Solusi Mengatasi Burung Murai Batu Mogok Makan Voer

Cherewed.com – Banyak yang bertanya, bagaimana solusi  mengatasi burung murai batu yang mogok makan voer? ya ternyata tidak hanya manusia saja yang bisa mogok makan, hewan seperti burungpun bisa mogok makan, lalu kenapa burung murai batu bisa mogok makan? pertanyaan inilah yang akan kita bahas disini.

Biasanya kasus mogok makan yang terjadi pada burung salah satunya pada burung murai batu yang baru dibeli selalu memanjakannya dengan memberi pakan hidup seperti jangkrik, ulat hongkong secara berlebihan, atau bahkan memberikannya dengan cara menyodorkan atau melempar ke dasar sangkar. sebenarnya kasus ini tidak hanya terjadi pada burung murai namun juga bisa terjadi kepada burung kicau lainnya seperti burung cendet atau kacer.

Biasanya kenapa burung murai batu bisa mogok makan voer adalah karena kita terlalu sering memberikan pakan hidup dalam jumlah berlebihan. hal ini akan mejadi sebuah kebiasaan. maka tidaklah heran apabila pada suatu saat burung tersebut di kasih voer dan tidak mau memakannya.

Ketika murai batu terbiasa menikmati pakan hidup yang disodorkan atau dilempar pemiliknya, maka burung akan membangun kebiasaan baru dalam memorinya. Burung akan terus menunggu majikan datang membawa pakan hidup, sehingga secara bertahap gagal mengenali lagi pakan kering seperti voer. ketika murai batu yang sudah dalam kondisi seperti ini terlihat mendekati wadah voer, biasanya dia bukan mau makan, tapi malah mengobrak-abrik voer dalam wadah, karena mencoba mencari pakan hidup dalam wadah tersebut.

Kalau kondisi ini terus dibiarkan, maka tidaklah musatahil bagi burung tersebut tidak lagi menyukai voer dan hasilnya akan mogok makan. kedepannya bisa saja burung mb tidak lagi menganggap bahwa voer adalah pakannya. dan dia akan menunggu majikannya memberi pakan hidup. dalam hal ini ada tanda-tanda dimana burung sudah mulai malas makan voer yaitu kotorannya berwarna putih, agak encer, sehingga tak menggumpal lagi. Tetapi burung masih terlihat sehat, masih mau makan extra fooding, masih aktif bergerak, dan bulunya masih bagus.

BACA JUGA :  Jenis Pakan Voer Anis Merah Harian Terbarik Agar Gacor Rajin Bunyi

Lalu Bagaiamana Solusi Untuk Burung Murai Batu Yang Mogok Makan Voer?

Solusi A mengatasi MB mogok makan voer

Banyak sekali para kicau mania yang kebingung akibat kasus ini, mereka hawatir burung kelaparan dan mati, akhirnya dia terus memberinya pakan hidup. Akibatnya, murai batu makin tergantung pada pakan hidup dan tak mau ngevoer lagi. Kondisinya persis seperti ketika burung masih di alam liar.

Sebenarnya dengan sedikit ketegasan, misalnya dengan melaparkan burung, masalah ini bisa diatasi secara bertahap. Dan Berikut ini salah satu solusi yang bisa anda lakukan :

  1. Mulai siang hari, murai dibuat kelaparan dulu. Artinya, Anda tak perlu memberinya EF dalam bentuk apapun, baik jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Tetapi voer tetap disediakan dalam wadahnya.
  2. Karena lapar dan tak ada pakan lain, sebagian burung biasanya mau makan voer. Tetapi ada juga burung yang tetap tidak mau makan voer. Jangan khawatir burung mati, karena burung baru mengalami kondisi kritis setelah 3 hari berturut-turut tidak makan sama sekali.
  3. Setelah dibuat lapar setengah hari lebih, silakan periksa kondisi burung esok harinya. Cek kotorannya, apakah sudah berwarna kehijauan dan menggumpal, sebagaimana ciri burung yang makan voer.
  4. Jika belum terlihat ada perubahan, jangan menyerah! Lanjutkan dulu sampai sore hari. Jadi, kita mencoba tidak memberi pilihan pakan kepada burung, kecuali hanya menyediakan voer. EF untuk sementara tetap diliburkan.
  5. Sore hari, amati lagi perubahan pada kotoran burung, juga kondisi kesehatannya. Jika tidak ada perubahan, Anda bisa menebarkan voer ke dasar sangkar. Cek kembali apakah burung yang sudah kelaparan ini mau makan voer.
  6. Kalau sudah ada perubahan, beri waktu sehari lagi di mana burung hanya diberi voer. Hal ini untuk membiasakan burung mau ngevoer lagi.
  7. Hari berikutnya, burung sudah mulai diberi EF lagi, namun dalam jumlah sedikit dulu. Secara bertahap, porsinya bisa dinormalkan seperti ketika burung belum bermasalah.
BACA JUGA :  Manfaat Ulat Hongkong Untuk Burung Murai Batu dan Efek Sampingnya

Selanjutnya, pastikan Anda tidak memberikan EF dengan cara menyodorkan atau melemparnya ke dasar sangkar. Karena hal ini akan membuat burung manja, dan selalu menganggap kehadiran Anda pasti akan melemparkan atau menyodorkan pakan hidup, yang berpotensi mengulang kembali kesalahan serupa sehingga burung mogok makan voer lagi.

Solusi B mengatasi Murai Batu mogok makan voer

Dalam hal ini, pakan serangga dicampur dengan voer. Solusi ini bisa diterapkan jika solusi A tidak membuahkan hasil. Bisa juga diterapkan jika Anda sejak awal khawatir murai batu bakal mati kelaparan.

Caranya  :

  • Pakan hidup seperti jangkrik dan ulat hongkong dipotong-potong, juga kroto, dicampur ke dalam wadah voer. Sebagian dilembutkan dulu, dan sebagian dibiarkan apa adanya.
  • Mengapa harus dilembutkan? Ini untuk mengakali ketika burung mengambil daging jangkrik, ulat, dan kroto, sehingga remahan voer otomatis ikut menempel dan akan termakan pula oleh murai batu.
  • Kalau dilakukan secara bertahap, hal ini bisa mengurangi ketergantungan burung terhadap pakan hidup. Sebab ketika pakan hidup dalam wadah voer sudah habis, kemudian burung mulai lapar, dia akan coba mengambil voer dan memakannya.
  • Setiap hari, periksa kondisi kotoran burung. Jika burung hanya mengambil pakan hidup saja, atau sebagian besar pakan hidup, kotoran akan terlihat keputihan. Kalau kotoran kehijauan, atau gelap, berarti burung sudah makan voer.

Nah itulah Solusi Mengatasi Burung Murai Batu Mogok Makan Voer yang dapat kami sampaikan, jika burung murai batu peliharaan anda yang mengalami kasus ini, sebaiknya anda harus secepatnya bertindak sebelum murai batu anda benar-benar melupakan pakan voer.