Tips Cara Merawat Indukan Burung Kenari Yang Sedang Mengerami Telurnya

Cherewed.com – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan Tips Cara Merawat Indukan Burung Kenari Yang Sedang Mengerami Telurnya, Beternak burung kenari memang pada dasarnya lebih mudah dibandingkan dengan burung kicau lainnya seperti murai batu, anis merah, kacer, anis kembang dll. tetapi tetap saja beternak burung kenari tidak bisa dianggap mudah, tidak sedikit orang yang gagal dalam dalam masa pengeramannya.

Beternak kenari tanpa perawatan yang tepat, proses penangkaranpun bisa menuai kegagalan. kegagalan yang biasanya mucul disebabkan antaranya telur gagal menetas, induk kenari tidak mau mengerami telurnya, bahkan telur selalu dibuang. Untuk meminimalisir kegagalan tersebut, maka dari itulah untuk meminimalisir kegagalan tersebut kami akan memberikan Cara Merawat Indukan Burung Kenari Yang Sedang Mengerami Telurnya supaya bisa berjalan lancar.

Salah satu hal penting dalam penangkaran burung kenari adalah ketika induk selesai meletakkan telur-telurnya dan mulai mengeram. Tahap ini menjadi penentu keberhasilan dalam proses beternak. simaklah beberapa tips berikut ini yang bisa anda terapkan untuk perawatan induk kenari ketika mengerami telurnya. supaya proses penetasan berjalan dengan lancar.

1. Penempatan kandang ternak

Kebanyakan orang biasanya menggunakan sangkar harian untuk beternak kenari karena memang lebih praktis dan serbaguna, dan juga bisa di pindahkan kapan saja. sangkar sebaiknya diletakan di tempat yang benar-benar tenang dan jauh dari keramaian. anda harus tetap memperhatikan selama indukan sedang mengerami telurnya, sebaiknya jangan terlalu sering memindahkan sangkarnya karena hal ini akan membuat indukan kenari terganggu sehingga kenari akan mengabaikan sarang dan telur-telurnya. dan jangan pernah menggantang sangkar lain di dekat burung yang mengerami apalagi burung tersebut adalah jantan yang memiliki suara gacor, karena hal ini bisa membuyarkan konsentrasi induk betina bahkan mengacak-acak sarang dan membuang telurnya.

BACA JUGA :  Tips Perawatan Burung Sanger Supaya Cepat Ngerol dan Bersuara Lantang

2. Pemberian pakan

Sebagian besar waktu kenari betina digunakan untuk mengerami telur-telur di tempat sarang. Selama itu, kenari betina terkadang keluar dari sarang untuk mencari pakan, setelah itu kembali menjalankan tugas pengeramannya. Karena itu, pemberian pakan untuk induk kenari yang sedang mengeram sebaiknya mulai ditingkatkan. Berikan asupan pakan yang bergizi untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatannya. dan juga tambahkan 1 cepuk pakan yang berisi potongan-potongan kecil buah dan sayuran (apel, tomat, wortel rebus).

3. Menjaga kelembaban Sangkar

Hal yang penting lainnya adalah menjaga kelembaban kandang ternak. supaya telur bisa menetas dengan sempurna, dibutuhkan suhu yang hangat dan kelembaban yang cukup. untuk Menjaga kelembaban bisa dilakukan dengan menempatkan bak mandi di sangkar. Biasanya induk kenari akan langsung mandi dan segera mengerami telur-telurnya dalam kondisi bulu masih basah. hal tersebut untuk melembabkan telur yang dieraminya. tetapi terlalu lembab/basah tidak baik juga untuk induk maupun telur yang dieraminya. untuk mengurangi kelembaban biasanya peternak akan menempatkan lampu penghangat tidak jauh dari tempat sarang.

4. Menjaga kebersihan sangkar

Hal ini yang harus selalu diperhatikan, karena sangkar yang bersih tentu akan membuat penghuninya merasa nyaman, serta terhindar dari berbagai agen penyakit seperti bakteri, parasit, jamur dan lain sebagainya. karena jika sangkar terlalu kotor risikonya tidak hanya dialami induk kenari saja, melainkan juga telur-telur yang sedang dierami. Penyakit bisa masuk dan membunuh embrio di dalam cangkang sehingga telur gagal menetas. dengan melakukan cara-cara yang sudah disampaikan diatas proses pengeraman akan berlangsung secara sempurna sampai telur-telur menetas.

Demikian Tips dan Cara Merawat Indukan Burung Kenari Yang Sedang Mengerami Telurnya supaya berjalan dengan lancar. semoga cara ini bisa membantu kalian yang sedang terjun ke dunia peternakan burung kenari.

BACA JUGA :  Tips Menjaga Kondisi Burung Kacer Agar Tetap Stabil