Tips Melatih Kenari Jago Kandang Agar Bermental Lomba

Cherewed.com – Burung kenari dikenal dengan burung yang memiliki suara yang lantang dan merdu, Burung ini menjadi salah satu burung populer di kalangan kicau mania karena tidak hanya pandai berkicau saja namun mau bernyanyi kapan dan dimanapun terutamanya di dalam lomba. namun ada juga sebagian burung kenari yang hanya berbunyi di rumah saja ketika dibawa kelapangan burung tersebut menjadi diam kebingungan dan tidak mau berbunyi.

Burung Kenari yang gacor di rumah, tetapi diam ketika bertemu lawan-lawannya di lapangan, dikenal dengan istilah “jago kandang”. Umumnya perilaku seperti itu sering dialami kenari muda, belum berpengalaman, atau tidak mempunyai mental yang cukup untuk turun ke perlombaan.

Lalu Bagaimana Supaya Burung Kenari Yang Jago Kandang Menjadi Gacor Dilapangan/Lomba?

Untuk masalah ini tentunya anda harus benar-benar melatihnya secara tepat. maka dari itulah disini admin akan memberikan suatu Tips atau cara melatih burung kenari yang jago kandang memiliki mental lomba. selengkapnya bisa anda baca tahapan tahapannya dibawah ini :

1. Rajin Melakukan Pemasteran

Burung yang memiliki suara bervariasi cenderung merasa paling top dan sangat percaya diri dengan penampilannya. Untuk mendukung hal tersebut, pemasteran menjadi satu-satunya cara agar burung memiliki lagu-lagu atau irama yang lebih bervariasi.

2. Melatih di Sekitar Latberan

Jika ada even latberan atau lomba burung dekat dengan rumah Anda, cobalah bawa kenarinya ke tempat tersebut, meski bukan untuk ikut berlomba, namun sekadar melatih dan membiasakan mentalnya dengan suasana keramaian.

3. Sering merubah posisi dan letak gantangan

Sangkar yang selama ini hanya digantang di satu tempat saja cenderung membuat kenari menjadi “jago kandang”. Karena itu, untuk melatih mentalnya, Anda harus sering merubah posisi dan letak gantangannya.

BACA JUGA :  Tips dan Cara Melatih Mental Bertarung Burung Murai Batu

4. Berpindah-pindah sangkar

Selain menggantang burung dengan posisi dan letak berbeda-beda, ada cara lain yang bisa dilakukan beberapa hari sekali, yaitu memindahkan burung ke dalam sangkar lainnya. Dengan penggantian sangkar ini, diharapkan burung kenari lebih mudah berbunyi kapan dan di mana saja.

5. Rutin memberikan vitamin

Perlu juga diperhatikan, meski kenari rajin bunyi dan bermental bagus, jika tidak didukung oleh kondisi tubuhnya yang fit, maka burung cenderung tidak mau menunjukkan sikap melawan. Karena itu, pemberian vitamin sangat diperlukan untuk menjaga kondisi dan mentalnya agar selalu prima itu. BirdVit bisa menjadi salah satu solusi yang terbaik.

Jika anda mau menerpakan beberapa metoyang telah admin sampaikan diatas, dan juga didukung dengan pemberian pakan yang teratur, mandi, berjemur maka kenari akan lebih siap ketika bertemu lawannya, baik dalam sebuah latberan maupun lomba burung berkicau.

Semoga artikel mengenai Tips Melatih Kenari Jago Kandang Agar Bermental Lomba bermanfaat untuk anda jadikan sebuah acuan untuk membuat burung anda lebih gacor di rumahan ataupun diperlombaan.