Tips Perawatan Burung Murai Batu Trotolan Ketika Ngedrop Mental

Cherewed.com РBurung murai batu ttrotolan adalah murai batu yang usianya masih muda yaitu 12 sampai 14 hari dan bulunya belum berubah seperti burung murai abtu dewasa. banyak orang yang menginginkan  burung peliharaanya bermental bagus, maka dari itu banyak sekali orang-orang yang melatih burung tersebut sejak masih trotolan. Namun karena umurnya masih muda, dan baru pertama kali dilatih, banyak murai batu trotolan yang mentalnya ngedrop. nah kondisi inilah yang harus perlu kita pulihkan.

Lalu Bagaimana Cara memulihkannya?

Tidak sedikit orang yang melatih burung murai batu trotolan dengan cara yang sama seperti yang diterapkannya pada murai batu dewasa. Jika burung sudah terbiasa, atau dari keturunan jawara, tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah. namun bagi burung murai batu yang baru dipelihara dan belum pernah dilatih mentalnya, tentu burung tersebut akan kagt sehingga burung akan mengalami stres dan ngedrop mental.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika burung murai batu trotolan ngedrop mental di awal-awal pelatihan. Karena biasanya setelah melewati masa pemulihannya, burung sudah siap dilatih kembali dengan kondisi tidak mudah stres dan ngdrop mental.

Penyebab Burung Murai Batu Trotolan Ngedrop Mental

Berikut ini beberapa Penyebab yang paling sering dijumpai antara lain :

  • Selalu ditempel burung yang sudah gacor, Hal ini harus dihindari karen akan membuatnya cepat stres dan ngedrop mental. melatih burung murai batu trotolan sebaiknya dilakukan dengan cara bertahap.
  • Terlalu dini menerapkan setingan, Burung muda trotolan membutuhkan asupan pakan yang tinggi nutrisi untuk membantu pertumbuhannya. Kalau murai batu trotolan sudah diberi pembatasan pakan melalui setelan¬† harian, hal itu malah bisa menghambat perkembangannya.
  • Burung dipaksa berlomba, Burung murai batu trotolan juga mudah stres atau ngedrop mental jika terlalu dipaksakan untuk berlomba. Burung ini masih membutuhkan pelatihan mental dan suara, sebelum siap beraksi di lapangan.
  • Kurang perawatan, Burung murai batu trotolan juga mudah stres apabila tidak mendapat perawatan yang tepat, seperti kurang jemur, terlalu sering dimandikan, kurang terpenuhi kebutuhan gizinya, sangkar kotor, dan sebagainya.
  • Kekurangan Vitamin, Burung Murai batu trotolan juga membutuhkan multivitamin yang bisa membantu menjaga kondisinya sepanjang hari. Ketika kurang vitamin, burung cenderung mudah sakit, stres, dan ngedrop mentalnya.
BACA JUGA :  Tips Akurat Mengetahui Ciri Ciri Burung Decu Jantan Dan Betina

Perawatan murai batu trotolan ngedrop mental

1. Burung disimpan di tempat tenang

Tempatkanlah burung trotolan di tempat yang sangat tenang, jauhkan dari burung lainnya. lokasi yang bagus adalah kamar yang sudah dilengkapi perangkat audio terapi.

2. Berikan pakan harian secara full, tanpa dibatasi setingan

Burung murai batu trotolan memerlukan asupan pakan kaya nutrisi untuk membantu proses pertumbuhannya. Berikan pakan tambahan dalam jumlah sewajarnya. Setelah berganti bulu dewasa, barulah diberi setelan rawatan sesuai dengan yang diinginkan.

3. Mandikan dua hari sekali

Burung trotolan jangan terlalu sering dimandikan. Untuk menjaga kesegaran dan kebersihan bulu dan tubuh, mandi dapat dilakukan setiap 2-3 hari sekali. Burung dimandikan dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer.

4. Jaga kebersihan sangkar

Menjaga kebersihan sangkar dapat menjadikan burung selalu merasa segar, lincah, dan rajin bunyi, karena terhindar dari ancaman berbagai agen penyakit, khususnya parasit

5. Rutin diembunan

Pengembunan secara rutin dapat membantu memulihkan murai batu trotolan ngedrop mental. Lakukan setiap hari dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca saat itu.

6. Berikan multivitamin
Untuk mencegah burung murai batu trotolan supaya tidak mudah stres, biasakan memberikan multivitamin seperti BirdVit. Porduk ini memiliki kandungan zat aktif yang sangat baik untuk pemulihan burung stres dan ngedrop. BirdVit juga membantu menjaga kondisi burung sepanjang hari sehingga tetap sehat dan lincah.

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Tips Perawatan Burung Murai Batu Trotolan Ketika Ngedrop Mental, Semoga cara yang sudah admin berikan diatas dapat membantu anda dalam perawatan burung trotolan. salam satu hobbby