burung murai batu

Perawatan Yang Spesial Untuk Mengatasi Suara Serak Pada Burung Murai Batu

Cherewed.com – Pada artikel sebelumnya admin telah membahas Cara Memulihkan Burung Kenari Yang Bersuara Serak, Nah hal yang serupa juga bisa terjadi kepada burung murai batu, maka dari itulah disini admin akan membahas cara mengatasi suara serak untuk burung murai batu.

Suara yang indah pada burung murai batu memang menjadi daya tarik tersendiri, burung ini kerap menghipnotis para penggemar kicaumania. karena memang suara kicauannya menjadi andalan pada saat burung ini dilombakan, apabila burung murai ini mengalami serak dan tidak bersuara, maka tidak ada yang bisa diandalkan lagi, karena hal ini akan berefek kepada performanya.

burung murai batu

Suara burung yang bersuara serak tentunya sangat tidak enak didengar, apabila kondisi ini terjadi nkepada burung yang akan kita lombakan tentunya ini akan membuat kita merasa galau. karena pastinya penampilan dilapangan akan menurun secara drastis. jika masalah ini tidak secepatnya diatasi makan burung tersebut akan bertambah parah.

Ada beberpa faktor kenapa burung murai batu bisa mengalami serak, salah satunya anda bisa simak di bawah ini :

  • Waktu penjemuran terlalu lama, sehingga burung mengalami dehidrasi dan stres.
  • Burung mengonsumsi pakan yang sudah basi.
  • Penempatan sangkar terlalu dekat dengan sumber polusi udara, seperti dekat lokasi pembakaran sampah, pinggir jalan raya yang penuh asap knalpot kendaraan, atau bahkan digantang di dekat sumber asap yang berasal dari masaka.
  • Burung terinfeksi agen penyakit (bakteri, parasit, dan virus) yang menyerang tenggorokan maupun saluran pernafasannya.
  • Burung selalu dipancing untuk bunyi sepanjang harinya. Misalnya digoda dengan burung betina atau diputarkan suara pancingan melalui perangkat mp3.

Itulah beberapa faktor yang harus dihindari anda supaya burung murai anda tidak mengalami serak.

BACA JUGA :  Penyebab Kematian Mendadak Pada Burung Kenari

Lalu Bagaimana cara Mengatasinya?

Untuk mengatasi suara serak pada murai batu, diperlukan perawatan intensif. Berikut ini perawatan spesial yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi suara serak pada burung murai batu :

  • Burung murai batu diembunkan secara rutin, sebelum matahari terbit
  • Selama masa pemulihan, sangkarnya full kerodong. Burung dijauhkan dari keberadaan burung-burung lain agar tidak terpancing untuk berkicau.
  • Pemberian voer bisa dihentikan sementara. Berikan pakan full EF yang terdiri atas kroto segar (2 sendok teh) pada pagi dan sore harinya, serta potongan kecil tubuh jangkrik (1-2 ekor).
  • Untuk pemulihannya, EF diolesi dengan BirdTwitter yang merupakan larutan oral yang mengandung zat antiparasit penyebab suara serak dan gangguan pernafasan lainnya pada burung.
  • Frekuensi mandi dikurangi dulu. Durasi penjemuran juga mesti dikurangi.
  • Berikan air matang sebagai air minumnya setiap pagi dan siang hari. Adapun siang hingga sore hari, air minum diganti dengan air larutan penyegar.

Jika anda benar-benar mengalami masalah ini, coba terapkan  cara-cara yang sudah admin sampaikan diatas. karena tidak sedikit orang yang menggunakan cara-cara tersebut berhasil. dan selanjutnya bagian anda. semoga cara ini 100% berhasil untuk burung murai batu yang mengalami serak. terimakasih karena telah membaca informasi mengenai Perawatan Yang Spesial Untuk Mengatasi Suara Serak Pada Burung Murai Batu, Salam Kicaumania.