Penanganan Burung Murai Batu Yang Kerap Ngebetman

Cherewed.com – Pernahkah burung anda mengalami yang disebut ngebetman? burung murai batu yang sering membuka sayapnya pada saat bertemu burung lain (musuhnya) biasanya disebut Ngebetman. dan biasanya kondisi ini dibarengi dengan prilaku burung yang ngeruji atau turun kedasar sangkar. tentunya hal tersebut tidak disukai oleh para kicaumania, karena hal tersebut akan mengurangi performa saat dilombakan.

Burung yang ngebetman atau dikenal juga dengan sebutan ngelowo, sebenarnya merupakan karakter alami yang dimiliki burung mental petarung seperti murai, hal ini hampir sama dengan kacer mbagong. Perilaku ini biasanya muncul jika burung dalam kondisi kurang fit.

Lalu Apa Sebenarnya Penyebab Dari Burung Murai Batu Ngebetman?

Berdasarkan pengalaman para murai mania kondisi tersebut bisa muncul karena beberapa faktor, Salah satu faktor tersebut bisa disimak dibawah ini :

  • Murai batu mengalami over birahi (OB).
  • Murai batu kalah mental atau down ketika melihat lawan terlalu agresif.
  • Murai batu belum tuntas masa mabungnya (sedang dorong sayap / ekor), namun dipaksakan diadu bersama burung lain.
  • Murai batu dijemur secara berlebihan, atau melebihi durasi yang dianjurkan.
  • Murai batu terlalu jinak.
  • Sudah bawaan / karakter dari burung itu sendiri.

Untuk menangani burung murai batu yang sudah terlanjur ngebetman, Ada beberapa pola perawatan yang bisa anda terapkan terhadap burng murai anda yang ngebetman. Burung murai batu yang over birahi pada sat bertarung cenderung menunjukkan perilaku ngebetman saat melihat lawannya. untuk mengatasi hal ini sebaiknya burung diberikan terapi penenangan terlebih dulu. Untuk sementara, jangan paksa burung murai yang anda miliki  berlomba dulu selama 1-2 bulan. apabila kondisi burung tersebut belum siap, Terapi yang bisa anda lakukan untuk menurunkan birahinya antara lain :

  • Rutin mengembunkan burung setiap pagi hari.
  • Kurangi jatah pakan tambahan / extra fooding (EF) yang bisa memicu birahinya, terutama jangkrik. Adapun pakan yang mengurangi over birahi adalah cacing tanah atau ulat bambu yang diberikan pagi dan sore hari, sampai kondisinya benar-benar pulih kembali.
  • Rutin mengumbar burung dalam kandang umbaran setiap hari.
  • Kurangi durasi penjemurannya.
  • Berikan multivitamin seperti BirdVit selama masa terapi.
BACA JUGA :  Makna Makatao: Filosofi Kemanusiaan Filipina

Tetapi apabila prilaku ngbetman bukan disebakan pver birahi, melainkan karena kalah mental saat berlomba di lapangan, lakukan terapi sama seperti di atas. Perbedaannya, EF seperti jangkrik justru diberikan secara ad libitum (tak terbatas), alias semaunya burung.

Turun mental juga dapat disebabkan burung kekurangan protein seperti jangkrik dan kroto. untuk sementara burung ini jangan dulu melihat burung sejenis selama 1 sampai 2 bulan. Kalau kondisinya sudah fit, barulah burung diberi perawatan seperti sediakala.

Untuk mencegah burung peliharaan anda ngebetman pada saat dilapangan, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  • Perhatikan umur burung tersebut. Biasanya Burung yang masih muda belum punya pengalaman ketika bertemu lawan-lawannya, terutama yang sudah mapan. Emosinya belum stabil dan terkadang meluap-luap, sehingga burung bisa kelelahan, drop mental, dan berujung ngebetman.
  • Jangan melombakan murai yang belum tuntas masa mabungnya, terutama ketika sedang proses dorong ekor atau sayap. Burung dalam kondisi seperti ini belum memiliki fisik dan stamina yang fit, sehingga rentan mengalami ngebetman atau kalah mental/ngedrop.
  • Jika ngebetman itu terjadi akibat murai terlalu lama dijemur, terapi yang mesti dilakukan adalah mengurangi atau menghentikan EF pemicu birahi dan bersifat panas seperti jangkrik dan ulat hongkong. Cukup berikan cacing tanah dan ulat bambu saja. Selain itu, frekuensi mandi sebaiknya ditambah, namun durasi penjemuran dikurangi.
  • Jika ngebetman terjadi akibat murai batu terlampau jinak, maka yang dibutuhkan adalah kemauan si pemilik burung itu sendiri. Contohnya, ketika memberikan jangkrik atau pakan serangga lainnya, sebaiknya jangan langsung disodorkan kepada burung, tetapi cukup dimasukkan ke dalam cepuknya. Dengan demikian, murai bisa berkurang kemanjaannya terhadap pemilik / perawat. Selain itu, pengumbaran yang teratur juga dapat membuat burung menjadi tidak terlalu jinak.
  • Jika ngebetman terjadi akibat karakter bawaan, nah… ini agak sulit untuk mengatasinya. Salah satunya cara yang bisa dilakukan adalah rutin memberikan multimineral seperti BirdMineral. Hal ini untuk membantu mengatasi masalah metabolismenya, sehingga nalurinya sebagai burung fighter akan kembali muncul dan siap untuk ditandingkan.
BACA JUGA :  Burung Murai Batu Medan Hutan: Sang Maestro Vokal Dari Sumatera Utara

Demikianlah informasi mengenai Penanganan Burung Murai Batu Yang Kerap Ngebetman yang dapat admin sampaikan kepada anda. sare kepada teman-teman anda supaya merke tidak mengalami burung peliharaanya ngebetman. Salam Kicaumania