Ciri-ciri Burung Lovebird Betina Mau Bertelur

Cherewed.com – Bagi para peternak pemula burung peliharaan salah satunya lovebird, hal yang paling dinanti-nanti adalah pada saat burung peliharaanya bertelur. Namun hal tersebut memang memiliki peroses yang yang lumayan menguras waktu. dan apalagi kalau telurnya tidak menetas, trentunya akan sangat mengecewakan karena sudah berkorban waktu.

Di artikel sebelumnya admin telah memberikan tips atau Cara Mengetahui Ciri-ciri Telur Lovebird Yang Berisi Dan Tidak, nah artikel tersebut bisa anda baca setelah selesai membaca artikel yang satu ini. Nah dikesempatan ini admin akan membahas tentang ciri-ciri burung lovebrid betina mau bertelur. tentunya sebagai pemula hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahu ciri-cirinya.

Jika anda ingin mengetahui kapan lovebird akan bertelur, anda bisa melihatnya dari prilaku dan ciri fisik burung tersebut. Lovebird betina yang akan bertelur, bisa di lihat dari ciri fisiknya, dimana fisiknya akan semakin membesar atau gemuk. selain itu prilakunya akan terlihat gelisah dan juga sering mengeluarkan suara yang keras.

Pada Saat Burung lovebird betina di kawini jantan selama 10 hari, maka lovebird betina akan mulai bertelur di hari berikutnya, dengan mengeluarkan telurnya satu persatu, dengan jeda 1 – 3 hari, hingga mengeluarkan semua telurnya dan langsung mengeraminya selama 22 – 25 hari idealnya.

Umumnya terdapat beberapa fase yang dijalani hingga pasangan lovebird kawin dan mendapatkan telur yang sudah dibuahi, seperti :

  • Lovebird jantan akan menarik perhatian lovebird betina dengan melakukan regurgitasi, yakni mengeluarkan makanan yang disimpan di dalam paruh dan menyuapi pasangannya;
  • Lovebird jantan dan betina akan saling membersihkan bulu mereka satu dengan yang lain
  • Pasangan lovebird akan menunjukkan perilaku yang saling mendekati satu sama lain
  • Proses perkawinan yang ditandai dengan lovebird jantan berkeliling dan menaiki tubuh lovebird betina selama proses perkawinan yang berlangsung 2-3 kali atau bahkan lebih.
BACA JUGA :  9 Cara Ampuh Menggacorkan Burung Pleci Lombok Yang Tentunya Sudah Terbukti

Ciri-ciri Lovebird Betina Mau Bertelur

  • Nafas lovebird betina akan terndengar berat
  • Kelamin lovebird betina akan terlihat lebih besar atau bengkak dari sebelumnya
  • Lovebird betina sering diam di dalam glodoknya
  • Lovebird Jantan Aktif Memberikan Makan
  • Bila kandang ternak burung di berikan serabut kelapa, serabut cemara dan kertas, maka lovebird betina akan membawanya kedalam glodok untuk bahan sarang dan di bantu lovebird jantan

Nah apabila burung lovebird yang anda pelihara memiliki ciri-ciri yang sama seperti yang sudah admin jelaskan diatas maka kemungkinan besar burung tersebut akan segera bertelur. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda, anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai berbagai informasi seputar berbagai jenis burung yang ada di indonesia di situs Cherewed.com. Salam Kicaumania!