Tips Dan Cara Merawat Burung Kenari Yang Sudah Tua

Cherewed.com – Apakah anda memiliki burung kenari yang sudah berusia lanjut? jika iya, tentunya anda harus memberikan ekstra untuk memperhatikan perawatanya.  supaya burung kenari kesayngan anda bisa hidup lebih lama lagi. pada umumnya burung kenari memiliki rentang hidup 8 sampai 10 tahun. namun ada beberapa individu yang bisa bertahan hingga 10 thn lebih. ini biasanya terjadi kepada burung kenari berjenis kelamin jantan.

Jika umurnya semakin tua, tentunya makin tinggi pula resiko burung peliharaan kita terkena penyakit. maka dari itulah perawatan yang sangat tepat harus diterapkan kepada burung yang sudah memiliki usia ini. memang hal ini menjadi kebanggan tersebdiri pabila kita bisa merawat burung peliharaan kita sampai tua. mungkin sudah bisa dibilang burung sebagai keluarga kita.

burung kenari

Pada umumnya, pada burung kenari ini akan ditandai dengan paruh dan kukunya yang tumbuh semakin panjang, kulit kering keriput, dan pada kakinya terlihat bersisik. apabila burung ini tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka akibatnya burung rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti kelumpuhan, bulu kering dan mudah rusak, gangguan reproduksi,kekurangan gizi dan lain sebagainya.

Hal yang paling penting dalam perawatan burung kenari yang sudah tua adalah memberikan burung tersebut pola makan yang benar-benar baik dan teratur, Dengan demikian, burung akan terhindar dari masalah kekurangan gizi, obesitas, maupun komplikasi lain dari asupan kalori berlebihan. dan juga, hindari memberi pakan yang mengandung protein secara berlebihan.

Bagaimana Cara Perwatan Burung Kenari Yang Sudah Tua/Usia Lanjut ?

Berikut ini tips perawatan harian untuk burung kenari sudah tua :

  • Pagi hari, burung dikeluarkan untuk diberikan penjemuran seperlunya.
  • Berikan pakan biji-bijian yang lengkap.
  • Berikan pula pakan tambahan berupa sayur-sayuran seperti wortel, daun-daunan, dan tomat
  • Sediakan tulang sotong.
  • Untuk memastikan kecukupan vitamin dan mineral, berikan multivitamin dan multimineral secara berkala, misalnya BirdVit dan BirdMineral.
  • Pada sore dan malam hari, burung dikerodong full sampai keesokan paginya.
BACA JUGA :  Mengenal Burung Murai Air Dan Perawatannya

Beberapa bentuk perawatan lain yang harus diperhatikan :

  • Amati kondisi paruh dan kukunya. Jika semakin tumbuh panjang, segera lakukan pemotongan.
  • Kurangi sisik berlebihan pada kaki-kakinya. Sebab sisik yang berlebihan bisa menjadi sarang bagi tungau jahat, serta menjadi tempat berkembang biaknya jamur. Mengurangi sisik berlebihan bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak sayur yang dioleskan pada bagian kakinya, lalu diurut secara perlahan.
  • Usahakan agar lingkungan sekitar selalu aman, nyaman, dan tidak membuat burung stres.

Nah Dengan menerapkan pola perawatan secara baik dan tepat, maka burung kenari yang sudah berumur lanjut pun akan tetap lincah, aktif, dan rajin berkicau. Jika anda sayang terhadap burung kenari anda, maka terapkanlah perawatan yang baik seperti yang sudah admin jelaskan diatas. Semoga Bermanfaat