Inilah 7 Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian

Cherewed.com РJika anda memiliki burung pemakan biji-bijian atau burung paruh bengkok, anda sebaiknya membaca informasi yang akan kami sampaikan berikut ini. Burung pemakan biji-bijian tetap membutuhkan pakan tambahan untuk memperkaya nilai gizi dan jenis nutrisi yang diasupanya. Salah satu contoh burung pemakan biji-bijian disini  seperti burung kenari, finch, lovebird, dan burung paruh bengkok lainnya.

Burung peliharaan, baik pemakan serangga maupun pemakan biji-bijian, tentu butuh asupan nutrisi yang bisa didapatkan dari pakan tambahan (EF) Extra Fooding . Kenari, finch, dan lovebird merupakan termasuk burung pemakan biji-bijian. Adapun pakan tambahan yang menjadi favoritnya adalah sayuran dan buah-buahan.

Dan Berikut ini adalah 7 Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian

1. Cabai Merah

Cabai merah sangat bermanfaat untuk burung peliharan. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, cabai merah juga mempunyai kandungan zat warna merah atau karotein sebagaimana wortel. Cabai merah bisa disajikan dengan berbagai cara. Misalnya diberikan hanya bagian kulitnya saja, sedangkan bijinya dibuang atau boleh juga diberikan dalam bentuk utuh.

2. Wortel

Selain harganya murah wortel memiliki banyak manfaat untuk burung. Wortel bisa diberikan kepada semua jenis burung pemakan biji-bijian dengan cara bervariasi. Pemberian wortel pada burung juga bisa membantu menghasilkan pigmen warna, terutama untuk burung dari jenis kenari merah. Sebab wortel memiliki karotein yang sangat dibutuhkan untuk itu. Cara penyajian wortel biasanya dilakukan dengan memarutnya. Sebaiknya direbus terlebih dahulu, kemudian diparut dan diberikan kepada burung.

3. Oyong/Gambas

Oyong/Gambas merupakan tanaman dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Tanaman ini bersifat merambat, yang bisa hidup di mana saja selama lingkungannya kering, dengan ketersediaan air yang cukup sepanjang musim. Kulit oyong cukup keras. Jadi, sebelum diberikan kepada kenari maupun paruh bengkok, oyong harus dipotong-potong dulu, sehingga terlihat dagingnya. Rasanya sedikit manis, dan banyak mengandung air, sehingga mudah dicerna oleh burung-burung kecil seperti kenari dan paruh bengkok. Setiap 100 gram oyong mengandung 1,09 gr protein, 17 mg kalsium, 1,6 mg zat besi, 5,6 IU vitamin A, dan 7 mg vitamin C. Manfaat oyong bagi burung antara lain bisa membantu membuatnya makin rajin berbunyi.

BACA JUGA :  Kelebihan Dan Keunggulan Pemberian Full Jangkrik Menjelang H1 Bagi Burung Kacer

4. Buah Apel

Buah Apel biasanya diberikan kepada burung pemakan buah dan pemakan biji-bijian. Cara pemberiannya dapat dilakukan dengan memotong menjadi empat bagian, kemudian 1 bagian digantung di dalam sangkarnya menggunakan pengait buah.

Yang penting, sebelum diberikan kepada burung, sebaiknya biji yang terdapat di dalamnya dibersihkan dulu. Sebab biji apel dalam berbagai literatur disebutkan mengandung racun yang bisa mengganggu kesehatan burung.

Manfaat buah apel bagi burung antara lain:

  • Apel memiliki kandungan mineral cukup tinggi, terutama kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zincum / seng.
  • Mengandung tanin, yaitu zat yang bermanfaat untuk membersihkan saluran tenggorokan sehingga dapat mencegah atau mengurangi potensi suara serak pada burung.
  • Mengandung quercetin, yaitu zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan antioksidan, sehingga burung menjadi lebih sehat dan relatif tahan terhadap serangan penyakit.
  • Kaya serat, Kandungan serat yang tinggi bisa membuat burung tidak cepat merasa lapar, dan berguna mengurangi lemak dan kolesterol jahat.
  • Apel memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C.
  • Mengandung asam tartar yang bermanfaat membantu pencernaan burung. Zat ini mampu membunuh bakteri yang ada di dalam saluran pencernaan burung.

5. Jagung muda

Jagung memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat untuk burung pemakan bijian seperti kenari, finch, lovebird, parkit, dan berbagai jenis burung paruh bengkok. Untuk hasil yang optimal, maka sebelum diberikan, jagung disayat-sayat terlebih dulu dengan pisau, sehingga memudahkan burung-burung kecil seperti kenari atau finch untuk mengkonsumsinya.

Berikut ini beberapa manfaat jagung muda pada burung kicauan :

  • Kaya mineral
  • Kaya kalori dan vitamin
  • Menyehatkan mata
  • Membantu menyehatkan bulu-bulu burung
  • Mencegah anemia
  • Memperlancar pencernaan
BACA JUGA :  Kisaran Daftar Harga Produk Versele Laga Terbaru Saat Ini Dan Terlengkap

6. Daun sawi

Daun sawi ini merupakan sayuran yang sering diberikan kepada burung pemakan biji-bijian sebagai pakan tambahan yang penuh manfaat. Sawi kaya antioksidan flavonoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein, dan zeaxanthin. Daun sawi segar juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin A. sayuran ini sangat baik diberikan kepada burung pemakan biji-bijian seperti kenari, finch, dan paruh bengkok, karena sebagian besar kandungan nutrisinya bermanfaat untuk pencernaan burung, termasuk memudahkan burung saat buang kotoran.

7. Mentimun

 

Kandungan air mentimun cukup tinggi, sehingga banyak diberikan kepada kenari saat cuaca terik. Mentimun juga sering diberikan kepada burung yang akan melakukan perjalanan jauh. Manfaat lain dari mentimun adalah membantu mengurangi lemak pada burung yang mengalami obesitas, dan mengurangi birahi burung kenari yang mengalami OB. Pemberiannya dilakukan dengan memotong mentimun, lalu menggantungnya dalam sangkar menggunakan pengait buah.

Nah itulah 7 Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian yang dapat Cherewed.com sampaikan, Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi kalian yang memiliki burung peliharaan pemakan biji-bijian.