Tips Merawat dan Melatih Mental Burung Ciblek Dada Putih

Cherewed.com – Kali ini admin akan membahas mengenai burung ciblek dada putih atau yang biasa disebut dengan Daput. Tidak sedikit orang yang memlihara burung yang satu ini, karena selain burung ini selalu di pakai masteran ciblek dada putih juga dipelihara oleh para kicau mania untuk dilombakan. burung ciblek yang satu ini dianggap memiliki mental yang lebih baik dibandingkan dengan burung ciblek dada kuning.

Namun, sebaik apapun atau sebanyak apapun kelebihan dari burung peliharaan, tanpa perawatan yang baik dan tepat jenis burung ciblek apapun tidak akan mampu bekerja maksimal. Burung ciblek terdiri dari beberapa jenis. dan dua diantaranya paling dikenal oleh para kicau mania yaitu burung ciblek dada putih dan ciblek dada kuning. kedua burung tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dan burung ciblek yang paling dicari olrh para kicau mania di berbagai daerah yaitu burung ciblek putih, jenis burung ini memiliki mental bertarung yang lebih baik dibanding ciblek dada kuning. burung ciblek dada putih juga digemari karena memiliki suara yang lebih lantang. dan karena hal tersebut pasaran harga burung ciblek dada putih lebih tinggi dari burung ciblek jenis lainnya.

Burung Ciblek dada putih memiliki sifat lincah, atraktif dan tidak mau diam. Bahkan burung yang sudah jadi pun akan terus berkicau sepanjang hari dengan suara-suara tembakannya yang lantang dan khas.

Untuk menjaga kondisinya, maka perawatan yang baik dan tepat harus diterapkan kepada burung tersebut. dan berikut ini admin sampaikan beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi ciblek agar tetap aktif dan rajin berbunyi.

Burung harus mendapat sinar matahari pagi

BACA JUGA :  Tips Menjaga Kondisi Burung Kacer Agar Tetap Stabil

Sinar matahari pagi mempunyai banyak manfaat untuk semua makhluk hidup, Ciblek yang rutin dijemur setiap pagi, apalagi diawali dengan pengembunan, akan memiliki kondisi fisik dan mental yang lebih baik daripada sebelumnya. Selain membuat penampilannya lebih kinclong, karena bulu-bulunya lebih kuat dan mengkilap, penjemuran rutin di pagi hari akan membuat burung menjadi lebih rajin berbunyi.

Rutin mandi

Sebagian kicaumania beranggapan, memandikan ciblek dada putih tak perlu dilakukan setiap hari. Mereka meyakini bahwa mandi yang terlalu sering akan membuat penampilan ciblek dada putih makin menurun. Tidak heran apabila ada yang memandikan ciblek kesayangannya hanya 2-3 kali seminggu. Sebenarnya hal tersebut tergantung dari kondisi dan karakter burung. Ciblek dada putih yang sudah terbiasa mandi rutin setiap hari, apalagi sejak masih trotolan, tentu tak akan terganggu penampilannya. Bahkan tak sedikit ciblek dada putih yang baru “panas” setelah terlebih dulu disemprot dengan sedikit air.

Pemberian pakan yang memiliki nutrisi tinggi

Burung yang aktif dan lincah membutuhkan asupan pakan bernutrisi tinggi. Pemberian pakan sebaiknya tidak bergantung pada merek-merek tertentu saja, namun perlu juga dipertimbangkan untuk membuat sendiri pakan racikan. Selain pakan utama, pakan tambahan / extra fooding (EF) juga wajib diberikan setiap hari, agar kebutuhan gizinya serasi dan seimbang.

Posisi gantangan menentukan mental burung

Ketika akan menggantangkan sangkar yang berisi burung ciblek dada putih, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Lokasi gantangan sebaiknya tidak terlalu rendah, tapi tidak terlalu tinggi. Posisi yang ideal adalah berada tidak jauh dari kepala kita, dan masih bisa dijangkau tangan pemilik atau perawatnya.
  • Sangkar digantang di tempat aman dan jauh dari jangkauan binatang liar seperti tikus, kucing, musang, bahkan ayam.
  • Jangan menggantang dua atau lebih burung sejenis secara berdekatan / berdampingan. Soalnya ciblek adalah burung teritorial. Jika terlalu sering mendengar atau melihat burung sejenis, penampilan burung di lapangan menjadi tidak maksimal.
  • Jauhkan ciblek dari keberadaan burung teritorial lain seperti tledekan, murai batu, dan kacer, karena ketiga burung tersebut memiliki sifat sangat agresif jika melihat burung lain berada terlalu dekat dengan sangkarnya.
  • Jauhkan ciblek dari cendet dan srigunting, karena keduanya dikenal sebagai predator yang sering memangsa burung berukuran kecil di alam liar.
BACA JUGA :  Beberapa Tips Perawatan Kacer Dorong Ekor Paling Lengkap Dan Akurat

Pemasteran mendukung kegacoran

Pemasteran dengan suara-suara yang sesuai bisa mendukung kegacoran ciblek dada putih. Apalagi burung ini punya suara tembakan yang disebut ngebren. Agar burung rajin mengeluarkan suara tembakannya itu, pemasteran harus rutin dilakukan dengan menggunakan suara-suara yang sesuai dengan karaktenya.