Tips Atau Cara Perawatan Burung Kenari Agar Tampil Prima di Perlombaan

Cherewed.com – Banyak cara untuk merawat burung kenari supaya tampil dengan performa baik di lapangan perlombaan namun tidak sedikit para kicaumania menyepelekan dari segi perawatan tersebut akibatnya banyak orang yang kecewa pas burung peliharaanya dilombakan. kekecewaan itu salah satunya kurangnya stamina dan menjadikan burung malas untuk bernyanyi. kenari yang ingin dilombakan tentu harus memiliki stamina prima agar rajin berbunyi. Pola perawatan harian yang tepat, serta setelan lomba, berperan penting bagi kenari agar bisa menampilkan performa terbaiknya.

Menjaga kondisi dan stamina burung yang akan dilombakan agar tetap prima bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti mulai dari melatih hingga memberi multivitamin. Selain itu, untuk menjaga kondisi birahinya agar stabil dan siap tempur di lapangan, kita juga perlu mengatur pola makan dan perawatan lainnya.

Nah berikut ini admin akan memberikan suatu Tips Atau Cara Perawatan Burung Kenari Agar Tampil Prima di Perlombaan, simak dibawah ini :

1. Berikan Pakan Sesuai Dengan Kondisi Burung

Selalu amati prilaku burung kenari anda setiap hari. hal ini berguna untuk mengetahui lebih detail karakter dan kebiasaan burung anda. Selain itu, kita bisa menjadi siaga jika sewaktu-waktu terjadi perubahan pada kenari, misalnya suara maupun tingkah lakunya. jika Anda ingin mengenal lebih dekat karakter dan kebiasaan burung tersebut. Selain itu, kita bisa menjadi siaga jika sewaktu-waktu terjadi perubahan pada kenari, misalnya suara maupun tingkah lakunya. Jadi kita bisa mengetahui ketika kenari tiba-tiba menjadi jarang berbunyi, meski kondisinya sangat fit. Biasanya hal ini akibat faktor kurang birahi. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengatasinya dengan memberikan pakan berprotein tinggi. mungkin anda tahu kan maksudnya dari penjelasan ini? kalau urang jelas bisa berkomentar di kolom yang sudah di sediakan.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Parkit Semua Jenis Update Terbaru

2. Gunakan Sangkar Besar Untuk Menjaga Stamina

Untuk melatih fisik dan menjaga stamina burung kenari gunakanlah kandang umbaran. Apabila tidak memiliki kandang umbaran, bisa juga menggunakan sangkar besar atau berukuran luas. Agar hasilnya optimal, penggunaan sangkar besar sebaiknya dilakukan setiap hari dengan jadwal teratur. Misalnya, setiap usai mandi, atau ketika mau dijemur, kenari dipindah dari sangkar hariannya ke sangkar besar. Usai dijemur, kenari tetap dibiarkan dalam sangkar besar hingga siang hari (misalnya pukul 13.30 – 14.00). Setelah itu, burung bisa dipindah kembali ke sangkar hariannya.

3. Meningkatkan Stamina Dengan Multivitamin

Menjaga kondisi dan stamina kenari agar tetap prima tidak cukup melalui pemberian pakan berkualitas ataupun melatihnya di kandang umbaran saja. Bagaimana pun, kenari harus mendapat nutrisi yang seimbang, terutama kebutuhan vitamin yang biasanya tidak cukup hanya melalui pemberian pakan saja.

Anda dapat memberikan multivitamin seperti BirdVit untuk memastikan kecukupan kebutuhan vitamin. Pemberian multivitamin sesuai dengan aturan yang teratur akan membuat burung tersebut selalu dalam kondisi fisik yang prima.

4. Tambahkan tulang sotong

Tidak banyak para kicaumania yang mau menyediakan tulang sotong atau sumber kalsium lain di dalam sangkar. Padahal, selain sebagai sumber kalsium untuk kekuatan tulang dan bulu, tulang sotong juga bermanfat menetralisir kandungan asam dari air minum yang di sediakan.

5. Wajib Mandi Setiap Hari

Salah satu hal yang paling penting lainnya dalam perawatan kenari adalah memandikannya setiap hari. untuk menjaga kesegaran sekaligus membersihkan bulu-bulu dari kotoran dan parasit. Mandi rutin terbukti dapat membantu burung kenari dalam membangun mentalnya. Mandikan kenari setiap pagi hari dengan menggunakan bak mandi atau cepuk yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya.

BACA JUGA :  2 Manpaat Dan Khasiat Memandikan Burung Lovebird Malam Hari Paling Lengkap