Cara merawat burung kacer agar cepat ngobra dan buka ekor

Cherewed.com – Siapa yang tidak tahu dengan burung yang satu ini, ya burung kacer. burung ini menjadi salah satu jenis burung kicau populer di kalangan para pecinta burung. dan merupakan sebagai burung petarung. burung ini memiliki karakteristik dan gaya yang unik yang disebut ngobra. pada saat hal itu dilakukannya sambil membuka ekor, maka penampilannya akan semakin terlihat gagah.

Beberapa orang membeli burung kacer dalam kondisi masih bakalan dari hutan. Sebagian besar di antaranya belum sepenuhnya terbiasa dengan manusia, sehingga masih cenderung liar dan susah jinak. Lain halnya apabila kita membeli kacer hasil penangkaran. Burung kacer bakalan jika dirawat dengan baik nantinya memang bisa rajin bunyi.

Tetapi sebenarnya ini belum cukup, karena mentalnya belum teruji dan mudah ngedrop apabila dilombakan. Selain tidak bisa tampil maksimal, kacer juga tidak bisa mengeluarkan gaya ngobra dan buka ekor yang sejatinya merupakan ciri khas burung tersebut. Seperti diketahui, gaya ngobra dan buka ekor adalah sifat alami burung kacer ketika melindungi daerah teritorial, juga saat berkompetisi mendapatkan pasangan dan tempat bersarang.

Ketika burung berada dalam kondisi kurang fit, stres, maupun ngedrop mental, maka sifat fighternya cenderung tidak muncul. Jika dipaksakan, burung cenderung mbalon atau mbagong.

Cara merawat burung kacer agar cepat ngobra dan buka ekor

1. Melatihnya dengan burung sejenis
Terapi untulan perlu dilakukan beberapa hari sekali selama beberapa menit, sampai burung mau mengeluarkan gaya ngobra dan buka ekor. Setelah kacer mau berbunyi sambil ngobra, terapi tersebut dapat dilakukan 1-2 minggu sekali.

2. Pengembunan secara rutin
Pengembunan rutin wajib dilakukan untuk membantu menjaga kondisi dan meningkatkan stamina kacer. Lakukan pengembunan setiap hari dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca.

BACA JUGA :  4 Tips Akurat Untuk Mengenal Ciri Burung Cucak Hijau Siap Lomba

3. Perhatikan pakan tambahan
Tidak semua kacer dapat tampil maksimal ketika diberi pakan tambahan / extra fooding (EF) secara berlebihan. Dalam beberapa kasus, hal tersebut justru membuat burung mengalami over birahi. Sebaliknya, EF yang terlalu sedikit dapat membuat kacer kurang aktif dan malas berkicau.

4. Terapi sauna
Terapi sauna sering dilakukan kacer mania untuk membangkitkan mental jagoannya yang ngedrop. Hal ini biasanya dilakukan dengan menjemur burung di bawah sinar matahari, di mana sangkar dalam kondisi full kerodong.

5. Mengurangi frekuensi mandi
Kalau biasanya burung dimandikan setiap hari, maka selama masa terapi, frekuensi mandi sebaiknya dikurangi, atau cukup dilakukan beberapa hari sekali saja.

6. Full kerodong siang hingga sore hari
Pada siang hingga sore hari, sangkar kacer dikerodong penuh dan digantang di tempat sejuk dan sedikit berangin. Hal ini akan membuat burung lebih tenang dan terbebas dari stres, sehingga mental tempurnya secara pelan-pelan juga akan bangkit.

7. Dilatih dalam kandang umbaran
Beberapa hari sekali, burung kacer bisa dilatih dalam kandang umbaran sambil dijemur.

8. Istirahat total pada malam hari
Untuk menjaga kondisi dan staminanya, kacer diistirahatkan secara total pada malam hari. Ini dapat dilakukan dengan mengerodong sangkarnya secara penuh, atau mematikan lampu di ruangan / tempat penyimpanannya.

9. Berikan suplemen secara tepat
Selain setelan EF secara tepat, mental dan daya bertarung kacer juga bisa ditingkatkan dengan memberikan suplemen Testo Bird Booster (TBB). Produk ini tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi burung yang cenderung ngeriwik saja, tapi juga dapat diberikan pada burung yang mental bertarungnya ngedrop, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Demikianlah tips atau Cara merawat burung kacer agar cepat ngobra dan buka ekor yang dapat admin sampaikan kepada anda. semoga informasi ini bermanfaat untuk para kicau mania semuanya. dan jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman kicau mania lainnya. salam