Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Lovebird Rusak dan Kusam

Cherewed.com -Masih membahas seputar burung lovebird, salah satu daya tarik yang selalu menjadi incaran para kicau maia dari burung lovebird adalah suara dan warna pada bulunya. memang penampilan bulu burung yang satu ini sangatlah cantik dengan bulu-bulu yang berwarna dan halus.

Permasalahan bulu burung terlihat kusam memang sering terjadi pada burung peliharaan, tidak hanya burung lovebird saja. hal ini bisa juga terjadi juga kepada jenis burung kicau lainnya, permaslahan yang sering terjadi bulu burung kusam, kotor, terlihat rusak atau bulunya memudar, jika maslah ini terjadi kepada burung peliharaan anda, sebaiknya anda secepatnya mencari penyebabnya.

Burung lovebird yang hanya diperhatikan mengenai pakannya saja namun tidak memperhatikan kebersihan kandangnya dan memandikannya, bukan hanya penampilannya saja yang jelek, namun hal ini juga akan berakibat kepada kesehatan burung itu sendiri. maka dari itulah jika ingin burung anda sehat dan terlihat cantik perawatannya jangan setengah-stengah.

Lalu Apa Penyebab Bulu Lovebird Kusam Atau Rusak?

Ada beberapa penyebab bulu lovebird kusam di antaranya :

  • Lingkungan tempat tinggal lovebird kotor
  • Adanya gangguan tungau dan kutu
  • Menjemur lovebird dengan cara yang tidak tepat
  • Burung stres karena di ganggu hewan
  • Mabung belum selesai
  • Kurang Asupan Gizi
  • Gangguan dalam tubuh lovebird
  • Faktor keturunan

Jika penyebab bulu lovebird sudah ditemukan maka tinggal bagaimana cara Mengatasi Bulu Lovebird Kusam dan Rusak, Karena untuk mengatasinya bisa di sesuaikan dengan penyebab tersebut. langsung saja simak dibawah ini :

Cara Mengatasi Bulu Burung Lovebird Kusam dan Rusak

Lingkungan Lovebird Kotor
Dengan lingkungan yang kotor bisa membuat bulu lovebird menjadi terlihat kusut dan kusam, karena kandang tersebut menjadi sarang kuman dan bakteri dan juga kotoran yang ada pada sangkar dapat menempel pada burung dan membuat bulu burung menjadi kusam.

BACA JUGA :  Cara Tepat Dan Akurat Memaster Burung Love Bird Agar Dapat Ngekek Panjang

Gangguan Tungau dan Kutu

Kutu dan tungau akan bersarang pada bulu dan kulit burung, sehingga burung sering menggaruhnya dan keberadaan tungau dan kutu tersebut bisa merusak bulunya. Tungau dan kutu yang menempel pada lovebird bisa di sebabkan oleh kotornya sangkar, burung jarang di jemur dan juga jarang di mandikan. Pisahkan terlebih dahulu burung yang terserang tungau dan kutu, dan rajinlah memandikan burung dengan shampoo khusus untuk membunuh tungau dan kutu pada burung dan burung rajin di jemur.

Dijemur Kurang Tepat

Lovebird di jemur dengan cara yang tidak tepat dapat membuat bulunya terlihat kusut. Misalkan burung di jemur langsung setelah dimandikan, sehingga burung tidak memiliki kesempatan buat merapihkan bulunya sebelum bulunya kering. Ketika burung belum merapihkan bulunya, namun bulunya sudah kering karena di jemur langsung, maka bulunya akan terlihat kusut.

Burung di Ganggu Hewan Predator

Pada saat burung stres karena diganggu oleh hewan predator seperti kucing, anjing atau hewan lainnya, maka bulunya akan rusak. karena ketika burung ketakutan mereka akan menabrak sangkarnya, susah untuk ditenangkan. maka dari itulah akan berakibat kepada bulunya. maka dari itulah simpanlah burung di tempat aman, tenang dan nyaman jauh dari hewan lainnya.

Mabung belum Selesai

Burung akan mengalami mabung 1 -2 kali dalam setahun, jika burung tidak di rawat dengan cara yang tepat, maka proses mabungnya tidak selesai pada waktunya, sehingga kualitas bulunya terlihat kusam, kusut, dan terlihat kotor. Pada proses moulting, burung akan mulai merontokan bulu lama, dan setelah itu burung akan mengalami mabung. jika selama proses moulting tersebut terganggu, karena salah merawatnya, maka bulunya menjadi rusak.

BACA JUGA :  Manfaat Kecap Untuk Lovebird dan Efek Sampingnya

Kurang Asupan Gizi

Lovebird pada umumnya sering di berikan milet putih, namun untuk mempercantik bulu lvovebird maka berikan vareasi makanan, seperti pakan tambahan seperti jagung muda manis, kangkung dan berikan juga vitamin dan suplemen untuk memenuhi kebutuhan gizi yang tidak terdapat pada pakan hariannya.

Nah itulah Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Lovebird yang rusak dan terlihat kusam, jika anda memiliki masalah seperti di atas, silahkan anda bisa mengatasinya dengan cara-cara yang sudah kami sampaikan diatas. saya ucapkan terimakasih karena telah membaca informasi yang sudah admin share di situs cherewed.com semoga bermanfaat.