Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Pleci Macet Bunyi Supaya Gacor Lagi

Cherewed.com – Pernahkah burung peliharaan anda pleci macet berbunyi? Masalah macet berbunyi sebenarnya sering terjadi kepada burung peliharaan. namun apabila kita yang mengalaminya tentunya ini akan menjadi salah satu hal yang sangat mengecewakan. apalagi kalau burung pleci tersebut akan dilombakan, pasti kita akan merasa sangat kesal.

Maka dari itu disini admin akan membantu anda untuk mengatasi burung pleci yang macet berbunyi supaya kembali seperti sediakala. Burung pleci yang macet bunyi bisa disebabkan oleh beberapa hal,  seperti kurangnya pemberian pakan kepada burung tersebut. pakan yang dimaksud disini adalah pakan yang berkualitas dan memiliki nilai gizi yang cukup.

Pada saat burung pleci hidup dialam liar, pastinya burung tersebut mencari makan dengan mandiri. mengkonsumi banyak jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan Gizinya, sehingga burung mampu aktif bergerak dan juga rajin untuk berkicau, seperti mengkonsumsi makanan dari nekstar.

Namun ketika pleci dipelihara dalam sangkar, kebutuhan nutrisinya tergantung pemberian pakan oleh pemiliknya, jika pemilik burung memberikan Gizi yang cukup maka burung akan menjadi rajin bergerak aktif dan juga aktif berkicau. Namun , ketika pemiliknya kurang mencukupi kebutuhan gizinya tidak tercukupi, maka burung menjadi malas untuk berkicau. maka dari itulah banyak burung bermasalah manyet berbunyi.

Lalu Apa Penyebab Burung Pleci Macet Berbunyi?

Selain kurangnya pemberian pakan yang berkualitas, ada beberapa hal yang menjadi permasalahan yang membuat burung menjadi macet bunyi, seperti :

  • Burung dalam kedaan mabung
  • Burung pleci sedang sakit
  • Burung pleci kesepian
  • Sangkar pernah jauh dan membuat pleci menjadi stress
  • Burung pleci trauma dari hewan predator

Cara Mengatasi Burung pleci Macet Bunyi

Agar membuat pleci menjadi rajin gacor kembali, maka membutuhkan perubahan dalam merawatnya. Untuk caranya bisa anda simak dibawah ini :

BACA JUGA :  Jenis Sayuran dan Buah-buahan Yang Disukai Burung Pleci

1. Memandikan dan menjemur

Pada pagi hari burung di mandikan dengan menggunakan air yang dingin yang di ambil dari kulkas, atau juga di ambil dari air yang telah disiapkan sebelumnya yang disimpan di luar pada malam hari. Setelah itu jemur burung hingga bulu pleci kering kembali, sambil memberikan padak dari kroto 2 sampai 3 butir.

2. Pakan dan Suplemen

Selain memberikan pakan dari kroto pada pagi hari, burung pleci juga di berikan pakan dari buah-buahan secara vareasi agar kebutuhan Gizinya lengkap. Selain itu, berikan juga suplemen untuk mengembalikan burung menjadi pulih kembali yang bisa di beli di kios burung, produk khusus untuk mengatasi macet bunyi pada burung.

3. Terapi Burung Pleci

Simpan burung pleci di dalam rumah dengan ruangan tertutup, sembil memutar suara kicauan burung pleci ngalas dengan Volume sedang. bisa juga dengan menyimpan burung pleci macet bunyi tersebut di tengah-tengah burung pleci gacor dan juga bisa dengan mengajak pleci jalan-jalan.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Pleci Macet Bunyi Supaya Gacor Lagi, semoga informasi tersebut dapat membantu anda yang memiliki maslah yang sama seperti yang sudah admin sampaikan. salam kicaumania