Penyebab Burung Murai Batu Lambat Panas dan Cara Mengatasinya

Cherewed.com – Pernahkah burung murai batu anda mengalami lambat panas pada saat lomba? Pastinya hal ini akan sangat mengecewakan bagi para pemiliki burung burung murai batu yang mengalami lambat panas. sebenarnya banyak prilaku burung murai batu yang tidak kita inginkan pada saat lomba. salah satunya prilaku lambat panas.

Lambat panas adalah dimana burung murai batu lawan sudah panas  dalam emosi, kicauan dan gaya fighternya/bertarung. namun murai batu kita masih belum panas dan pastinya lambat untuk mengeluarkan kemampuan berkicaunya. dengan demikian penampilan burung murai anda di dalam lomba tidak tampil maksimal seperti yang diinginkan.

Prilaku burung yang lambat panas tentunya tidak disukai oleh pemilikinya, maka masalah yang seperti ini harus secepatnya di atasi supaya kejadian tersebut tidak terulang terus menerus.

Lalu Apa Sebenarnya Penyebab Murai Batu Lambat Panas?

Burung Murai batu memiliki mental fighter dan teritorial, dimana di tempatnya berada murai batu lainnya, murai batu akan merasa terganggu dan mengeluarkan kicauan lantang yang cenderung untuk mengintimidasi lawannya.

Apabila burung murai batu di dekati burung lawannya, dan burung tidak langsung “ menyerang “ dengan kicauan lantang yang mengintimidasi lawannya, maka ada beberapa kemungkinan yang membuatnya berperilaku seperti itu. Salah satunya :

  • Burung Murai Batu Kurang Emosi
  • Burung Murai Batu Kurang Birahi
  • Burung Murai Batu Kurang Energi

Nah ketiga hal inilah yang menyebabkan burung murai batu lambat panas, karena faktor emosi, faktor birahi dan energi yang cukup menjadi faktor membuat burung rajin bunyi dan memiliki mental yang bagus dalam perlombaan burung kicau.

Bagaimana Cara Mengatasi Burung murai batu lambat panas?

Untuk mengatasi masalah tersebut tentunya kita sebagai pemilik harus mengetahui apa penyebabnya, apakah benar kurang birahi, emosi, atau kurang energi? Tahapan yang harus anda lakukan adalah memberinya pakan ulat hongkong dan jangkrik, berilah sedikit lebih banyak, hal tersebut untuk meningkatkan birahinya pada saat lomba.

BACA JUGA :  24 Solusi Akurat Agar Burung Anis Merah Macet Supaya Cepat Gacor Paling Lengkap

Kita akan menjelaskan sedikit lebih rinci untuk ke 3 masalah tersebut :

  1. Kurang Emosi, Untuk mengatasi murai batu yang kurang emosi, beberapa hari menjelang lomba, burung murai batu di jauhkan dari murai batu lainnya, dan sangkar burungnya harus selalu dalam keadaan di krodong.
  2. Kurang Birahi, Apabila burung yang memiliki birahi stabil murai batu tersebut cendrung bakal rajin berbunyi. namun ketika burung murai batu kurang birahi maka akan sebaliknya, burung tersebut akan sedikit malas untuk berbunyi dengan demikian burung murai batu anda tidak akan tampil secara maksimal.
  3. Kurang Energi, Supaya energy burung murai batu meningkat, maka pemberian multivitamin harus di berikan beberapa hari sebelum lomba dan terutama beberapa menit sebelum lomba. dan jika anda ingin burung murai batu anda tampil dengan maksmal, siapkanlah perawatan nyang khusus sebelum tampil diperlombaan burung kicau.

Nah itulah Penyebab Burung Murai Batu Lambat Panas dan Cara Mengatasinya, semoga informasi ini bermanfat bagi para kicau mania. anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai berbagai tips dan trik seputar burung di situs Cherewed.com.