Manfaat Batu Bata Merah Untuk Burung Lovebird

Cherewed.com – Para pemula yang baru terjun ke dunia burung kicau khususnya burung lovebird tentunya pasti akan merasa heran karena lovebird bisa diberikan batu bata merah. Banyak sekali penghoby burung yang memberikan batu bata merah sebagai pakan untuk lovebird. karena memang memiliki beragam manfaat.

Batu bata merah memang bisa dibilang merupakan pakan tambahan atau ekstrafooding pengganti tulang sotong yang kaya akan kalsium. batu bata merah disini memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan burung peliharaan seperti lovebird.

Namun pemberian batu merah juga memiliki efek samping yaitu kotoran burung tersebut akan menjadi berwarna merah, namun hal ini bukan masalah yang besar karena sama saja jika burung tersebut memakan sayuran tentunya kotorannyapun akan berwarna hijau. jadi hal ini tidak perlu anda khawatirkan. karena merupakan hal yang wajar.

Lalu Apa Manfaat Dari pemberian Batu Bata Merah Untuk Lovebird?

Mengatasi Paruh Gajah

Paruh gajah merupakan istilah dimana ketika lovebird memiliki paruh yang panjang, lebih panjang dari paruh normal. Penyebab paruh gajah di sebabkan oleh kurangnya burung melatih paruhnya atau burung tidak melatih paruhnya dengan media seperti kayu, tulang sotong dan bata merah. maka dari itu batu bata merah merupakan salah satu untuk mencegal hal tersebut.

Mempertajam Kuku dan Paruh

Karena bata merah memiliki tekstur yang keras, maka kaki dan paruh lovebird akan terlatih, sehingga ketika lovebird membuka biji kwaci dan memotong batang kayu akan mudah dilakukan lovebird.

Memperlancar Pencernaan Lovebird

batu bata merah memiliki manfaat untuk memperlancar pencernaan lovebird. Untuk memberikannya bisa memasukan batang bata merah atau berupa serbuk bata merah yang di capur dengan pakannya.

BACA JUGA :  7 Tips Dan Cara Memilih Burung Perkutut Ombyokan Yang Bagus Untuk Di Pelihara

Warna Lovebird Lebih Cerah
Bulu lovebird yang kurang cerah atau terlihat kusut, bisa di berikan bata merah, karena dengan mengkonsumi bata merah, warna bulu lovebird akan terlihat cerah. Namun, harus dibarengi dengan memandikan dan menjemur untuk membantu kualitas bulu burung lebih cerah dan bagus.

Bata Merah Sebagai Pengganti Tulang Sotong

Tulang sotong memiliki kandungan kalsium sehingga bagus untuk lovebird, begitu juga dengan bata merah memiliki kandungan kalsium. APabila di daerah anda susah untuk mendapatkan tulang sotong, maka batu bata merahlah bisa sebagai penggantinya. Berilah batu bata merah untuk lovebird peliharaan anda dengan cara memasukan bata langsung ke dalam sangkarnya dan biarkan burung mengkonsumsinya sendiri.

Bagiamana, Sesudah anda mengetahui apa manfaat dari batu bata merah yang sudah admin jelaskan diatas, apakah anda akan memberikannya kepada burung lovebird peliharaan anda sebagai pengganti dari tulang sotong? jika iya. silahkan untuk cara-caranya bisa anda ikuti seperti yang sudah admin sampaikan diatas. semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengunjung sekalian. salam kicau mania.