Cara Mengatasi Lovebird Yang Tidak Mau Makan

Cherewed.com – Pernahkah lovebird anda mengalami susah makan atau tidak mau makan sama sekali? jika burung peliharaan anda mengalami masalah seperti ini sebaiknya anda jangan terlalu lama membiarkan burung tersebut mengalaminya. karena itu akan berakibat patal, burung anda akan lemas dan ada kemungkinan bisa menyebabkan kematian.

Pastinya ada beberapa alasan kenapa burung peliharaan yang anda miliki bisa mogok makan, atau tidak nafsu makan. biasanya hal ini diakibatkan kurangnya perawatan pada burung tersebut sehingga burung tersebut terifeksi virus atau penyakit. nah disini kita harus benar-benar teliti kepada burung yang memiliki masalah tersebut supaya kita bisa memberikan perawatan yang tepat untuk lovebird.

Lovebird merupakan jenis burung pemakan biji-bijian, jika burung ini terpenuhi kebutuhan gizinya secara lengkap, maka akan membuat burung tersebut menjadi aktif dan menjadi rajin untuk berkicau.

Lalu Apa Penyebab Lovebird Kurang Nafsu Makan?

Pada umumnya, Burung lovebird yang tidak nafsu makan di sebabkan oleh kondisi burung tidak fit, seperti adanya gangguan kesehatan karena infeksi parasit seperti kutu dan cacing dan penyakit lainnya. dan berikut ini adalah salah satu penyebab lovebird kurang nafsu makan :

  • Lovebird terinfeksi virus
  • Terinfeksi cacing (Ascaridia galli) atau cacingan
  • Lovebird sedang adanya gangguan pencernaan akibat dari makanan yang sudah berjamur atau bakteri
  • Adanya perubahan cuaca yang menyebabkan perubahan suhu dan membuat kondisi burung menjadi sakit
  • Adanya gangguan kutu pada lovebird yang menjadikan malas makan dan stres

Lalu bagaiamana cara mengatasi burung lovebird yang tidak mau makan?

Jika masalah ini dialami oleh anda maka cara memulihkannya  dengan pemberian pakan yang tepat dan bervariasi utamanya untuk sayuran dan buah-buahan. Dan pakan yag baik untuk membantu dalam pemulihan lovebird yang susah untuk makan adalah telur rebus, wortel, jagung manis, apel, lemon, jeruk kangkung pepaya dan banyak lagi buah-buahan dan sayur-sayuran yang memiliki manfaat untuk burung lovebird

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Merpati Giring Kendor Dan Susah Kawin

Ada juga cara lainnya apabila lovebird mengalami susah makan, cara mengatasinya  adalah memberikan perawatan khusus sesuai dengan penyebabnya, misalkan penyebabnya adanya gangguan kutu bisa memandikan dengan menggunakan obat khusus untuk menghilangkan kutu pada burung, begitu juga dengan penyakit lainnya.

Dan apabila burung lovebird anda sudah benar-benar fit seperti biasanya, silahkan anda bisa melatih dan merawatnya secara teratur dan tepat, hal ini supaya lovebird menjadi rajin berbunyi dan berdurasi panjang.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Lovebird Yang Tidak Mau Makan yang dapat admin sampaikan kepada para kicaumania semuanya, anda juga dapat membaca tips dan trik seputar burung di situs Cherewed.com. semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.