Cara Memberikan Garam Yang Tepat Untuk Lovebird

Cherewed.com – Apkah anda pernah memberikan garam kepada burung lovebird? Bagi para pemula tentunya hal akan sedikit merasa aneh, karena burung peliharaan diberikan garam. Namu  tahukah anda manfaat dari pemberian garam kepada lovebird? garam memiliki manfaat untuk burung lovebird namun juga memiliki efek samping apabila pemberian garam tersebut tidak dengan takarannya yang tepat.

Memang pada saat ini pemberian garam terhadap lovebird untuk para kicau mania, ada yang setuju dan ada juga yang tidak menyarankan. ya mungkin dikarenakan beda pengetahun juga beda pengalaman. namun sebenarnya penggunaan garam terhadap lovebird ini sudah sering dilakukan oleh orang eropa. Hal tersebut tentunya memiliki alasan tersendiri, karena kandungan kandungan yang terdapat pada garam memiliki kandungan Klorida dan kandungan Natrium atau soduim.

Dari kandungan yang terdapat pada garam tersebut tentunya memiliki manfaat yang baik untuk kinerja otot, membantu mentransmisi saraf dan memenuhi kebutuhan mineral pada tubuh burung. namun apabila ingin mendapatkan manfaat dari garam untuk burung kita harus memberikannya dengan takaran yang tepat.

Cara Memberikan Garam untuk Lovebird

1. Jangan Berikan Setiap Hari

Apabila garam/air garam diberikan kepada burung peliharaan setiap hari, maka burung tersebut tidak akan kuat dan bisa saja malah akan menglami kematian. selain itu burung tidak akan bisa mencerna garam jika jumlah garamnya yang berlebihan, sehingga dapat merusak sistem saraf dan ginjal. Untuk pemberian air garam, sebaiknya cukup dilakukan 1 -2 kali dalam seminggu dan itupun hanya di berikan dalam jumlah yang sedikit.

Jangan Campur Air Garam dengan Jeruk Nipis
Dari beberapa orang kicau mania yang memberikan air jeruk dan air garam secara bersamaan pada lovebird, belum 2 menit, lovebird peliharaannya tersebut langsung mati. hal tersebut pastinya akan terjadi, karena kandungan asam yang terdapat pada air garam dan jeruk nipis sangat tinggi, sehingga bisa berakibat patal pada burung

BACA JUGA :  Tips Melatih Kenari Jago Kandang Agar Bermental Lomba

Mencampur sedikit Garam dengan Biji-bijian
Campurkan sedikit garam pada pakan biji-bijian yang akan di berikan pada lovebird, atau ketika anda ingin memberikan milet putih, sebelumnya di taburi dulu dengan garam sedikit.

Mencuci Pakan dengan Garam
Pakan sayur dan buah-buahan biasanya harus di cuci terlebih dahulu, supaya kandungan pestisida yang ada pada buah dan sayur akan hilang. Dan biasanya, ketika selesai di cuci, air garam yang menyerap pada sayur dan buah akan termakan oleh lovebird ketika di konsumsi.

Campur sedikit Garam pada Air Minum
Campur air minum lovebird dengan mentaburi sedikit garam setiap 1 -2 kali seminggu. Salah satu juara lovebird ratu melinda juga mengkonsumsi air garam juga, terutama pada H – 1 sebelum lomba dan pada saat over birahi agar stabil birahinya.

1 Kg Milet di Campur 1 Sendok Makan Garam
Campurkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 kg milet. Pertama-tama milet di bilas terlebih dahulu sebanyak 3 kali, lalu campur dengan 1 sendok garam dan 1 gelas air minum.

Aduh hingga merata, lalu milet tersebut di tiriskan dan di jemur hingga kering, dan milet siap di berikan pada lovebird peliharaan anda.

Dan Berikut ini adalah Manfaat Air Garam untuk lovebird :

  • Garam sebagai asupan kebutuhan mineral untuk lovebird
  • Lovebird menjadi tidak mudah loyo dan lesu sehingga menjadikannya lebih aktif
  • Bisa mengatasi lovebird yang malas berkicau dan lemas
  • Bisa mencegah dan mengatasi lovebird mengalami kebotakan
  • Dapat menambah daya tahan tubuh lovebird, terutama ketika perubahan cuaca yang kurang kondusif
  • Mampu menstabilkan birahi lovebird

Nah tulah informasi mengenai Cara Memberikan Garam Yang Tepat Untuk Lovebird, semoga ulasan yang di paparkan tadi dapat membantu anda. dan share apabil artikel ini bemrnafat bagi para penghobby burung kicau.

BACA JUGA :  Mencari Cara Setting Lovebird Paud/Balibu Agar Konslet Di Lapangan Lomba