5 Jenis Burung Hantu Yang Populer Di Indonesia

Cherewed.com – Pada artikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai harga burung hantu terbaru, dan dikesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis burung hantu yang populer di indonesia. Tentunya anda tahu kan jenis burung yang satu ini, ya burung hantu merupakan salah satu jenis burng pemangsa yang masuk dalam keluarga damily strigiformes yang merupakan pemburu diwaktu malam hari (nokturnal)

Di Negara bagian barat, burung ini dianggap sebagai simbol kebijaksanaan, Tetapi di Indonesia justru malah dianggap sebagai pembawa pratanda maut, itulah sebabnya satwa burung ini disebut masyarakat dengan nama burung hantu. Burung yang satu ini lebih dikenal dengan ciri khas bentuk matanya yang besar dan menghadap ke depan. Karakteristik tersebut tentu tidak dimiliki pada jenis burung lainnya yang matanya berada di samping.

Kenapa burung hantu masuk kedalam jenis burung pemangsa? karena burung ini memiliki bentuk paruh yang tajam dan bengkok seperti seperti elang CHE, elang IBE, australian hobby atau falco subbuteo. Selain itu, susunan bulu di kepalanya membentuk lingkaran wajah yang dapat memberikan tampilan menyeramkan. Bentuk leher burung hantu juga sangat lentur, sehingga kepalanya dapat berputar 180 derajat ke belakang. Namun tidak di semua daerah di Indonesia menyebut jenis burung ini sebagai nama burung hantu.

Di indonesia biasanya jenis burung ini memangsa serangga, kodok, tikus dan sebagainya, maka tidaklah heran apabila burung hantu ini bisa dijadikan sebagai pembasmi hama oleh para petani, karena ke efektipannya mengusir hama di sawah daripada menggunakan racun tikus.

Jenis Burung Hantu Yang Populer Di Indonesia

1. Serak Jawa

Jenis burung hantu yang pertama adalah serak jawa yang biasa dikenal dengan sebutan Barn Owl dengan ukuran sedang dan sayap yang panjang bulat, memiliki ekor yang pendek. dan biasanya jenis burung ini memiliki kaki berukuran panjang kokoh dan bentuk kepala yang bulat tanpa ada jumbaian telinga.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Hantu Semua Jenis Update Terbaru Tahun Ini

2. Serak Bukit

Burung ini dikenal dengan nama oriental bay owl juga dikenal sebagai burung wowo-wiwi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bentuk wajahnya memiliki ciri khas yang hampir serupa dengan ular sendok dan bagian tubuh atasnya berwarna coklat sedikit kemerahan dengan corak bintik hitam dan putih. Burung hantu jenis ini lumayan aktif saat berburu pada malam hari, namun cenderung akan santai dan duduk atau rebahan saat siang hari.

3. Celepuk Merah

Burung hantu jenis inih bisa ditemukan di berbagai wilayah Indonesia, yakni Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Burung jenis ini biasanya berhabitat di hutan dataran rendah. Warna burung hantu jenis ini adalah kemerahan yang bagian atas berwarna coklat kemerahan dan memiliki corak strip hitam dan putih di bulunya. Burung hantu jenis ini bisa dibilang lumayan langka ditemukan karena habitatnya yang semakin sedikit.

4. Beluk Jampuk

Hingkik atau burung hantu beluk jampuk merupakan jenis burung hantu yang ukurannya lumayan besar, yakni bisa mencapai panjang sampai 45 cm. Di daerah luar negeri, burung hantu jenis ini memiliki sebutan barred eagle owl atau malay eagle owl. Ciri khas beluk jampuk adalah warna bulunya abu-abu dengan corak telinga horizontal yang sangat mencolok.

5. Eurasian Eagle Owl

Burung hantu jenis elang Eurasia merupakan salah satu jenis yang memiliki ukuran tubuh terbesar di dunia. Burung hantu jenis ini dapat ditemukan di sebagian besar wilayah Asia, Eropa, dan beberapa wilayah bagian Afrika utara. Burung hantu jenis Eurasian Eagle Owl memiliki karakteristik bentuk matanya yang berwarna orange mencolok dan jumbaian telinga yang memiliki bulu.

Sebenarnya masih banyak jenis burung hantu lainnya yang terdapat di indonesia, Namun itulah yang dapat admin sampaikan kepada anda, apabila ada pertanyaan mengenai jenis-jenis burung hantu,silahkan anda dapat bertanya di kotak kometar yang telah kami sediakan dibawah. dan kami ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke situs cherewed.com. jangan lupa share artikel ini apabla bermanfaat.