6 Poin Penting Untuk Mencegah Burung Ciblek Macet Bunyi

Cherewed.com – Masih membahas seputar burung ciblek, Burung ciblek terdiri dari berbagai jenis dan spesies dan burung ini merupakan salah satu burung yang populer dikalangan pecinta burung kicau untuk peliharaan ataupun lomba. karena memang burung ini merupakan burung petarung yang memiliki sifat teritorial, kondisi tersebutlah yang selalu menyulitkan para pecinta burung untuk merawatnya.

Apabila salah perawatan sedikit saja, hal ini dapat membuat burung ciblek yang pada awalnya rajin berbunyi menjadi stres dan macet berbunyi. Sebagian besar jenis burung ciblek yang banyak dipelihara kicaumania merupakan anggota genus Prinia dari keluarga Cisticoliidae. jenis burung ini sangatlah aktif dan memiliki sifat petarung. maka dari itu perawatan burung ini harus teratur supaya burung tersebuit selalu aktif dan rajin berbunyi. dengan Perawatan rutin inilah yang nantinya dapat membentuk karakter dari ciblek itu sendiri.

TIdak sedikit kicau mania yang mengeluh burung cibleknya yang tidak bisa tampil maksimal dalam perlombaan, dan bahkan cendrung stres juga mengeluarkan suara. Pada dasaranya, sebagian besar permasalahan yang mereka alami merupakan salah satu yang disebabkan pada pola perawatannya yang kurang baik. maka untuk memulihkan kondisinya dibutuhkan pola perawatan yang tepat.

Dan anda jangan khawatir, karena disini admin akan memberikan 6 poin untuk pola perawatan supaya burung peliharaan anda tetap rajin berbunyi dan gacor. dan terhindar dari beragam masalah seperti stres dan macet bunyi.

6 Poin Penting Untuk Mencegah Burung Ciblek Macet Bunyi

1. Menjaga ketersediaan pakan

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, berikan pakan utama dan pakan tambahan atau extra fooding (EF). Pakan utama berupa voer, sedangkan EF terdiri atas berbagai jenis serangga seperti ulat hongkong, jangkrik, dan kroto. supaya burung ciblek tidak stres dan macet berbunyi, pemberian kedua jenis pakan tersebut harus selalu diperhatikan setiap hari. Untuk membuatnya tetap aktif dan rajin bunyi, pemberian pakan tambahan harus dilakukan dalam waktu teratur, misalnya setiap pagi dan sore hari.

BACA JUGA :  Ciri Ciri Fisik Burung Lovebird Anakan Betina Paling Akurat Dan Terlengkap

2. Menjaga kebersihan

Selama ini, menjaga kebersihan sangkar sering dianggap sepele, sehingga kerap diabaikan para kicaumania. Selain itu, tidak sedikit pula kicaumania yang malah menunggu kotoran menumpuk dulu, baru dibersihkan. Padahal sangkar yang jarang dibersihkan bisa menjadi tempat tumbuh-kembang parasit, tungau, bakteri, maupun jamur Akibatnya bisa diduga, burung yang terinfeksi dapat mengalami stres bahkan macet bunyi.

3. Menempatkan burung dalam kandang umbaran

Melatih ciblek dalam kandang umbaran secara teratur, misalnya 1-2 kali seminggu, bisa membantu menjaga kondisi burung tetap aktif dan rajin berkicau. Selain itu, pengumbaran juga bisa menjadi salah satu bentuk terapi bagi ciblek agar tidak mudah stres yang berujung pada macet bunyi.

4. Memenuhi kebutuhan multivitamin

Dengan memenuhi kebutuhan multivitamin, maka kesehatan burung lebih terjaga. Sistem kekebalan tubuhnya akan mengalami peningkatan sehingga mempunyai daya tahan yang lebih terhadap berbagai gangguan. Burung yang sehat tentu memiliki mental yang lebih baik, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyebab stres.

5. Menjauhkan ciblek dari burung sejenis

Ciblek adalah burung teritorial, sehingga membutuhkan lingkungan maupun ruangan untuk privasinya. Karena itu, tidak dianjurkan menggantang dua ekor ciblek dalam jarak berdekatan. Salah satu di antara keduanya sangat dimungkinkan ngedrop, stres, bahkan macet bunyi.

6. Hindari pemasteran secara berlebihan

Sebagai burung teritorial, ciblek juga mudah emosi ketika mendengar suara kicauan burung jenis lain. Karena itu, untuk mencegah ciblek stres dan macet bunyi, sebaiknya pemutaran suara masteran dari burung sejenis tidak dilakukan secara berlebihan.

Nah itulah 6 Poin Penting Untuk Mencegah Burung Ciblek Macet Bunyi, Jika anda tidak mau burung ciblek anda macet berbunyi, maka anda bisa terapkan cara-cara yang sudah admin berikan diatas. atau mungkin kalian juga, memiliki cara lain yang lebih simple, silahkan. yang penting jangan pernah lupa memberikan perawatan yang baik.