Perawatan Burung Ciblek Gunung Yang Kurang Gacor dan Macet Bunyi

Cherewed.com – Pada artikel sebelumnya admin telah membahas tips atau cara Melatih Ciblek Muda Agar Bermental Petarung, dan pada kesempatan kali ini admin juga akan membahas cara perawatan burung ciblek gunung yang kurang gacor dan macet berbunyi. burung yang satu ini memiliki suara kicauan yang merdu dan juga memiliki suara yang dikenal dengan suara tembakan alias ngebren. dan tidak sedikit para penghobby burung yang memelihara burung ciblek gunung baik untuk dilombakan maupun dijadikan masteran bagi jenis burung kicauan yang lain.

Dikalangan kicaumania ada beberapa jenis burung ciblek yang cukup populer sebagai burung peliharaan. jenis burung tersebut yaitu burung ciblek jawa, alang-alang hingga ciblek gunung. dan ciblek gununglah yang paling bantak diminati oelh para kicau mania di indonesia karena memiliki suara yang lantang.

Lagu-lagu burung ciblek gunung memiliki irama yang cepat dan dikenal dengan nama ngebren. Banyak para penghoby burung kicau yang tertarik memeliharanya untuk dijadikan masteran bagi jenis burung kicauan lainnya. Sampai saat ini, kicauannya yang berupa tembakan tajam masih diminati, terutama untuk memperkaya variasi isian burung-burung lomba.

Namun, sama seperti burung kicau lainnya, ciblek gunung yang dipelihara untuk masteran pun bisa mendadak menjadi kurang gacor atau macet bunyi. disini ada beberapa faktor yang menuyebabkan kondisi tersebut yaitu :

  • Pola perawatan yang kurang tepat
  • Burung memasuki masa mabung
  • Stres / trauma akibat sangkar terjatuh atau diserang predator
  • Drop mental.

Dan berikut ini akan admin sampaikan beberapa pola perawatan harian yang bisa diterapkan untuk memulihkan kondisi burung tersebut, tahapan-tahapannya bisa anda simak dibawah ini :

Perawatan Burung Ciblek Gunung Yang Kurang Gacor dan Macet Bunyi

BACA JUGA :  Wisdom, Burung Tertua Di Dunia Yang Usianya Mencapai 70 Tahun

1. Pengembunan rutin

Selama masa terapi, ciblek gunung perlu diembunkan secara rutin. Pengembunan ini bertujuan untuk memulihkan kondisi dan mentalnya, terutama dari stres atau trauma.

2. Berikan pakan tambahan (EF) secara teratur

Pakan tambahan (EF) diberikan dalam porsi lebih banyak daripada biasanya. EF untuk ciblek gunung terdiri atas kroto, jangkrik kecil, dan ulat hongkong / ulat kandang. Untuk menambah variasi pakan, Anda juga bisa memberikan belalang hijau kecil, telur rebus

3. Mengatur ulang jadwal mandi dan jemur

Jadwal mandi dan jemur bisa diatur-ulang selama terapi pemulihannya. Mandi yang biasanya dilakukan setiap hari bisa dikurangi menjadi 2-3 hari sekali. Adapun durasi penjemuran diatur sedikit lebih lama daripada biasanya.

4. Simpan di tempat tenang

Untuk mempercepat pemulihan, ciblek gunung disimpan di tempat tenang dan jauh dari keberadaan burung lain yang sudah gacor. Sangkar sebaiknya tidak dikerodong, kecuali ketika hujan turun atau angin berembus cukup kencang.

5. Ditempel burung betina

Hal lain yang bisa dilakukan untuk membantu pemulihan adalah menyiapkan ciblek gunung betina yang sudah manja. Sangkar burung betina digantang dalam posisi berdekatan setiap pagi hingga siang hari. Pada siang hingga sore harinya, kedua burung dijauhkan dan tidak saling melihat.

6. Putarkan suara terapi

Alternatif lain jika tidak memiliki burung betina adalah memutarkan suara terapi untuk membantu proses pemulihan. Suara terapi ini terdiri atas berbagai macam suara, mulai dari suara terapi alam hingga suara panggilan ciblek gunung betina. Hindari memutarkan suara ciblek gunung jantan yang gacor sebelum kondisinya benar-benar pulih.

7. Mandi hujan pada pagi hari

Kalau kebetulan hujan turun pada pagi hari, namun tidak begitu lebat, Anda bisa memberi kesempatan hujan-hujanan kepada ciblek gunung tersebut. Hujan yang turun pada pagi hari bermanfaat untuk pemulihan stres dan mental burung yang ngedrop. Namun jangan menghujan-hujankan burung jika hujan turun pada siang atau sore hari, karena airnya mengandung asam yang tidak baik bagi kondisi dan kesehatan burung.

BACA JUGA :  6 Ciri Ciri Burung Ciblek Sawah Jantan ( Pari ) Paling Akurat

Tips diatas bisa anda lakukan kepada burung ciblek anda yang macet berbunyi, ok, itu saja informasi yang dapat kami sampaikan, semoga tips atau cara Perawatan Burung Ciblek Gunung Yang Kurang Gacor dan Macet Bunyi yang sudah kami berikan diatas bermanfaat bagi para kicau mania.