sendok makan tepung sereal.
  • Tepung kalsium dari gerusan tulang sotong.
  • 1 sendok teh minyak zaitun.
  • 1 buah apel yang telah dikupas kulit dan dibuang bijinya
  • 1 sendok makan tepung serangga seperti tepung ulat hongkong / tepung jangkrik.
BACA JUGA :  5 Cara Dan Tips Akuat Merawat Burung Perkutut Lokal Supaya Cepat Gacor Paling Lengkap

Cara membuat egg food untuk ternak burung goldfinch

  • Telur rebus diaduk dalam satu wadah.
  • Masukan sereal, tepung tulang sotong, minyak zaitun, dan tepung ulat hongkong / jangkrik ke dalam wadah berisi telur tersebut. Selanjutnya, diaduk dengan bantuan sendok / garpu sampai tercampur merata.
  • Buah apel diparut terlebih dulu. Hasil parutannya dicampur ke dalam wadah berisi adonan, dan diaduk kembali sampai semua bahan tercampur merata.
  • Sebagai tambahan, Anda bisa memasukkan BirdMineral ke dalam adonan tersebut, sebelum diberikan kepada burung. BirdMineral mengandung multimineral penting yang dibutuhkan indukan selama berkembang biak.

Itulah Tips atau cara membuat egg food untuk ternak burung goldfinch yang dapat admin sampaikan kepada anda. anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai perawtan berbagai burung kicau di situs cherewed.com.