Tips Mencegah dan Mengobati Gigitan Nyamuk Pada Burung Kenari

Cherewed.com – Salah satu hal yang harus kita perhatikan dalam perawatan burung kenar adalah kesehatannya. banyak sekali para kicau mania yang mengeluh burung peliharaanya rentan terhadap penyakit. hal yang harus kita perhatikan di bagian kakinya karena bagian tersebut tidak terlindungi oleh bulu.

Burung peliharaan yang sering beraktivitas di dalam kandang tentunya sangat rentan mendapatkan rasa sakit karena disebabkan kakiknya terkena jeruji besi dan juga salah satu penyebab kaki kenari terluka oleh berbagai gigitan hewan, Biasanya gangguan hewan yang sering dijumpai yaitu seperti kucing, ular, tikus dan serangga.

Jenis hewan yang paling sering membuat kaki burung kenari terluka adalah nyamuk dan semut. karena memang hewan ini memiliki ukuran kecil dan sangat mudah masuk kedalam sangkar untuk menggigit kaki kenari. Pada umumnya gigitan nyamuk tidak menimbulkan resiko berat. Tetapi jika hal ini dibiarkan terlalu lama dan sering maka akan mengganggu aktivitas burung kenari.

Biasanya nyamuk menyerang burung kenari terjadi pada malam hari saat burung benar-benar tertidur,  Burung kenari yang digigit nyamuk akan menyebabkan munculnya bintik-bintik merah dibagian kakinya. dengan demikian kaki burung kenari akan menjadi bengkak. walaupun kebengkakan tidak seberapa, namun hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanannya.

Lalu Bagaiaman cara Mencegahnya?

Cara mencegah nyamuk masuk ke dalam sangkar burung kenar taitu dengan pengerodongan, Penggunaan kerodong disesuaikan dengan ukuran kandang, sehingga kain bisa sepenuhnya menutupi kandang. Pastikan tidak ada celah sedikitpun dalam kandang supaya nyamuk tidak bisa masuk kedalam sangkar. Hindari penggunaan bahan kimia untuk mengusir nyamuk. karena menggunakan bahan kimia bisa menyebabkan burung keracunan dan terganggu kesehatannya.

Cara Pengobatannya

BACA JUGA :  4 Tips Dan Trik Cara Merawat Burung Cililin

Apabila burung kenari anda sudah terlanjur tergigit semut atau nyamuk sehingga menimbulkan bintik-bintik, pertolongan yang paling utama adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih atau minyak tawon ke kaki kenari sebelum bintik tersebut membesar atau membengkak. pemerian minyak kayu putih lebih efektif dibandingkan pemeberian salep. Karena salep lebih efektif jika diberikan untuk mengobati penyakit jamur. Namun Apabila kaki burung kenari anda sudah terlanjur membengkak, Maka pengobatan yang pas untuk Kenari adalah dengan pemberian BirdCream di sekitar kaki burung.

Nah itulah informasi mengenai Tips Mencegah dan Mengobati Gigitan Nyamuk Pada Burung Kenari yang dapat admin sampaikan kepada anda, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencegah pembengkakan pada kaki burung kenari. jika ingin mencegahnya anda harus benar-benar memasang krodong tanpa adanya celah untuk masuk jenis serangga apapun.