Tips Atau Cara Menurunkan Birahi Lovebird Supaya Stabil

Cherewed.com – Anda memiliki burung lovebird yang birahinya memuncak atau over birahi? jika punya, segeralah menurunkan birahi tersebut karena hal ini tidak baik bagi kesehatan burung peliharaan anda,dan juga akan menurunkan kualitas dari burung tersebut. memiliki birahi yang stabil merupakan hal yang paling baik bagi kesehatan dan juga kualitas dari burung tersebut.

Naik turunya birahi lovebird merupakah hal yang ilmiah, dan hal tersebut terjadi karena beberapa sebab yang membuatnya menjadi overbirahi. biasanya overbirahi ini bisa disebabkan pengaruh dari perawatan , lingkungan dan pemberian pakan secara berlebihan atau tidak teratur.

Dan dikesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Tips atau cara Menurunkan Birahi Lovebird Supaya Stabil seperti biasanya.

Over Birahi pada burung tentunya merupakan hal yang tidak baik untuk kesehatan burung tersebut. ada beberapa hal yang tidak menguntukan apabila lovebird over birahi, diantaranya :

  • Terlalu agresif
  • Ketika disatu kandangkan dengan lovebird lain cenderung menyerang
  • Mengesekan kelaminnya ke tangkringan ( Lovebird Gestang )
  • Kurang mendukung untuk di jadikan lomba kicau

Disatu sisi memiliki birahi yang tinggimemiliki manfaat bahwa burung tersebut sudah siap untuk dikawinkan. dengan catatan kedua lovebird berjodoh dan siap untuk kawin. Akan tetapi sebaiknya di stabilkan terlebih dahulu birahinya agar tidak terlalu agresif yang jutru dapat mengundang perkelahian

Namun jika burung yang Kurang Birahi juga tidak baik bagi kesehatan burung tersebut, anda secepatnya harus mengatasi masalah ini. dan ciri-ciri burung kekurangan birahi bisa disimak dibawah ini :

  • Burung cenderung banyak diam
  • Jarang berkicau , bahkan tidak sama sekali
  • Terlihat lemas dan malas
  • Tidak mendukung untuk lomba kicau
  • Tidak siap untuk dikawinkan
BACA JUGA :  Menentukan Settingan Lovebird Paud/Balibu Jantan Untuk Lomba

Jika burung anda mengalami hal ini, sebaiknya perhatikan asupan makanan, seperti pemberian pakan dari jagung manis, penjemuran dan juga memandikannnya, agar stabil.

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

Memandikan Lovebird Lebih Sering

Untuk memandikan lovebird dengan memiliki birahi yang berbeda, maka di perlukan cara yang berbeda pula untuk melakukannya. Dan untuk memiliki over yang tinggi birahinya, maka bisa dengan meningkatkan jumlah dan durasi mandinya.

Dalam menurunkan over birahi pada lovebird dengan cara meningkatkan proses memandikan lovebird. Misalkan pada hari biasanya lovebird mandi cuman 1 kali, maka untuk menurunkan birahinya bisa menambahkan beberapa kali, 2 sampai 3 kali dalam sehari. Selain itu durasi dalam memandikanya juga di tingkatkan, menjadi 15 menit atau 25 menit , jika sebelumnya cuman 10 menit dari durasi memandikannya.

Memindahkan ke kandang umbaran

Dalam memindahkan lovebird birahi tinggi ke kandang yang lebih besar dimaksudkan agar lovebird merasa lebih bebas dan leluasa, sehingga ke agresifannya dapat tersalurkan lewak gerakan aktif karena tempatnya lebih leluasa untuk melakukan banyak aktifitas.

Memberikan Timun

timun memiliki manfaat yang dapat membantu menurunkan dan menjaga kestabilan birahi lovebird, Pakan ini bisa diberikan setiap hari. walaupun terkadang lovebird tidak terlalu suka dengan pakan yang satu ini

Memberikan pakan kemangi

Kemanggi merupakan salah satu pakan yang di sukai lovebird, namun terkadang burung tersebut tidak memakannya dengan jumlah yang banyak. pakan ini bisa diberikan setiap hari.

Berikan Millet Polos
Makanan tertentu memiliki manfaat yang dapat meningkatkan birahi burung lovebird, seperti makanan jagung manis, kangkung, milet merah dan juga kwaci. Maka sebaiknya hindari mengkonusmsi makanan jenis ini, kecuali anda ingin menambah birahi pada lovebird yang terlihat kekurangan birahi.

BACA JUGA :  4 Ciri Ciri Paling Akurat Burung Jalak Nias Jantan Dan Betina Di Lihat Dari Segi Fisik

Berikan hanya milet polosan, bukan milet campuran dengan biji-bijian lain atau milet yang di campr dengan bahan herbal lainnya, karena biasanya milet campuran di setting untuk meningkatkan birahi burung.

Kurangi Penjemuran

anda harus mengurangi penjemuran lovebird yang over birahi. karena penjemuran birahi meningkatkan birahinya, untuk itu bisa menjemurnya selama 15 menit saja setiap harinya.

Nah itulah Tips Atau Cara Menurunkan Birahi Lovebird Supaya Stabil, Semoga bermanfaat bagi para penghobby burung kicau sekalian. salah kicaumania.