Tips Melatih Mental Burung Ciblek Gunung Untuk Masteran dan Lomba

Cherewed.com – Bagi para kicau mania yang memiliki burung ciblek gunung atau yang sering disebut cigun tentunya ingin supaya burung cigun yang anda pelihara memiliki mental petarung atau bersuara gacor. Pada dasarnya memang burung yang satu ini memiliki suara seperti tembakan atau yang dikenal dengan sebutan ngebren. Namun untuk membuat burung ciblek gunung ini lebih rajin berbunyi kapan dan dimanapun tentunya kita harus melatih mental burung tersebut.

Karena suara burung ciblek gunung ini yang khas maka banyak para kicau mania yang menggunakan burung tersebut sebagai masteran burung lain dan juga tidak sedikit orang yang mengikut sertakan burung cikgun ke arena lomba burung kicau. dan disini admin akan memberikan sebuah cara atau tips untuk Mental Burung Ciblek Gunung Untuk Masteran dan Lomba.

Jika kita ingin burung peliaraan kita cigun rajin berbunyi atau gacor, maka kita harus memberikan perawtan yang lebih baik dan tepat kepada burung tersebut. dan juga selalu menyempatkan waktu untuk melatih burung tersebut dimanapun dan kapanpun, dengan cara seperti berikut tentunya burung akan siap saat akan dilombakan ataupun dijadikan masteran.

Dan berikut ini akan admin sampaikan beberapa tips untuk melatih mental burung cigun supaya semakin gacor, baik untuk lomba maupun masteran. dan tips yang akan admin sampaikan diambil dari berbagai sumber dan pengalaman para kicau mania yang memelihara burung ciblek gunung.

Tips Melatih Mental Burung Ciblek Gunung Untuk Masteran dan Lomba

Siapkan burung yang akan dilatih

Sipakanlah burung cigun yang sudah memiliki umur mendekati dewasa, karena masa pelatihan akan memakan waktu yang cukup panjang, sehingga setelah pelatihan burung sudah berumur dewasa dan dan burung tersebutr akan lebih cepat gacor.

BACA JUGA :  Mengetahiu Jenis Burung Kacer Tretes Paling Lengkap

Pengembunan rutin

Pengembunan secara rutin sangat membantu meningkatkan stamina burung, sekaligus bisa merangsang burung agar lebih rajin berkicau. Namun perlu diperhatikan pula faktor cuaca saat melakukan pengembunan.

Kenyangkan burung dengan pakan tambahan

Pakan tambahan  (EF) untuk burung ciblek umumnya terdiri atas beberapa jenis serangga  seperti jangkrik kecil, ulat hongkong, ulat kandang, dan kroto. Setiap harinya, pakan tambahan wajib diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, serta untuk menjaga kondisi agar burung selalu fit. Biasanya burung Ciblek yang sudah kenyang dengan pakan tambahan akan lebih mudah terpancing untuk rajin berbunyi.

Melatih fisik dan nafas

Untuk Melatih fisik dan nafas burung cigun bisa dilakukan dengan menempatkannya dalam kandang umbaran. Pengumbaran biasanya dilakukan setelah burung dimandikan, atau ketika akan dijemur. Lakukan pelatihan itu dengan durasi 2-3 jam, atau disesuaikan waktunya setiap beberapa hari sekali.

Dilatih dengan burung lainnya

Supaya mentalnya cepat terbentuk dan supaya siap dilombakan, burung dapat digantang dekat dengan beberapa ekor burung sejenis yang masih bakalan. Penggunaan burung bakalan diharapkan bisa membangun mentalnya lebih cepat.

Untuk membentuk mentalnya dan menjadikannya lebih siap lomba, burung dapat digantang dekat dengan beberapa ekor burung sejenis yang masih bakalan. Penggunaan burung bakalan diharapkan bisa membangun mentalnya lebih cepat. Penggemblengan mental ini bisa dilakukan di halaman rumah atau di dalam ruangan.

Melatih burung di keramaian

Sebelum anda membawa burung cigun untuk dilombakan, alangkah baiknya burung tersebut dilatih dahulu di suasana yang ramai. supaya nantinya burung terbiasa dengan suasana ramai pada saat dilombakan.

Demikianlah informasi mengenai Tips Melatih Mental Burung Ciblek Gunung Untuk Masteran dan Lomba yang dapat admin sampaikan kepada anda. semoga informasi yang admin sampaikan diatas dapat membantu anda untuk melatih mental burung cikgun kesayangan anda.