Manfaat dan Efek Samping Kecubung untuk Lovebird

Cherewed.com РTahukah anda dengan buah kecubung? untuk para kicau mania pastinya buah ini tidaklah asing. Kecubung merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh liar di sejumlah wilayah di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki bentuk buah kapsul berduri yang berisi biji halus seperti buah tomat.

Pohon kecubung sendiri bisa tumbuh mencapai 3 meter dengan daun berwarna hijau, lebar, berbulu dan memiliki sisi yang bergerigi. Bunganya sendiri berbentuk seperti terompet dan dapat mekar pada malam hari.

Buah kecubung ini sangatlah berbagaya apabila di kosumsi secara berlebihan oleh manusia, karena memng buah ini sangat sering disalahgunakan, bagi orang yang mengkonsumsinya bisa mengakibatkan halusinasi selama tiga hari. Tidak hanya merasa halusinasi, namun perasaan ketakutan, hingga dehidrasi.

Namun buah kecubung juga memiliki manfaat untuk hewan, salah satunya untuk burung lovebird. nah bagi anda yang ingin mengetahui manfaatnya silahkan simak ulasan dibawah ini :

Manfaat Kecubung untuk Lovebird

Pemanfaatan kecubung di beberapa negara sering di gunakan untuk mengatasi beberapa persoalan kesehatan tubuh, seperti di China, kecubung sering di gunakan sebagai herbal untuk mengatasi flue dan filek, Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, kecubung sering digunakan untuk meredakan sakit gigi dan asma.

Dari kalangan kicau mania Indonesia sempat ramai, dimana ketika lovebird di berikan kecubung yang sudah di olah dengan cara tertentu dapat membuat burung lovebird semakin konslet dan fighter. Dan tentunya dengan mendengar informasi tersebut banyak orang yang penasaran untuk mencobanya. Namun sebelum anda mencoba memberikan kecubung ini kepada burung kesayangan anda, terlebih dahulu anda harus mengetahui Kandungan dan efeksamping yang dimiliki kecubung tersebut.

Kandungan Buah Kecubung

Menurut para ahli, dimana kandungan yang terdapat pada bunga kecubung mengandung senyawa kimia alkaloid, yang terdiri dari hiosiamin, skopolamin, dan atropin yang bersifat antikholinergik.

BACA JUGA :  2 Cara Akurat Melatih Burung Trucukan Supaya Cepat Nggaruda

Selain itu, bunga kecubung juga memiliki kandungan nikotina, kuskohigrina, hiosin, norskopolamina, lemak, meteloidina dan kalsium oksalat.

Kandungan senyawa pada bunga kecubung memang memiliki manfaat jika di olah dengan takaran dan pengetahuan yang tepat, dan jika di oleh dengan cara yang tidak tepat, maka lovebird bisa mengalami hal-hal berikut, seperti :

  • Dapat memicu kematian mendadak pada lovebird
  • Bisa membuat efek ketagihan
  • Burung menjadi tidak bisa diam atau hiper aktif dan menjadikannya cepat lemas
  • Rentan mengalami terjadinya over birahi dan bisa mengalami gesek tangkringan ( gestang )
  • Lebih cepat mabung
  • Bisa menyebabkan suara lovebird menjadi serak dan malas bunyi

Bagi anda yang ingin memberikan kecubung kepada lovbird alangkah baiknya anda berfikir dua kali karena melihat efeksampingnya akan sedikit membahayakan untuk burung lovebird, maka dari itu anda harus benar-benar mengetahui cara pengolahannya yang benar. supaya efeksampingnya tidak memberatkan kepada burung peliharaan anda.