Burung Kacer Anda Mogok Bunyi? Ini Solusinya!!

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai harga burung kacer terbaru di tahun ini, dan dikesempatan kali ini admin juga akan membahas megenai burung kacer yang mogok bunyi atau tidak berkicau. burung kacer merupakan jenis burung kicau yang populer di masyarakat indonesia karena memang memiliki suara yang merdu.

Burung ini memiliki sifat yang sangat agresif dan teritorial, dengan demikian juga burung ini sangat rentan mengalami stres yang, hal ini akan menyebabkan burung kacer berhenti berbunyi alias mogok berkicau. jika hal tersebut dialami oleh burung kacer peliharaan anda, maka penanganan yang tepat sangat dibutuhkan supaya kondisi burung tersebut bisa kembali berkicau.

Karena, apabila burung kacer sudah mengalami stres dan macet bunyi, maka burung tersebut harus segera mendapat penanganan. Kalau tidak segera ditangani, proses pemulihannnya bisa berlangsung sangat lama.

Bagi anda yang mengalami masalah ini, janganlah khawatir, karena disini admin akan memberikan solusi untuk masalah burung kacer yang macet berbunyi. solusi tersebut yaitu dengan terapi. ada 4 jenis terapi yang dianggap ampuh dalam mengatasi kacer mogok bunyi, Silahkan simak dibawah ini :

1. Terapi alam

Tidak sedikit para kicau mania yang menggunakan cara ini untuk mengatasi burung peliharaannya macet berbunyi, Terapi ini dilakukan dengan cara menggantang sangkar pada dahan pohon rindang yang berada di tengah lapangan atau halaman yang luas.

2. Terapi menggunakan audio

Terapi menggunakan audio juga bisa membantu mengatasi kacer mohok bunyi. Terapi ini dilakukan dengan cara memutarkan aneka suara terapi, mulai dari terapi suara alam, terapi suara air mengalir, hingga terapi dengan menggunakan gelombang brainwave.

3. Terapi untulan

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Perawatan Burung Cabe/Kamade Bahan Terlengkap

Terapi untulan dilakukan untuk membangkitkan kembali mental kacer yang ngedrop dengan memberinya pasangan yaitu burung betina. Pada kacer, terapi untulan bisa dilakukan dengan memasukkan kacer betina dalam sangkar selama beberapa waktu. Setelah itu, keduanya dipisahkan dalam jarak berjauhan, agar kacer jantan yang mogok berkicau dapat terpancing untuk mengeluarkan suara lantangnya.

4. Terapi perawatan

Terapi perawatan juga harus dilakukan untuk mengatasi kacer mogok bunyi. Terapi ini dilakukan dengan memberikan perawatan maksimal, khususnya pemberian pakan dan pola perawatan rutin lainnya.

Bentuk terapi perawatan yang umum adalah :

  • Pengembunan lebih rutin.
  • Pemberian pakan tambahan lebih ditingkatkan, terutama jangkrik. Anda juga bisa memberikan pakan tambahan lainnya seperti kepompong, egg food, belalang hijau, cacing tanah, orong-orong, dan kelabang.
  • Berikan suplemen Testo Bird Booster (TBB) yang ampuh dalam mengatasi kacer mogok bunyi.
  • Berikan terapi mandi malam setiap beberapa hari sekali.
  • Bersihkan sangkar dan memandikan burung dengan FreshAves seminggu sekali.
  • Jangan mendekatkan sangkar kacer dengan burung sejenis maupun burung teritorial lainnya seperti murai batu selama kondisinya belum pulih betul.
  • Pada malam hari, sangkar perlu dikerodong penuh agar burung bisa beristirahat total untuk pemulihan energi.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai solusi burung kacer macet berbunyi, informasi ini kami ambil dari berbagai sumber dan pengalaman para angler. kami ucapkan terimakasih kepada yang sudah suport situs ini supaya terus berkembang. salam kicau mania