Cara Memandikan Burung Branjangan

Cherewed.com – Siapa yang tidak tahu dengan burung yang satu ini, burung beranjangan, Burung ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki tubuh kecil dan mungil selain burung pleci dari keluarga Alaudidae dan Genus Mirafra. Burung ini menjadi salah satu burung yang juga banyak dipelihara oleh para peternak burung di Indonesia.

Burung ini memiliki nama ilmiah Mirafra Javanica dan Horsfield’s Bushlark dalam bahasa inggrisnya, termasuk burung yang mudah menirukan suara burung lain di sekitarnya. Branjangan termasuk burung yang aktif karena dapat berbunyi meski dalam keadaan terbang. dan burung ini dapat kita jumpai di Australia dan di beberapa negara Asia Tenggara. Burung Branjangan banyak ditemukan di negara-negara seperti Papua Nugini, Vietnam, dan Australia termasuk di daratan afrika.

Hal yang paling banyak ditanyakan dalam perawatan burung branjangan kepada kami yaitu dari segi cara memandikannya yang baik. karena memang mandi merupakan salah satu bentuk perawatan penting bagi burung kicauan. Selain membersihkan bulu dan kulit tubuh dari kotoran, kutu, dan tungau, mandi bagi berbagai jenis burung kicauan juga bisa meningkatkan kepercayaan diri sehingga rajin berkicau.

Hal ini juga berlaku bagi burung branjangan. Berbeda dari jenis burung lainnya, burung branjangan pada umumnya dirawat dengan menggunakan sangkar berukuran tinggi. Sangkar model ini diperlukan karena branjangan memiliki gaya hoovering, yakni berkicau sambil melayang naik-turun. Ciri khas lainnya adalah bagian dasar sangkar dipenuhi pasir.

Dasar sangkar yang penuh pasir membuat beberapa kicaumania enggan memandikan burung branjangan dengan cara disemprot. Sebab pasir akan basah dan membuat sangkar mudah lembah sehingga rentan terserang jamur dan bakteri. Jika memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar, burung biasanya tidak mau. Sebab branjangan dikenal lebih suka mandi debu / pasir, meski di habitat aslinya juga kerap mandi pada pagi hari dengan menggunakan air embun yang menempel di rerumputan.

BACA JUGA :  Penyebab Telur Lovebird Gagal Menetas

Cara yang umum dilakukan oleh para penghoby burung branjangan adalah memandikan burung sambil dipegang. Cara ini memang berisiko, karena burung bisa terlepas, namun dampak positifnya cukup bagus. Memandikan branjangan sambil dipegang sebenarnya meniru kebiasaan para penggemar perkutut.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat ketika kita memandikan branjangan dengan cara dipegang, antara lain :

  • Burung lebih cepat jinak, karena ada interaksi langsung dengan pemiliknya.
  • Kebersihan bulu lebih terjaga jika dibandingkan mandi pasir/debu.
  • Burung bisa dimandikan dengan berbagai metode, seperti menggunakan air rebusan daun sirih, ramuan herbal, dimandikan dengan FreshAves, dan sebagainya.
  • Membantu meningkatkan mental burung sehingga lebih berani dan mau berbunyi di mana saja berada.

Cara memandikan burung branjangan sambil dipegang bisa dilakukan dengan cara disemprot menggunakan sprayer, atau bisa juga dicelupkan ke dalam wadah berisi air. Ini dia detail pelaksanaannya :

Pegang semprot

  • Keluarkan branjangan dari sangkarnya dengan cara dipegang.
  • Cara memegang yang benar adalah tidak terlalu longgar, agar burung tidak mudah lepas. Tapi juga tidak terlalu kencang, agar tidak menyakitinya.
  • Semprotkan sprayer pada sebagian tubuhnya, dan hindari menyemprot bagian kepala dan wajahnya.
  • Setelah bulu-bulunya basah oleh air, Anda bisa mengusap-usap bulu tersebut secara perlahan agar air tersebar merata di seluruh tubuh branjangan.
  • Setelah beberapa menit, branjangan kembali dimasukkan ke dalam sangkar untuk dijemur.

Pegang celup

  • Setelah branjangan dikeluarkan dari sangkar, celupkan sebagian tubuhnya (ekor hingga dada) ke dalam wadah / baskom berisi air.
  • Setelah itu, usapkan secara perlahan agar air tersebar merata di seluruh tubuhnya.
  • Setelah beberapa menit, burung kembali dimasukkan ke dalam sangkar untuk dijemur.
  • Selain memandikan branjangan dengan cara dipegang, burung yang sudah jinak dapat dilatih mandi dalam karamba.
BACA JUGA :  Rahasia Burung-Burung Yang Juara Lomba

Kami ucapkan terimakasih kepada anda yang sudah berkunjung ke situs cherewed.com dan membaca artikel mengenai Cara Memandikan Burung Branjangan, semoga bermanfaat dan salam satu hobby kicau mania.