Tips dan Cara Membedakan burung Kenari Jantan dan Betina

Cherewed.com – Walaupun sudah banyak artikel yang membahas mengenai cara membedakan burung kenari jantan dan betina, namun terkadang masih saja tetap ada yang bertanya kepada kita. ya mungkin dikarenakan para kicaumania masih kebingungan dalam mengidentifikasi jenis kelamin burung tersebut. Sebenarnya kita bisa membedakan melalui pengamatan fisik maupun prilaku dari burung tersebut.

burung Kenari merupakan salah satu jenis burung yang populer maka dari itulah banyak para kicau mania yang memelihara burung ini bahkan sampai membudidayakannya. karena warna bulunya yang cantik dan suaranya yang merdu menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk meliharanya.

Kebanyakan penghobyy kicaumania pasti selalu memilih jantan daripada betina ini dikarenakan suara kicau burung kenari yang berjenis kelamin jantan memiliki suara atau kicauan yang bervariasi. tetapi faktanya tidaklah mudah untuk membedakan mana burung berjenis kelamin jantan dan betina.

Bagi para pemula untuk membedakan jenis kelamin jantan dan jenis kelamin betina ini salah satu hal yang merepotkan, karena terkadang orang yang berpengalamanpun bisa saja salah dalam membedakan jenis kelamin burung tersebut.

 

Disini ada dua metode yang bisa anda gunakan dalam membedakan ke dua jenis kelamin burung tersebut. yang pertama dengan menggunakan metode pengamatan fisik dan pengamatan prilaku.

1. Pengamatan Fisik

Membedakan jenis kelamin burung kenari melalui pengamatan fisik lebih mudah dilakukan ketika burung sudah berumur 7 bulan atau lebih. Pada umur tersebut, kenari telah mencapai umur dewasa kelamin, di mana organ-organ reproduksinya sudah mulai berfungsi.

Ciri fisik yang bisa diamati :

  • Kenari jantan umumnya mempunyai tubuh lebih ramping, atletis, dan pose yang lebih tegak.
  • Kenari betina umumnya mempunyai tubuh dan kepala yang lebih kecil dan bulat.
  • Bulu-bulu pada kenari jantan tampak lebih tegas dan lebih cerah daripada kenari betina.
  • Kenari jantan terlihat lebih sering memberi makan / meloloh kenari betina melalui paruhnya.
  • Kenari jantan cenderung bersifat lebih agresif, sedangkan kenari betina akan menghabiskan waktunya dengan mengumpulkan bahan sarang dan menyusun sarangnya.
  • Kloaka pada kenari betina terlihat membengkak kemerahan, terutama jika sudah siap kawin. Adapun kloaka pada kenari jantan terlihat lebih menonjol.
BACA JUGA :  Proses Perawatan Burung Jalak Rio Setiap Hari Paling Akurat Agar Cepat Gacor

2. Pengamatan Prilaku

Burung kenari yang sudah berumur dewasa atau siap kawin selalu menunjukan prilaku yang unik ketika mendengar suara kicauan jantan. perilaku yang muncul pada kenari betina saat mencengar kicauan kenari jantan antara lain :

  • Membungkukkan badan sambil mengangkat kepala dan ekor.
  • Menggetar-getarkan kedua sayapnya dan kloakanya

Tidak seperti burung kenari jantan yang memiliki suara kicauan bervariasi, burung kenari betina umumnya hanya mengeluarkan suara panggilan. Suara tersebut bisa kita dengarkan sebagai suara “cuitan” saja.

Ok itulah yang dapat admin sampaikan kepada anda, semoga artikel mengenai Tips dan Cara Membedakan burung Kenari Jantan dan Betina bermanfaat bagi para pengunjung semuanya. Salam Satu Hobby sdan salam kicauu.