Manfaat Kangkung Untuk Burung Lovebird dan Cara Memberikannya

Cherewed.com – Para kicau mania pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan lovebird yang satu ini, ya kangkung, kangkung merupakan tumbuhan yang termasuk jenis sayuran dan ditanam sebagai makanan untuk manusia, namun kangkung ini juga sering diberikan kepada burung lovebird karena memiliki banyak manfaatnya.

Namun selain sayuran ini memiliki manfaat juga memiliki efeksamping apabila diberikan kepada burung kicau peliharaan anda dengan cara berlebihan. banyak para kicau mania yang menggunakan kangkung sebagai cara untuk membuat lovebird rajin berbunyi namun apabila penggunaanya tidak tepat burung lovebirdpun susah untuk rajin berbunyi.

Apabila kangkung diberikan dengan tepat tentunya burung tersebut akan menjadi rajin berbunyi, namun apabila pemberiannya terlalu berlebihan akan menyebabkan burung yang memakan kangkung tersebut menjadi overbirahi.

Maka dari itu anda harus simak artikel yang akan admin sampaikan berikut ini, karena kami akan membahas informasi mengenai Manfaat Kangkung Untuk Burung Lovebird dan Cara Memberikannya.

Memilih Kangkung untuk Lovebird

Ada 2 jenis kangkung, yaitu kangkung air dan darat. anda terlebih dahulu harus mengetahui kandungan dan kelebihan masing-masing dari kangkung tersebut. apabila anda masih bingung untuk memilih jenis kangkung yang mana yang bagus untuk lovebird maka pilihlah kangkung darat saja, karena lerbih di sukai oleh lovebird dan lebih bagus.

Cara Memberikan Kangkung untuk Lovebird

Supaya manfaat yang ada pada kangkung dapat di rasakan oleh burung, maka simaklah cara berikut ini :

  • Berikan daun dan batang kangkung yang paling muda
  • Cuci terlebih dahulu kangkung dengan air bersih atau air garam, agar kotoran yang menempel hilang. Terutama untuk menghilangkan bahan kimisa/pestisida, jika kangkung tersebut berasal dari tempat yang menggunakan bahan tersebut
  • Setelah di cuci, biarkan kangkung di simpan terlebih dahulu hingga tidak basah dan siap di berikan pada lovebird
  • Berikan kangkung pada lovebird dan di simpan selama 4 jam, karena jika lebih lama dari 4 jam, kangkung sudah mulai busuk dan tidak baik buat kesehatan lovebird, sebaiknya buang dan ganti dengan kangkung yang masih baru
BACA JUGA :  3 Tips Dan Cara Mudah Meloloh Burung Kolibri Anakan Agar Tetap Hidup Paling Lengkap

Manfaat Kangkung untuk Lovebird

Kangkung bisa di berikan pada lovebird lomba dan juga loveibrd ternak, karena jika di berikan pada lovebird ternak bagus untuk organ reproduksi burung, dan ketika di berikan pada lovebird lomba, dapat membuat birahi burung menjadi naik dan bisa menenangkan.

Sebenarnya kangkung memiliki manfaat yang dapat menenangkan dan juga mendinginkan serta menaikan birahi lovebird. Dan biasanya pemilik lovebird sering memberikan beberapa batang kangkung sebelum di gantang di arena lomba.

Untuk lovebird ternak, bisa di berikan kangkung setiap harinya yang di dukung dengan pakan lainnya. Sedangkan untuk lovebird lomba, pakan hariannya bisa di berikan milet putih setiap hari, jangung seminggu 2 – 4 kali dan kangkung di berikan 2 -3 kali dalam seminggu, tergantung burung, jika burung di berikan kangkung 2 kali dalam seminggu sudah gacor, maka cukup segitu setingannya, dan jika masih kurang gacor maka bisa di tambah.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan kepada anda, terimakasih karena telah berkunjung ke situs cherewed.com. silahkan share artikel ini kepada teman-teman kicaumania lainnya. salam sehobby.