Cara Melatih Burung Jalak Kerbau Agar Jadi Penurut

Cherewed.com – Jalak kerbau merupakan salah satu jenis burung jalak dari keluarga sturnidae genus acridotheres dengan nama ilmiahnya Acridotheres Javanicus. Burung jalak ini selain nama tersebut juga dikenal sebagai jalak kerbau, jalak hitam, jalak ungu, dan jalak.

Burung Jalak kerbau menyebar luas di Asia Timur, Asia Tenggara dan Kepulauan Indonesia bagian barat. Bagi kalangan pecinta burung kicau, burung jalak kebo kurang mendapat perhatian khusus, Burung ini hanya dijadikan sebagai burung masteran karena variasi suara serta lengkingannya yang tajam.

Burung dari keluarga jalak-jalakan, seperti jalak suren dan jalak kerbau, mempunyai tingkat kecerdasan yang tidak kalah dari burung paruh bengkok. Bahkan ada beberapa jenis burung jalak yang bisa menirukan suara manusia.

Untuk Melatih burung jalak kerbau supaya menjadi burung yang penurut sebenarnya cukup mudah. Kuncinya adalah dengan melatihnya secara rutin dan penuh kesabaran. Karena Pelatihan secara rutin akan membuat burung jalak kerbau mampu mengenali materi yang diajarkan kepadanya, termasuk keluar-masuk sangkar, menghampiri pemiliknya saat mengeluarkan suara-suara tertentu, atau mengikuti pemiliknya kemanapun pergi.

Sebelum melakukan pelatihan, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut itu :

  • Kondisi burung sehat atau tidak sedang dalam keadaan sakit.
  • Sebaiknya pilih jalak kerbau yang masih muda. Kalaupun sudah dewasa atau tua, setidaknya burung dalam kondisi jinak atau tidak liar/giras.
  • Lingkungan tempat latihan sebaiknya bebas dari lalu-lalang binatang liar seperti kucing, kendaraan bermotor, serta aktivitas manusia. Selain itu tidak terdapat banyak pepohonan rindang di sekitarnya.
  • Tidak melakukan aktivitas pelatihan di luar ruangan pada siang hari yang terik, karena burung rentan stres dan tidak akan berkonsentrasi pada latihannya.
  • Hindari pula melatih burung pada sore menjelang matahari terbenam, karena burung mudah kehilangan kontrol dan berakibat berkurangnya indera penglihatan mereka.
BACA JUGA :  Solusi Dan Cara Melakukan Proses Pengumbaran Burung Kacer Yang Benar

Hal penting sebelum mulai melakukan pelatihan :

  • Sebelum memulai pelatihan, burung sebaiknya cukup diberi makanan sekali, yang diberikan pada pagi hari.
  • Selanjutnya, pakannya diangkat selama 3 – 4 jam sebelum burung menjalani pelatihan.
  • Kondisi lapar akan mempermudah burung menuruti apapun yang kita instruksikan kepadanya.

Cara Melatih Burung Jalak Kerbau Agar Jadi Penurut

Tahap I: Perkenalan

Pada tahap pertama, burung jalak kerbau dilatih agar terbiasa berada di luar sangkar. Untuk itu, Anda bisa melatih burung di dalam kamar / ruangan tertutup. Taruh sangkar burung di lantai, kemudian buka pintunya secara perlahan. Biarkan burung mengeksplorasi ruangan. Setelah itu, coba panggil burung dengan siulan sambil menunjukkan pakan berupa ulat hongkong atau voer yang ditebarkan sedikit di tangan. Lakukan terus-menerus sampai burung mau menghampiri pakan. Sebab dalam kondisi lapar, burung akan segera menghampiri pakannya. Lakukan hal tersebut selama beberapa hari, sampai burung benar-benar mau mengambil pakannya langsung dari tangan Anda, setelah diperintahkan dengan siulan atau kata-kata.

Tahap II: Melatih burung masuk sangkar

Dengan masih menggunakan ruangan / kamar tertutup, cobalah biasakan burung untuk masuk sangkarnya saat disuruh. Misalnya dengan bersiul atau melalui kata-kata. Hal tersebut nantinya bisa memudahkan kita saat membawa burung di tempat terbuka.

Untuk melatih jalak kerbau agar mau masuk sangkar, Anda bisa memanggilnya sambil jongkok di belakang sangkarnya, dengan posisi pintu sangkar mengarah ke burung tersebut. Mainkan pakan kesukaannya seperi ulat hongkong atau jangkrik dari belakang sangkar, dengan tetap menggunakan siulan atau panggilan sampai jalak mau masuk ke sangkar dan mengambil pakannya dari balik jeruji. Lakukan hal ini terus-menerus, sampai burung mau masuk sangkar saat dipanggil dengan kata-kata atau siulan, meski tanpa menggunakan pakan untuk memancingnya masuk.

BACA JUGA :  Tips Perawatan Burung Ciblek Gunung Untuk Masteran

Tahap III: Melatih di luar ruangan

Melatih jalak kerbau di luar ruangan memerlukan keberanian dari pemiliknya. Pasalnya, tidak sedikit penggemar yang enggan melatih dengan cara seperti itu, lantaran takut burungnya akan terbang jauh alias kabur tak kembali lagi. Jika sebelumnya kita telah memberikan pelatihan dasar kepada jalak kerbau, dan sudah terlihat hasilnya, seharusnya tidak perlu khawatir burung akan lepas atau terbang jauh.

Kalaupun Anda tetap khawatir burung akan terlepas, maka cara lain yang bisa dilakukan sebagai pencegahan, yaitu :

  • Mengikat kaki burung dengan tali / benang nilon (benang pancing). Panjang benang dapat disesuaikan.
  • Nantinya jika burung sudah terlatih di luar ruangan, Anda bisa melepas tali yang mengikat kakinya.
  • Cara seperti ini umum dilakukan ketika melatih burung-burung seperti elang, nuri, serta burung hantu di luar ruangan.

Ingat, sebelum melatih jalak kerbau, sebaiknya burung dalam kondisi lapar. Taruhlah sangkar di atas tanah / rumput, lalu buka pintunya, dan biarkan burung keluar dari sangkar. Setelah itu, cobalah Anda berdiri dalam jarak cukup jauh, misalnya 2-3 meter dari burung, lalu panggil burung sambil menunjukkan pakan berupa ulat hongkong, jangkrik, atau voer.

Jika burung menghampiri, tahap berikutnya adalah mulai memberi jarak lebih jauh lagi, misal 5 – 10 meter, atau tergantung jarak tali nilon yang diikat pada kakinya. Lakukan hal ini terus-menerus, sampai jalak kerbau mau menghampiri saat Anda mengangkat tangan sambil memanggilnya.

Demikianlah Tips atau Cara Melatih Burung Jalak Kerbau Agar Jadi Penurut yang dapat admin sampaikan kepada anda, anda juga dapat membaca artikel lainya mengenai tips berbagai burung peliharaan di situs cherewed.com.