Ciri-ciri Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Cherewed.com – Masih membahas mengenai burung pleci, Bagi anda yang memiliki burung p;eci yang memiliki kualitas bagus dan juga pernah menjuarai lomba/kontes tentunya salah satu hal yang selanjutnya ingin anda lakukan adalah menjual atau membudidayakannya atau memperbanyak keturunan dari indukan burung tersebut. karena jika burung tersebut sudah pernah menjuarai lomba tentunya nilai jualnyapun akan menjadi mahal, dan keterunannya atau anakan burung tersebut pun, pastinya memiliki harga jual yang meningkat pula.

Apabila para kicau mania yang melihat bahwa ini merupakan sebuah peluang usaha, tentunya ini merupakan kesempatan yang baik untuk mendapatkan banyak keuntungan. dan hal pertama apabila ingin membudidayakannya, tentunya harus masuk ke tahap penjodohan terlebih dahulu. maka dari itu kita harus mengetahui terlebih dahulumana burung pleci jantan dan mana burung pleci betina. intinya kita harus bisa membedakan ke dua jenis kelamin tersebut.

Bagi anda yang belum mengetahui apa ciri-ciri atau perbedaan burung pleci jantan dan burung pleci betina silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Ciri-ciri Burung Pleci Jantan dan Betina

1. Ekor

Untuk membedakan kelamin burung pleci, maka bisa dengan membedakan dari ekornya. Bisa dilihat dengan memperhatikan ekornya, jika pejantan memiliki bentuk ekor yang panjang dan terlihat seperti menyerupai hurup “ V “ dan betina memiliki bentuk ekornya lebih pendek dari pejantan.

2. Dari kepala

Membedakan kelamin betina dan pejantan, bisa dengan melihat dari kepalanya, kepala pleci pejantan memiliki bentuk kepala yang besar dan juga bulat di bandingkan dengan betina.

3. Paruhnya

Perbedaan lainnya yang bisa dilihat dari pleci pejantan dan betina adalah dengan melihat paruhnya, dimana paruh pleci betina lebih panjang dibandingkan dengan pejantannya yang lebih pendek dan juga gempal.

BACA JUGA :  Harga Kaos Gambar Burung Murai Batu Terbaru Saat Ini Dan Paling Lengkap

4. Warna Bulu

Untuk melihat pejantan dan juga betina bisa dilihat dari warnanya, karena pejantan memiliki warna yang lebih mencolok dan juga mengkilau dan betinanya terlihat agak pudar.

5. Badannya

Untuk melihat badannya, maka bisa membandingkannya dengan melihat pejantan pleci memiliki badan yang lebih panjang dan betina terlihat pendek dan bulat. Dengan melihat dari beberapa cara membedakan burung pleci jantan dan betina pada penjelasan di atas, maka temen-temen sudah bisa membedakan jenis kelamin pada burung peliharaanya tersesbut dengan sederhana dan bisa dilakukan bagi siapa saja, meskipun bagi seorang pemula sekalipun.

Sebenarnya masih ada cara lain untuk membedakan burung pleci jantan dan betina, dan juga biasanya orang yang lebih berpengalaman akan bisa membedakan dengan cara-caranya tersendiri. namun cara diatas merupakan cara termudah untuk mengetahui kelamin jantan dan betina.

Ok, mungkin itulah yang dapat admin sampaikan kepada anda, semoga informasi mengenai Ciri-ciri Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina bermanfaat bagi anda yang ingin membudidayakan burung pleci.