Penyebab Telur Lovebird Gagal Menetas

Cherewed.com – salah satu kendala dalam budidaya lovebird yaitu kegagalan dalam penetasan telur, hal ini tentu saja sangat meurgin para peternak, Perawatan lovebird untuk budidaya memanglah sangat membutuhkan kesabaran dan ketelitian, jika tidak didasari hal tersebut tentunya akan sangat sulit sekali untuk mengembangbiakan lovebird ini.

Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang paling populer di indonesia, dan banyak sekali para kicaumania yang membudidayakan burng yang satu ini. dan burung ini sering dipelihara di rumah sebagai burung peliharaan namun juga ada yang ingin memilihaanya untuk ikut kontes burung kicau.

Lalu Apa Penyebab Telur Lovebird Gagal Menetas?

Biasanya kenapa telur lovebird tidak menetas itu disebabkan beberapa faktor, jadi bagi anda yang baru mau terjun untuk membudidayakan lovebird harus tahu masalah ini. dengan mengetahui penyebabnya kenapa telur tidak menetas, tentunya kita bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi maslah tersebut.

Penyebab Telur Lovebird Gagal Menetas

Lovebird Kawin tidak Sempurna

Telur lovebird yang biasanya berpotensi bagus, ketika kawin yang dilakukan burung lovebird sempurna, bisanya durasi waktu kawin yang bagus yaitu sekitar 2 menit. dibawah 2 menit biasanya telur lovebird akan terjadi kegagalan. maka dari itulah kita harus memperhatikan durasi pas burung tersebut kawin.

Indukan Betina Nglemak

Indukan lovebird betina yang ngelemak atau gemuk pada bagian tubuh bawahnya, menandakan burung tersebut tidak dalam keadaan sehat, sehingga organ reproduksi tidak sempurna. Hal tersebut juga kerap terjadi pada lovebird yang sudah bertelur, misalkan lovebird sudah bertelur 1 butir, namun tubuhnya nglemak, itu berkemungkinan telurnya menjadi infrtil atau tidak ngisi.

Lovebird Belum Matang
Idealnya lovebird untuk di ternakan sekitar 8 bulan keatas, karena oragan reproduksi lovebird sudah siap untuk di ternakan. Namun, banyak peternak lovebird yang menernakan lovebird yang masih berumur 6 bulan, dan hasilnya telur yang di keluarkan lovebird tidak menetas. walaupun ada beberpa peternak yang berhasil membudidayakan lovebird yang masih berumur 6 bulan.

BACA JUGA :  Tips Cara Merawat Burung Selendang Biru

Indukan Lovebird Masih Belajar

Jika indukan burung lovebird masih belajar untuk kawin dan mengeram, maka besar kemungkinan hal ini tidak akan berhasil. karena proses kawinnya tidak akan sempurna. begitu juga ketika mengerami, indukan betina sering keluar masuk sangkarnya dan hasilnya mengerami telurnya kurang sempurna.

Kurang Persiapan Pra-produksi
Kurangnya persiapan indukan memiliki organ reproduksi yang bagus dari pakan yang di berikan. karena pakan hal yang paling berpengaruh untuk membuat telur lovebird menetas atau tidak. maka dari itu sebelum burung dikawinkan/diternak, burung harus diberikan asupan makanan terlebih dahulu. begitu juga pada saat lovebird kawin, burung di berikan makanan yang memiliki gizi yang lengkap, seperti memberikan multivitamin, pakan jagung, kangkung, milet, kwaci, canary, makanan yang mengandung omega – 3 seperti minyak ikan dan lain sebagainya.

Indukan Lovebird jantan Ganggu betina
Sebenarnya keberadaan jantan ketika betina mengeram bermanfaat untuk meloloh indukan betina ketika mengeram dan juga membantu meloloh anakannya ketika menetas. Namun, terkandang ada juga jantan sering genggu betina yang sedang mengeram ngajak kawin dan bahkan mengacak-ngacak sarang dan merusak telurnya. apabila terjadi hal seperti itu, sebaiknya indukan jantanm lovebird dipisahkan terlebih dahulu dan turunkan dahulu birahinya. dan pemberian pakan hanya milet putih saja.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Penyebab Telur Lovebird Gagal Menetas, semoga dengan adanya informasi ini kegagalan telur tidak menetas bisa di minimalisir. karena itu bagi anda yang sering mengalami masalah ini, saya sarankan untuk membaca artikel ini dengan fokus. terimakasih salam sukses.